5 Tips Seru Berguru Melukis Watercolor Untuk Pemula!

Smart Buddies, salah satu teknik melukis dengan menggunakan cat air (watercolor paintings) menjadi booming di media umum akhir-akhir ini. Hal tersebut bermula dari maraknya para ilustrator yang mengunggah karya mereka melalui akun Instagram. Hobi ini pun menjadi ramai diperbincangkan banyak kalangan. Alhasil, para profesional tertarik membuka kelas workshop bagi pemula yang ingin mencar ilmu dasar-dasar tekniknya. Mulai dengan cara tatap muka (offline), atau juga melalui video di YouTube dan blog. Nah, buat kau yang mau hebat melukis, ada 7 cara gampang mengenal dasar watercolor paintings nih! Mulai nggak sabar untuk memamerkan karyamu di sosial media? Simak dulu tips berikut ini!

1. Mengenal Brushes

belajar melukis - Macam-macam teladan kuas untuk melukis dengan cat air
Macam-macam teladan kuas untuk melukis dengan cat air (sumber: youtube.com) 

Hal pertama yang harus kau pahami ialah mengenal brush atau kuas manakah yang cocok untuk melukis watercolor. Berdasarkan ilustrator Rachel Hinderliter, ada dua jenis rekomendasi brush yang kerap disukai oleh banyak para profesional. Pertama, yaitu Raphael Soft Aqua yang berbentuk round dan mempunyai 12 ragam pilihan. Dimulai dari ukuran terkecil nomor 2 hingga yang terbesar nomor 24. Kedua, quill brushes yang sanggup menahan banyak air sehingga menyempurnakan hasil akhir, khususnya ketika melukis dedaunan. 

2. Membedakan Warna

belajar melukis - Contoh-contoh warna cat air Contoh-contoh warna cat air (sumber: janeblundellart.blogspot.com) 

Penting untuk kau ketahui bahwa banyak jenis cat air yang bisa terlihat berubah sesudah mengering. Ada baiknya sebagai pelukis pemula, kau mencoba dulu semua jenis warna yang akan dipakai. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampur cat dan air secukupnya. Kalau merasa koleksi cat airmu belum terlalu banyak, coba padukan dua warna atau lebih untuk membuat warna baru. Makara lebih hemat, kan?

3. Kualitas Alat Lukis

belajar melukis - Satu full set cait air berbentuk papan Satu full set cait air berbentuk papan (sumber: kingsframingandartgallery.com) 

Beragam kelas workshop merekomendasikan para pemula mempunyai kualitas alat lukis yang baik. Tentunya, hal ini sama saja dengan menyarankan untuk membeli kertas, cat, dan kuas yang mahal. Begitulah yang dipaparkan oleh ilustrator Yao Cheng. Memang tidak sanggup dipungkiri, peralatan lukis berharga tinggi bisa menawarkan hasil yang berbeda dibanding dengan yang harganya terjangkau. Sekalipun ketika melukis, menggunakan teknik yang sama. Misalnya saja bila menggunakan kertas kualitas premium. Kertas premium tidak akan gampang menekuk apalagi mengeriting walau melukis dengan kadar air terlalu banyak.

Wah, berarti apakah harus menabung ekstra keras untuk membeli peralatan lukis? Tentu saja hal ini bisa dicari alternatifnya! Salah satunya dengan menggunakan cat air yang berbentuk papan set. Terdapat dua rekomendasi yang bisa jadi acuan untuk kau lho, yaitu Winsor & Newton Cotman atau Sakura Koi. Tentunya ini bisa menghemat budget dibandingkan mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli full set cat air yang kerap digunakan para profesional.

4. Piring sebagai Palet

belajar melukis - Menggunakan palet dengan piring berwarna putih polos. Menggunakan palet dengan piring berwarna putih polos. (sumber: jessengle.com) 

Sebagai pelukis kau niscaya akan membutuhkan palet untuk mencampur warna-warna cat. Biasanya, para profesional kerap menggunakan palet berbahan porselen. Jenis menyerupai ini cukup baik untuk memadukan warna. Akan tetapi sebagai pemula, kau cukup menggunakan piring datar plastik berwarna putih. Selain gampang didapatkan, harganya juga lebih terjangkau, lho.

5. Gunakan Kertas Kecil

belajar melukis - Salah satu acuan ukuran kertas untuk berlatih melukis. Salah satu acuan ukuran kertas untuk berlatih melukis. (sumber: youtube.com) 

Buatlah ukuran kertas khusus watercolor milikmu menjadi lebih kecil. Cara ini efektif ketika menghadapi nervous ketika mulai melukis. Sekalipun sudah terbiasa membuat karya, namun pelukis seringkali melaksanakan uji coba awal ketika melaksanakan pewarnaan. Oleh alasannya itu, untuk mendapat kualitas terbaik, disarankan mencobanya di kertas dengan ukuran lebih kecil. Salah satu ukuran yang bisa kau jadikan sebagai standar untuk latihan yaitu 5 cm x 7 cm. Jangan lupa juga, biasakan membuat skema terlebih dahulu. Supaya ada batas ketika melaksanakan pewarnaan, dan menjadi lebih rapi.

Wah, ternyata untuk menjadi seorang pemula di bidang watercolor paintings juga tidak gampang ya. Akan tetapi, semua perjuangan kau tidak akan sia-sia ketika melihat kesannya nanti. Apalagi, kalau sudah semakin sering berlatih, kau bisa menimbulkan hobi ini sebagai bisnis. Smart Buddies, apakah tertarik mencobanya? Ruangguru juga bisa membantu kau lho untuk memelajarinya. Temukan guru melukis favoritmu di sini. Selamat mencoba, ya! (RE/DR)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Seru Berguru Melukis Watercolor Untuk Pemula!"

Posting Komentar