Pola Kehidupan Menetap Masyarakat Zaman Praaksara

Sejarah_10.jpg

Hai RG Squad, kali ini kita akan membahas perihal kehidupan masyarakat zaman praaksara. Kalian pastinya ingin tau dong bagaimana sih sejarah peradaban insan itu terbentuk, dan menyerupai apa cara insan bertahan hidup sebelum ada kemudahan menyerupai kini ini.

Manusia yaitu makhluk hidup yang berkelompok dan mempunyai organisme, secara biologis sih pastinya berbeda ya dan juga lebih lemah dibandingkan dengan jenis binatang. Akan tetapi, tingkat evolusi otak manusialah yang paling jauh dibandingkan makhluk lainnya. Dengan begitu, kemampuan otak insan dalam proses berpikir menciptakan mereka mulai bisa memilah hal dan tindakan menyerupai apa yang sanggup menguntungkan keberlangsungan hidup mereka.

Melalui kemampuan proses berpikir insan yang terus berkembang, insan pun kemudian membentuk kebudayaan dan membentuk masyarakat itu sendiri, hal ini dilakukan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Pada hakikatnya, insan yaitu makhluk yang berkelompok dan tidak sanggup hidup sendiri.

masyarakat zaman praaksara

Corak Kehidupan Manusia Zaman Pra Aksara

Sumber: http://www.pinterest.com/

Dahulu, insan hidup dengan contoh semi nomaden yaitu harus terus berpindah dari kawasan satu ke kawasan lainnya, kemudian setiap orang harus membangun kawasan tinggal, padahal hanya untuk sementara waktu. Hal itu dirasa kurang menguntungkan alasannya tidak efektif dan juga tidak efisien, balasannya kehidupan masyarakat praaksara ini mengalami perkembangan. Atas dasar untung dan rugi, mulailah muncul gagasan untuk merubah contoh kehidupan menjadi menetap. Nah, dari situlah konsep yang mendasari perkembangan masyarakat praaksara.

Baca Juga: Sistem Kepercayaan Manusia Purba Masa Prasejarah

masyarakat zaman praaksara

Nah, berikut ini yaitu laba atau kelebihan dari contoh kehidupan menetap, RG Squad:

• setiap keluarga sanggup membangunan kawasan tinggal yang lebih baik untuk waktu yang lebih lama;

• setiap orang sanggup menghemat tenaga alasannya tidak harus membawa peralatan hidup dari satu kawasan ke kawasan lain; 

• para perempuan dan belum dewasa sanggup tinggal lebih usang di rumah dan tidak akan merepotkan;

• perempuan dan belum dewasa sangat merepotkan, apabila mereka harus berpindah dari satu kawasan ke kawasan lain;

• mereka sanggup menyimpan sisa-sisa makanan dengan lebih baik dan aman;

• mereka sanggup memelihara ternak sehingga mempermudah pemenuhan kebutuhan, terutama apabila cuaca sedang tidak baik;

• mereka mempunyai waktu yang lebih banyak untuk berkumpul dengan keluarga, sekaligus menghasilkan kebudayaan yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupannya;

• mereka mulai mengenal sistem astronomi untuk kepentingan bercocok tanam; dan

• Mereka mulai mengenal sistem kepercayaan.

masyarakat zaman praaksara

Nah RG Squad, begitulah contoh kehidupan masyarakat zaman prasejarah atau praaksara. Pada ketika itu, proses berpikir otak insan terus berkembang, sehingga mereka sanggup memilih hal apa yang harus mereka lakukan semoga lebih menguntungkan. Semua itu dilakukan demi mempertahankan keberlangsungan kehidupan mereka. Jika kalian masih banyak pertanyaan atau ingin jauh lebih memahami perihal kehidupan masyarakat zaman dahulu, kalian bisa tonton video di ruangbelajar, tentunya bersama tutor yang berpengalaman.

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pola Kehidupan Menetap Masyarakat Zaman Praaksara"

Posting Komentar