5 Efek Lembur Bagi Karier Anda

Rekan Kerja, apakah Anda sering bekerja di luar jam yang telah ditentukan? Atau seringkali harus pulang terlarut malam sebab menuntaskan aneka macam pekerjaan terlebih dahulu di kantor? Kebiasaan bekerja lembur atau overtime menjadi salah satu fakta yang terjadi di kota-kota metropolitan di seluruh dunia. Menariknya, lebih banyak didominasi yang bekerja lembur merupakan Generasi Milenial. Fakta ini diperkuat oleh data yang dirilis oleh Statista pada 2015. India menjadi negara dengan jumlah jam terbesar pekerja tersebut bekerja, yaitu 52 jam setiap minggunya pada 2015.

Meskipun bekerja lembur sanggup meningkatkan honor Anda, ternyata bekerja lembur mempunyai beberapa dampak terhadap karier Anda. Berikut ialah 5 dampak bekerja lembur terhadap karier Anda :

1. Mengurangi produktivitas Anda

lembur

Kerja keras mempunyai definisi yang berbeda dengan kerja cerdas (Sumber : impactafya.com)

Bekerja dengan produktivitas yang tinggi tidak berarti harus bekerja dalam jumlah waktu yang tinggi juga. Tahukah Anda, berdasarkan laporan yang dirilis International Game Developers Association, hasil pekerjaan selama bekerja 60 jam dalam 5 hari akan setara dengan bekerja dalam 40 jam dalam 5 hari saja. Mengapa hal ini sanggup terjadi? Karena berdasarkan studi, produktivitas maksimum para pekerja ialah sebanyak 40 jam per minggu. Setelah itu, produktivitas pekerja akan menurun seiring dengan pelengkap jam pekerjaan yang diampu.

2. Mengurangi iktikad yang diberikan pimpinan Anda

lemburPenting untuk menjaga iktikad pimpinan akan pekerjaan Anda (Sumber : thebalancecareers.com)

Sadarkah Anda, semakin usang durasi yang Anda butuhkan untuk menuntaskan pekerjaan ternyata sanggup mengurangi tingkat iktikad pimpinan Anda akan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan kepada Anda. Mereka akan beranggapan bahwa Anda tidak sanggup mengatur aneka macam prioritas dalam waktu yang telah diberikan. Anda akan dianggap tidak sanggup bekerja secara efektif dan cenderung menentukan untuk menunda-nunda sehingga membutuhkan waktu di luar jam pekerjaan yang seharusnya.

3. Mengurangi kekerabatan dengan rekan kerja lainnya

lembur

Pendelegasian kiprah yang efektif sangat penting dilakukan (Sumber : palife.co.uk) 

Dengan masih harus bekerja terlalu keras di luar jam yang seharusnya, sanggup diasumsikan jikalau Anda mempunyai trust issue dengan rekan kerja Anda lainnya sebab Anda terlalu mengerjakannya semuanya sendiri. Anda juga berarti kurang sanggup mendelegasikan kiprah kepada rekan kerja lainnya. Anda terlalu menjadi one man show, seseorang yang harus mengambil alih seluruh kiprah yang ada. Sudah seharusnya Anda menyadari jikalau kesuksesan dalam pekerjaan ialah kesuksesan bersama yang harus diusahakan sebab pada zaman kini ini sudah bukan lagi zamannya one man show.

4. Mengurangi kesehatan tubuh

lembur

Kekurangan waktu tidur akan sangat berdampak bagi karier Anda (Sumber : management.co.nz)

Secara tidak langsung, bekerja lebih usang berarti Anda juga harus mengurangi jumlah waktu untuk beristirahat. Menurut data yang dirilis oleh Kementrian Kesehatan Indonesia, orang remaja yang berusia 18-40 tahun harus mengalokasikan 7-8 jam untuk beristirahat setiap harinya. Mengurangi waktu tidur akan menjadikan aneka macam penyakit menyerupai diabetes, gangguan imunitas tubuh, meningkatkan potensi serangan jantung, dan hati. Selain itu, dengan badan yang tidak fit, Anda juga akan tidak sanggup bekerja secara maksimal di kantor sehingga juga sanggup menghambat pencapaian progres pekerjaan Anda di kantor.

5. Mengabaikan pengembangan diri di luar kantor

 lembur

 Pengembangan diri di luar kantor berperan penting dalam kesuksesan karier Anda (Sumber : businessinsider.com.au)

Karena terlalu berfokus bekerja di kantor untuk menuntaskan pekerjaan, Anda menjadi lupa dengan aneka macam aktivitas pengembangan diri di luar pekerjaan Anda. Akibatnya, Anda menjadi kurang peduli untuk menyebarkan keterampilan diri Anda lainnya. Tidak hanya itu, waktu Anda untuk bersosialisasi dengan keluarga dan kerabat Anda sendiri juga ikut berkurang. Pulang larut malam dari kantor dan hanya menjadikan rumah sebagai kawasan istirahat juga tidak akan terlalu mengurangi rasa stress Anda. Lama-kelamaan, kreativitas Anda akan terkikis sebab terlalu disibukkan dengan rutinitas yang homogen.

Itulah 5 dampak bekerja lembur bagi karier Anda, supaya sanggup membantu Anda untuk meninjau pekerjaan Anda kembali ya! Terus bekali diri Anda dengan aneka macam bahan pengembangan karier yang sanggup Anda saluran melalui aplikasi ruangkerja. Klik gambar di bawah ini ya!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Efek Lembur Bagi Karier Anda"

Posting Komentar