Rekan Kerja, tentu Anda sudah sering mendengar tentang personal branding, bukan? Apabila Anda masih kurang yakin dengan pengertian personal branding yang selama ini Anda tahu, berikut pengertian dan pentingnya personal branding untuk karier Anda.
Personal branding terdiri dari dua kata, yakni personal dan branding. Branding adalah menunjukkan nama atau kesan tertentu terhadap suatu barang atau jasa semoga diketahui masyarakat luas. Maka, jikalau branding diaplikasikan ke seseorang atau individu (personal) mempunyai pengertian perjuangan menunjukkan impresi atau kesan tertentu kepada orang lain terhadap seorang individu atau usaha membentuk atau menunjukkan kesan atau impresi yang dilakukan seorang individu dengan tujuan semoga gampang dikenali oleh masyarakat luas.
Sementara, pengertian personal branding berdasarkan marketer Mcnally ialah persepsi atau emosi yang diatur oleh orang lain selain diri Anda, sehingga personal branding sanggup dijelaskan oleh orang yang pernah mempunyai kekerabatan kerja atau pertemanan dengan Anda.
Personal branding awalnya berasal dari Erving Goffman yang membuat Erving Goffman’s Theory. Di dalamnya membahas wacana self-presentation yang berarti cara seseorang ingin dilihat dari kelompok tertentu. Goffman memakai cara dramaturgi (seni mengarang sandiwara) sebagai komponen untuk teori self-presentation. Jika dilihat dari sisi dramaturgi, bagaimana cara seseorang memainkan sebuah tugas dalam sebuah drama serta cara ia mengontrol bab mana yang ingin ditonjolkan dan diperlihatkan oleh para penonton. Nah, di sinilah personal branding dimainkan yakni sisi bab mana yang ingin dipertontonkan atau diperlihatkan kepada banyak orang.
Ada dua tingkat dalam self-presentation berdasarkan Goffman, yaitu front-stage dan back-stage. Front-stage adalah tahap di mana seseorang menunjukkan caranya berperilaku atau berpakaian di depan publik atau orang sekitar dengan tujuan membangun pesona yang ingin dibentuk. Sementara, back-stage yaitu bab yang tidak ditampilkan ke banyak orang.
Membangun dan membentuk personal branding yang unik di dalam dunia pekerjaan akan memengaruhi karier maupun perusahaan kawasan Anda bekerja. Dengan kemampuan personal branding yang baik, maka secara tidak eksklusif Anda memasarkan diri dan kemampuan Anda semoga sanggup bertemu dengan pelanggan yang kebetulan membutuhkan kemampuan yang Anda miliki. Di manapun posisi Anda di dalam jenjang karier, personal branding menjadi unsur yang paling penting dengan tetap berharga (marketable) di tengah-tengah masyarakat. Kemampuan personal branding yang cantik juga akan menunjukkan Anda peluang dalam menyebarluaskan nama baik Anda atau bahkan kesempatan untuk bekerja di aneka macam perusahaan terkenal. Lalu, bagaimana caranya untuk membangun personal branding yang akan berdampak baik pada karier Anda?Berikut beberapa langkah untuk memulai personal branding:
1. Fokus dengan apa yang Anda lakukan
Fokus dengan pekejaan Anda (Sumber: cdn.com)
Hal apa yang ingin Anda tunjukan ke dunia? Apakah menjadi seorang penulis? Konsultan? Pembicara? Bagian mana yang ingin menjadi fokus Anda dalam karier? Tekuni apa yang Anda lakukan dan cobalah untuk selalu menunjukkan hasil terbaik dalam setiap pekerjaan Anda. Tentukan hal ini semoga sanggup menguatkan dan meyakinkan oang lain yang ingin mengangkat Anda sebagai salah satu anggota perusahaannya.
2. Pahami audience dan kompetitor
Perhatikan pesaing Anda (Sumber: autogrow.co)
Sama ibarat memulai bisnis baru, hal yang termasuk ke dalam yang paling penting yaitu memahami dan memutuskan audience yang cocok untuk Anda. Bentuklah profil yang cocok dengan kriteria audience, ikuti teladan yang mereka miliki, cocokkan dengan apa yang menjadi kesukaan mereka, cocokkan dengan keseharian mereka, dengan begitu hal ini akan membantu menunjukkan derma kepada profil yang Anda tetapkan.
Saat membuat sebuah profil, jangan lupa perhatikan kompetitor Anda. Bagaimana para kompetitor mendesain diri mereka sesuai dengan profesi atau bidangnya, di ketika itulah coba Anda buat hal yang berbeda dari kompetitor Anda. Buat hal unik yang tidak Anda temukan di kompetitor, sehingga hal tersebut akan menjadi ciri khas Anda.
3. Pasarkan diri Anda di media sosial
Maksimalkan kegunaan media umum Anda untuk pekerjaan (Sumber: wsj.net)
Dewasa ini, media umum seolah-olah dunia kedua. Penting bagi para pekerja untuk “memasarkan” profilnya melalui media umum semoga tetap marketable. Hal ini tentu menunjukkan banyak keuntungan:
- Orang akan dengan gampang mencari profil melalu media sosial, yang nantinya hal ini sanggup memengaruhi fasilitas Anda untuk diakses oleh “pasar”.
- Memudahkan “pasar” untuk mengenal Anda sebagai seorang yang profesional di bidangnya.
Mengingat personal branding mempunyai banyak sekali laba khsususnya dalam membangun karier, hal ini menjadi sesuatu yang harus Anda perhatikan. Dengan meningkatkan kualitas personal branding yang ditunjukkan kepada banyak orang, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk menjadi seseorang yang marketable. Semoga berhasil, Rekan Kerja!
Rekan Kerja ingin mendapat aneka macam bahan lainnya terkait pengembangan karier Anda tanpa terkendala kawasan dan waktu? Segera unduh aplikasi ruangkerja dengan mengklik gambar di bawah ini.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Pentingnya Personal Branding Untuk Karier Anda"
Posting Komentar