Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Minum delapan gelas air per hari sampai tak boleh konsumsi es dikala flu ternyata hanyalah sebuah mitos. Begini klarifikasi dari para ahli.

Ada banyak mitos soal masakan yang dipercaya sampai kini. Seperti harus minum air delapan gelas sehari sampai cokelat jadi penyebab jerawt. Ternyata semua itu tak seratus persen benar. Para ilmuwan meneliti kebenaran mitos yang tersebar dan kesannya justru berbanding terbalik lapor Bussines Insider. Seperti 7 mitos ini!

1. Gula sebabkan anak hiperaktif

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Mitos ini awalnya muncul di tahun 1974. Saat itu Dr. William Crook menulis sebuah surat yang menyampaikan kalau gula menciptakan anak hiperaktif. "Tiga tahun yang kemudian saya menyadari kalau gula... dapat menimbulkan anak hiperaktif," tulis Dr. William menyerupai dituliskan dalam American Academy Pediatrics.

Namun menurut keterangan National Institute of Mental Health, AS, hal ini bahwasanya masih dalam penelitian lebih lanjut. Walau demikian, banyak para andal yang justru percaya kalau hal ini bahwasanya tak benar.

2. Cokelat sebabkan jerawat

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Selama sebulan, para peneliti melaksanakan penelitian soal korelasi nanah dan cokelat. Peneltian tersebut diikuti oleh puluhan orang. Peneliti sengaja membentuk dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi cokelat 10 kali lebih banyak dibanding konsumsi harian peserta. Sedangkan kelompok kedua mengonsumsi cokelat batangan palsu dengan jumlah yang sama.

Para penelitii menghitung jumlah nanah yang tumbuh di wajah masing-masing orang. Ternyata tak ditemukan perbedaan antara jumlah nanah kelompok pertama dan kedua. Hal ini menandakan tak ada hubungannya cokelat dengan nanah di wajah.

3. Brown sugar lebih baik dari gula putih

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: thinkstock
Brown sugar merupakan salah satu jenis gula pasir. Butirannya agak besar dan warnanya cokelat muda. Karena warnanya, brown sugar disebut lebih menyehatkan dibanding gula pasir biasa atau umum disebut gula putih.

Warna cokelatnya berasal dari penambahan molase. Sebenarnya brown sugar sama dengan gula putih. Jika dilakukan pengilangan lebih lanjut, butiran brown sugar akan bermetamorfosis warna putih.

Molase sendiri mengandung beberapa vitamin dan mineral menyerupai kalium dan magnesium. Jadi, konsumsi brown sugar maupun gula putih bahwasanya sama saja.

Baca juga: Menurut Ahli Gizi, Ini 5 Mitos Soal Makanan yang Tak Perlu Dipercaya Lagi

4. Es krim sebabkan pilek makin buruk

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: Istimewa
Kala flu sampai pilek menyerang, Anda niscaya menjauhkan diri dari minuman hambar terlebih es krim. Beberapa mitos bahkan menyebut minum susu hambar dapat sebabkan produksi lendir berlebih.

Namun menurut keterangan andal dan dokter di Mayo Clinic, AS, komsumsi es krim justru dapat redakan sakit tenggorokan. "Sebenarnya, produk susu beku dapat redakan sakit tenggorokan dan berikan kalori pada badan walau tak makan (makanan lain)," tulis Mayo Clinic di situs resminya.

5. Permen karet tak dapat dicerna usus

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Permen karet memang sulit dicerna. Namun sebagian permen karet yang tertelan dapat melewati usus dan dikeluarkan bersama fases. Hal yang menimbulkan duduk kasus serius dalam badan terkait permen karet yang tertelan yakni benda lain yang ikut terbawa permen karet.

Salah satunya yakni masalah yang disebutkan oleh Scientific American. Seorang gadis berusia 4 tahun mengalami penyumbatan akses cerna lantaran gumpalan permen karet. Setelah menjalankan operasi, permen karet tersebut ternyata berisi empat buah koin.

6. Makan wortel buat pandangan mata tajam

Vitamin A memang baik untuk mata. Wortel sendiri mengandung banyak vitamin A. Tapi mengonsumsi wortel dalam jumlah berlebih tak dapat menciptakan pandangan Anda jernih.

Mitos pandangan mata jadi tajam jikalau konsumsi wortel hanyalah propaganda Inggris selama Perang Dunia II. Saat itu, pemerintah Inggris ingin merahasiakan keberadaan teknologi radar yang dapat dikendalikan oleh pilot pengebom di malam hari.

7. Minum air 8 gelas per hari

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: Thinkstock
Menghidrasi badan memang sangat penting. Tapi minum 8 gelas air per hari bukanlah patokan yang harus dipenuhi tiap orang. Peneliti tak menemukan korelasi antara asupan cairan dan penyakit ginjal, penyakit jantung, kadar natrium maupun kualitas kulit.

Namun manfaat konsumsi air putih yakni air ini tak mengandung kalori. Sehingga jikalau tak menambah kalori badan jikalau dikonsumsi. Aturan baik dalam mengonsumsi air yakni minum dikala haus dan Anda tak perlu menghitung berapa gelas air yang sudah diminum.

Baca juga: Ini 12 Mitos Makanan yang Sebaiknya Tidak Lagi Dipercaya (1)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos"

Posting Komentar