Ini Beliau 5 Contoh Makan Yang Menyenangkan Dan Menyehatkan

Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Agar asupan protein sampai karbohidrat dalam tubuh seimbang, sebaiknya ikuti tumpuan makan yang diberikan hebat gizi ini. Pola makannya gampang dan menyenangkan!

Seorang hebat gizi asal Australia berjulukan Melanie McGrice mengungkap tumpuan makan seimbang yang menyenangkan. Mulai dari mengonsumsi lemak baik sampai sayuran berwarna yang menyegarkan mata.

Ini beliau 5 cara yang diungkap McGrice semoga menjaga kesehatan tubuh menyerupai dilansir Nine AU (16/7).

1. Makanan 'Pelangi'

Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan MenyehatkanFoto: iStock
Menurut Melanie McGrice, paduan sayur dan buah dengan beberapa warna bisa bantu penyebaran antioksidan dalam tubuh.

"Perbedaan warna merepresentasikan nutrisi yang berbeda, itulah mengapa kita butuh beberapa warna dalam satu sajian. Sayuran punya serat yang tinggi, jadi mereka bisa menciptakan Anda kenyang lebih usang sekaligus menyehatkan usus, mereka juga rendah karbo jadi tidak punya donasi pada kenaikan berat badan," tutur McGrice.

Jadi, tambahkan belahan tomat atau bayam pada roti panggang Anda. Atau Anda bisa menambahkan belahan strawberry pada sereal pagi.

2. Komsumsi karbohidrat yang kenyal

Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan MenyehatkanFoto: iStock
Nasi, roti tawar, corn flakes jadi pilihan karbohidrat yang mengandung sedikit gula dan lemak. Sebenarnya jangan memotong jumlah karbohidrat harian Anda. Anda hanya perlu menambahkan beberapa jenis biji-bijian sebagai sumber karbohidrat harian.

"Pada tahun 80 an, kuliner berwarna putih dinilai sebagai 'fashion' lantaran terlihat higienis dan putih serta tampak anggun dan tak menggemukan. Tapi kini, kita mengerti nilai dari banyak sekali jenis biji-bijian yang begitu halus di mana punya banyak serat dan mikronutrien. Serat ini bantu menjaga basil baik di usus kita," terang McGrice.

Baca juga: Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Makara Lebih Enak (1)

3. Lemak baik Itu penting

Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan MenyehatkanFoto: Thinkstock
Sejak tahun 1980 an, lemak dicap sebagai penyebab kolesterol dan kenaikan berat badan. Citra jelek ini sekarang mulai berubah. Ada beberapa jenis lemak,lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda serta lemak tak jenuh tunggal.

Para hebat gizi meyuruh orang untuk berhati-hati pada lemak jenuh. Sedangkan lemak jenuh ganda dan lemak jenus tunggal yang ada pada alpukat, minyak zaitun, dan beberapa kacang dinilai ampuh untuk sehatkan jantung. Kedua lemak inilah yang disebut sebagai lemak 'baik'.

"Kita butuh lemak dalam asupan kuliner kita dan penelitian terkahir menawarkan lemak baik tak sebabkan kenaikan berat badan," tutur McGrice.

Sehingga penggemar kopi tak perlu khawatir ingin mencampur kopinya dengan skim milk atau susu full cream. Karena perbedaan jumlah lemak yang ada pada kedua susu itu tak banyak.

"Perbedaan jumlah lemak yang terkandung dalam susu full cream dan skim milk hanya sekitar dua atau tiga gram per 100 ml, jadi itu tak terlalu signifikan," ungkap McGrice.

Sehingga tak perlu pusing tetapkan untuk menambahkan skim milk pada kopi semoga lebih sehat. McGrice bahkan menambahkan semoga Anda menikmati tiap makan atau minuman yang dikonsumsi.

"Saya lebih menyukai orang yang menikmati kopinya dengan komplemen susu full cream jikalau itu memuaskan selera mereka. Kita harus menikmati kuliner kita," tambahnya.

4. Beralih dari daging ke kacang-kacangan

Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan MenyehatkanFoto: Thinkstock
Dulu, orang yang makan kacang identik dengan orang yang kurang bisa membeli daging. Apalagi ketika makan olahan kacang kedele menyerupai tempe. Namun kini, banyak orang yang sudah tahu manfaat dalam konsumsi kacang-kacangan.

Saat ini, konsumsi daging sangatlah tinggi. Berdasarkan keterangan McGrice, kaum laki-laki lebih banyak mengonsumsi daging dibanding wanita. Untuk itu, sebaiknya makan kacang-kacangan menyerupai kedelai dan kacang polong rebus seminggu dua kali semoga tubuh tak kelebihan asupan daging.

5. Makan Telur Setiap Hari

Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan MenyehatkanFoto: Istimewa
Bahan yang satu ini dianggap berbahaya bagi kesehtaan jantung. Karena telur mengandung kolesterol. Namun penelitian terbaru menawarkan kalau tak ada problem yang ditimbulkan jikalau mengonsumsi sebanyak 12 butir telur per minggu.

"Penelitian terkhir menawarkan kalau mengonsumsi lebih dari 12 butir telur per ahad baik bagi tubuh kita. Telur kaya akan protein dan mikronutrien penting menyerupai kolin dan lemak omega 3," terang McGrice.

Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan Justru Bikin Tubuh Makara Gemuk

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Beliau 5 Contoh Makan Yang Menyenangkan Dan Menyehatkan"

Posting Komentar