Mengenal Perbedaan Rangkuman Dan Notula

Bahasa Indonesia_11

Squad, kau pernah diminta untuk mencatat hasil rapat atau merangkum suatu materi? Nah, kali ini kita akan berguru mengenai cara menciptakan rangkuman suatu bahan dan menciptakan notula. Masih banyak yang menduga bahwa rangkuman dan notula itu sama, padahal keduanya berbeda lho, Squad. Apa bedanya? Yuk, kita mulai pelajari.

Notula adalah catatan singkat mengenai jalannya rapat. Unsur-unsur notula rapat ditulis menurut urutan bahan dan tujuan rapat, waktu rapat, daerah rapat, peserta, kegiatan rapat atau pelaksanaan, jalannya rapat, dan keputusan rapat atau hasil rapat.

Rangkuman adalah ringkasan dari suatu uraian pembicaraan atau tulisan. Rangkuman dimaksudkan semoga seseorang sanggup lebih gampang memahami isi uraian pembicaraan atau tulisan.

Dari pengertian di atas, apakah kau sudah sanggup membedakan antara rangkuman dan notula? Intinya yaitu dalam notula catatan singkat yang dibentuk harus berurutan dari awal hingga akhir, sedangkan ketika menciptakan rangkuman tidak harus berurutan. Praktis ‘kan, Squad?

Baca juga: Cara Membuat Resensi Buku

Langkah-langkah Membuat Notula

Agar sanggup menulis notula secara baik, kita sanggup memperhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Tentukan terlebih dahulu format notulen yang lengkap sesuai kondisi dan keperluan rapat, menyerupai berikut ini.
  • Judul notula yang berisi organisasi penyelenggara rapat.
  • Keterangan penyelenggaraan rapat yang mencakup daerah rapat, tanggal dan waktu penyelenggaraan, pemimpin rapat, kegiatan rapat, dan penerima rapat.
  • Pelaksanaan rapat yang mencakup pembukaan, sambutan, pemaparan, sesi tanya-jawab, dan penutup.
  • Penandatanganan notula.
  1. Catat seluruh proses rapat yang diikuti apa adanya dengan tidak menambah atau mengurangi materi.
  2. Catat simpulan atau janji yang terjadi dalam rapat tersebut secara cermat.
  3. Tulislah notulen tersebut secara rapi, dengan memperhatikan penulisan kalimat dan penggunaan bahasa yang gampang dipahami, serta penggunaan tanda baca yang tepat.

fungsi notula

Langkah-langkah Membuat Rangkuman

  1. Membaca naskah orisinil atau menyimak suatu diskusi hingga tuntas.
  2. Mencatat gagasan penting yang terdapat dalam naskah atau diskusi.
  3. Membuat reproduksi, yaitu menyusun kembali suatu karangan singkat menurut gagasan-gagasan penting yang diperoleh ketika membaca atau menyimak suatu bahan secara teliti tersebut.

Contoh Soal

Soal 1

Cermatilah penggalan kalimat berikut.

Sesuai dengan janji bersama, kegiatan bakti sosial akan diadakan pada awal bulan depan.

Penggalan di atas merupakan potongan notula rapat, yaitu....

  1. pembukaan  
  2. penjelasan
  3. sambutan
  4. tanggapan
  5. keputusan

Jawaban: E

Pemabahasan: menurut maknanya, kalimat tersebut menyatakan keputusan rapat sebab menunjukkan ketegasan yang sudah final.

Soal 2

Kalimat simpulan rapat yang sempurna yaitu ....

  1. Rapat menyimpulkan bahwa keputusan simpulan terserah pada semua penerima rapat.
  2. Bagaimana pun keputusan ini gres merupakan langkah awal.
  3. Berdasarkan janji dan pertimbangan bersama, penerima rapat menyimpulkan bahwa semua siswa kelas II dinyatakan naik kelas.
  4. Tiada gading yang tak retak. Jadikanlah keputusan ini sebagai langkah awal kegiatan kerja kita.
  5. Apapun yang terjadi kita harus tetap mendukung keputusan rapat secara sukarela, ikhlas, dan setia.

Jawaban: C

Pembahasan: kalimat simpulan yang terpat ditunjukkan pada opsi C sebab isinya menyatakan sebuah putusan yang sudah disepakati sebelumnya.

Dalam menciptakan notula atau rangkuman jangan hingga ada yang terlewat ya, Squad. Jika tidak lengkap, pembacanya tidak akan memahami apa yang kau tuliskan. Teruslah berlatih dan jikalau membutuhkan derma kau sanggup mencari guru privat berkualitas di ruangles. Yuk, berguru dengan guru yang sesuai dengan kriteriamu.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Perbedaan Rangkuman Dan Notula"

Posting Komentar