Tiga Kampus Ini Sudah Ada Semenjak Tahun 1800An Lho!

Kamu kelas XII dan gres saja mendapatkan hasil kelulusan SMA?

Taraaa.. Bagaimana hasilnya? Semoga siswa-siswi Sekolah Menengan Atas di seluruh Indonesia sanggup lulus 100% ya!

Ingat, usaha kau belum tamat hingga kelulusan saja lho! Setelah ini, kau akan dihadapkan dengan ujian masuk perguruan tinggi tinggi ibarat SBMPTN dan juga Ujian Masuk Mandiri. Pastinya kau ingin masuk ke kampus impian, bukan?

Memiliki kampus cita-cita yaitu harapan setiap pelajar. Namun, sebagai calon mahasiswa yang baik tidak ada salahnya lho mencar ilmu mengenal kampus cita-cita kamu. Nah, dalam artikel ini Ruangguru.com mau mengembangkan perihal 3 Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk daftar 3 kampus tertua di Indonesia. Kampus mana saja ya? Simak yuk!

Universitas Indonesia

tiga kampus Foto: wikipedia

Tahukah kau bahwa Universitas Indonesia atau sering dikenal dengan UI merupakan kampus tertua di Indonesia? Yup, kampus ini berdiri semenjak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda (VOC). Saat itu, UI didirikan dengan tujuan untuk memenuhi tenaga ajudan dokter tambahan.

Sebagai Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia, pelajar dilatih selama dua tahun untuk mendapatkan gelar Dokter Jawa. Pada tahun 1875, gelar tersebut berkembang menjadi “Dokter Medis” dengan usang pendidikan 7 tahun. Inilah yang menjadi penyebab pendidikan kedokteran di Indonesia dikala ini berlangsung selama 6 hingga 7 tahun. Selain sebagai Fakultas Kedokteran pertama, UI juga menjadi Sekolah Hukum pertama di Indonesia yang sekarang disebut dengan Fakultas Hukum UI (FH UI).

Penggunaan nama Universitas Indonesia sendiri tidak serta-merta eksklusif memakai nama tersebut, ada sejarah panjang di belakang pembentukan universitas ini. Nama Universitas Indonesia ini resmi dipakai pada tahun 1950 dengan rektor pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

 

UNIVERSITAS INDONESIA (1)

Universitas Airlangga terletak di Kota Surabaya. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Indonesia yang sekaligus pertama di Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1913 dengan nama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembentukan NIAS ini atas dasar keinginan cowok Indonesia untuk mendapatkan pendidikan sebagai andal praktik kesehatan. Oleh sebab itu, dibentuklah NIAS sebagai kawasan pendidikan dokter di Surabaya.

tiga kampus Foto: warkopkampung

Pada perkembangannya, sekolah ini berkembang menjadi Universitas Airlangga (Unair) pada tahun 1954 dengan rektor pertamanya Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo. Perbedaan sekolah di Unair dengan di UI waktu itu yaitu Unair tidak hanya mempunyai ilmu kedokteran umum, tetapi juga mempunyai ilmu kedokteran gigi. Hal ini mengakibatkan sekolah ini sebagai Sekolah Kedokteran Gigi pertama di Indonesia. Selain itu, sebab Unair mempunyai kegiatan studi medis terlengkap di Indonesia, maka kampus ini juga dikenal sebagai kampus seorang andal ilmu medis.

 

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Salah satu kampus yang menjadi favorit dan tujuan pelajar melanjutkan studi pendidikan tinggi ini berlokasi di Bandung. Berdiri pada tahun 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng oleh pemerintah kolonial Belanda. Berbeda dengan kedua kampus sebelumnya yang mempunyai tujuan utama dan fakultas pertama di bidang kesehatan, sekolah ini justru dibuat untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik jawaban pecahnya Perang Dunia Pertama.

tiga kampus Foto: kaskus

Pada tahun 1959, pemerintah Indonesia meresmikan sekolah ini dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan rektor pertamanya Prof. Ir. R. Soemono. Peresmian ini membawa misi dedikasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan faktual bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

 

Bagaimana teman-teman, dari ketiga kampus di atas adakah yang menjadi kampus impianmu? Pastinya kau sudah tidak sabar lagi kan untuk masuk dan memulai suasana mencar ilmu baru di kawasan baru? Persiapkan diri kau dengan baik ya? Pastikan kau sudah siap untuk menggapai kampus impianmu.

Cheers!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Kampus Ini Sudah Ada Semenjak Tahun 1800An Lho!"

Posting Komentar