Mengetahui Proses Perubahan Sosial

sosiologi_12.jpg

Halo RG Squad, sudah baca artikel wacana pengertian perubahan sosial? Apa kau ingin tau bagaimana bisa terjadi di masyarakat? Nah, intinya proses perubahan sosial sanggup terbentuk melalui difusi, akulturasi, asimilasi, dan akomodasi. Mau tahu lebih lanjut rinciannya?Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Difusi

Difusi merupakan proses penyebaran banyak sekali unsur pembentuk kebudayaan, baik berupa ide, keyakinan, dan lain sebagainya. Hal ini disebarkan dari individu ke individu yang lain, atau bahkan lebih luas dari pada itu. Difusi dibedakan menjadi dua macam yakni difusi intramasyarakat dan difusi antarmasyarakat.

Difusi intramasyarakat merupakan difusi unsur kebudayaan antarindividu atau golongan dalam masyarakat yang dipengaruhi beberapa faktor menyerupai adanya pengukuhan bahwa unsur budaya gres tersebut mempunyai banyak kegunaan. Kemudian, difusi antarmasyarakat ialah difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain. Difusi antarmasyarakat terjadi alasannya ialah adanya kontak sosial antarmasyarakat sampai timbul pengukuhan akan kegunaan unsur kebudayaan gres tersebut.

2. Akulturasi

Akulturasi sanggup diartikan sebagai sebuah proses masuknya suatu kebudayaan abnormal ke dalam sekelompok masyarakat, sampai unsur kebudayaan abnormal itu sanggup diterima dan diolah ke dalam kebudayaan masyarakat tersebut. Cepat atau lambatnya unsur kebudayaan abnormal sanggup diterima kelompok masyarakat bergantung kepada cara masuk dari budaya tersebut. Jika, unsur kebudayaan tersebut masuk dengan cara pemaksaan, maka akulturasi akan berjalan cukup lama. Namun, bila melalui proses yang damai, maka unsur kebudayaan tersebut relatif lebih cepat diterima.

proses perubahan sosial - barongsai - inibali.jpg

Salah satu pola akulturasi yakni pementasan Barongsai. (Sumber: inibali.com)

3. Asimilasi

Asimilasi timbul bila ada dua individu atau kelompok masyarakat dengan latar budaya berbeda berinteraksi dengan intensif dalam jangka waktu lama. Dengan begitu lama-kelamaan, salah satu budaya individu atau kelompok masyarakat tersebut akan hilang. Proses perubahan sosial dengan bentuk asimilasi ini merupakan perjuangan untuk mengurangi perbedaan antargolongan masyarakat guna mencapai suatu tujuan demi kepentingan bersama.

4. Akomodasi

Akomodasi sanggup dipahami sebagai keadaan yang menawarkan keseimbangan dalam korelasi sosial antara individu dengan kelompok-kelompok yang berkaitan dengan norma atau nilai yang berlaku di masyarakat.

proses perubahan sosialBerdasarkan uraian di atas sanggup dipahami bahwa proses perubahan sosial merupakan pembiasaan masyarakat terhadap perubahan-perubahan unsur kebudayaan yang terjadi. Seru ya berguru sosiologi! Ingin berguru materi lainnya plus dengan animasi yang seru? Yuk, unduh aplikasi ruangguru di sini untuk Android dan link berikut untuk iOs.

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui Proses Perubahan Sosial"

Posting Komentar