Kamu Harus Tahu, 3 Fakta Ihwal Hiv/Aids

Halo RG Squad! Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan semangat menjalani hari-hari, ya. Waah, kini sudah memasuki bulan Desember, lho. Biasanya, bulan Desember identik dengan liburan, ya. Eits, selain identik dengan liburan simpulan tahun, di awal bulan Desember, tepatnya tanggal 1 Desember, diperingati sebagai hari AIDS sedunia, lho! Tapi, sudah tahukah kau fakta-fakta terkait penyakit AIDS? Kuy, simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Negara dengan pengidap AIDS terbanyak di dunia adalah Afrika Selatan

Fakta HIV/AIDSNegara dengan pengidap HIV/AIDS terbanyak yaitu Afrika Selatan (Sumber: boombastis.com)

Squad, ternyata negara dengan pengidap AIDS terbanyak di dunia yaitu Afrika Selatan. Di Afrika Selatan, 20% penduduk dewasanya merupakan pengidap AIDS dan sekitar 2,7 juta pengidap AIDS tersebut sedang mengalami pengobatan. Selain itu, di Afrika Selatan, HIV/AIDS sering dianggap sebagai penyakit yang sangat berbahaya, sehingga pengidapnya sanggup dijatuhi eksekusi mati. Banyak sekali ODHA di negara tersebut yang tidak mau mengakui di hadapan publik bahwa mereka terjangkit penyakit tersebut. Tahukah kamu, mengapa Afrika Selatan mempunyai ODHA terbanyak di dunia? Hal tersebut dikarenakan tingkat kemiskinan di Afrika Selatan yang masih tinggi. Tingkat kemiskinan tersebut juga berbanding lurus dengan tingkat edukasi HIV/AIDS mereka yang masih minim. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pandangan masyarakat terhadap HIV/AIDS di Afrika Selatan mulai menjelma penyakit yang sanggup disembuhkan, alasannya yaitu sudah tersedianya pengobatan antiretroviral yang sanggup memperpanjang hidup pengidap HIV/AIDS.

2. Pengobatan Antiretroviral untuk pengidap HIV/AIDS

Fakta HIV/AIDS

Pengobatan Antiretroviral sanggup membantu penderita HIV/AIDS (Sumber: hiv.autoimuncare.com)

Squad, tahukah kamu, kini sudah ada obat yang sanggup membantu pengidap HIV/AIDS. Pengobatan tersebut disebut dengan Pengobatan Antiretroviral. Menurut Permenkes no. 87 tahun 2014, Pengobatan antiretroviral merupakan bab dari pengobatan HIV dan AIDS untuk mengurangi risiko penularan HIV, menghambat perburukan abses oportunistik, meningkatkan kualitas hidup penderita HIV, dan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam darah hingga tidak terdeteksi. Dengan melambatnya pertumbuhan virus, maka otomatis perkembangan penyakit HIV/AIDS tersebut juga sanggup diilambatkan. Pada tahun 2015 lalu, sebanyak 15 juta orang sudah melaksanakan Pengobatan Antiretroviral ini lho, Squad. Meskipun belum sanggup menyembuhkan penyakit HIV/AIDS secara seutuhnya, tetapi pengobatan ini sudah cukup membantu. Semoga pengobatannya akan terus berkembang ya, Squad!

3. Dengan Tes HIV, lakukan deteksi dini terhadap virus HIV/AIDS

Fakta HIV/AIDS

Dengan melaksanakan Tes HIV, kita sanggup mendeteksi penyakit tersebut semenjak awal (Sumber: medicalogy.com)

Banyak sekali penderita HIV yang terlambat mengetahui bahwa ia terjangkit penyakit ini. Sekarang, setiap orang sanggup melaksanakan deteksi dini terhadap badan untuk mengetahui apakah ia terjangkit virus HIV/AIDS. Mayoritas dari tes ini melacak antibodi badan kita terhadap virus HIV/AIDS. Tahapan tes HIV antara lain tes darah dan tes air seni. Sekarang, jenis tes HIV yang paling sering dipakai disebut juga tes cepat atau rapid test, yang memungkinkan penerima test untuk mendapat hasil dalam waktu 2 jam. Wow, cepat juga, ya!

Squad, semoga sesudah mengetahui fakta-fakta ihwal HIV/AIDS di atas, sanggup membantu Squad untuk lebih memahami ihwal HIV/AIDS, ya. Perlu diingat Squad, pengidap HIV/AIDS, atau yang biasa disebut dengan ODHA bukan orang yang harus kita jauhi, tetapi harus kita dukung semoga sanggup sembuh. Yuk, bersama kita jaga kesehatan supaya sanggup terus beraktivitas dan berkarya. Jangan lupa Squad, tetap semangat belajar, yuk semoga sanggup terus membantu sesama! Temukan guru les terbaik untuk membantumu mencar ilmu di ruanglesYuk, bersama buat #BelajarJadiHebat! 

Selamat hari HIV/AIDS sedunia, Squad!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamu Harus Tahu, 3 Fakta Ihwal Hiv/Aids"

Posting Komentar