Cara Memakai Fungsi Days360 Dalam Microsoft Excel

 mempunyai kelompok yang aku dengan fungsi DAY yaitu sebuah fungsi Excel yang berkaitan d Cara Menggunakan Fungsi DAYS360 Dalam Microsoft Excel
Cara Menggunakan Fungsi DAYS360 Dalam Microsoft Excel - Fungsi DAYS360 mempunyai kelompok yang aku dengan fungsi DAY yaitu sebuah fungsi Excel yang berkaitan dengan pengolahan hari. Tapi mohon dicatat bahwa ada perbedaan dalam data dasar sebagai argumen dari Fungsi DAYS360 jikalau dibandingkan dengan fungsi DAY.

Dalam artikel ini aku hanya akan menjelaskan perihal Fungsi DAYS360, untuk fungsi DAY sudah aku bahas pada artikel sebelumnya dan silahkan dipelajari untuk lebih gampang membedakan kedua fungsi tersebut.


Fungsi utama dari DAYS360 yaitu mengembalikan atau menghitung jumlah hari antara dua tanggal menurut total hari 360 dalam 1 tahun. Fungsi ini sanggup dipakai untuk menghitung sebuah system pembayaran dalam pengolahan data Excel.



Cara Menggunakan Fungsi DAYS360


Mohon untuk diperhatikan kebutuhan dalam pengolahan data sehingga tidak salah dalam menentukan fungsi yang akan digunakan. Beberapa fungsi mempunyai kemiripan menyerupai DAY dengan DAYS360, WEEKDAY dengan NETWORKDAYS dan lain - lain.


Syntax Dasar dan Argumen Fungsi DAYS360



Berbeda dengan fungsi DAY bahwa fungsi DAYS360 mempunyai dua argumen yang harus diisi dalam penggunaannya. Fungsi DAY hanya mengacu kepada tanggal sedangkan DAYS360 terdiri dari tanggal awal dan tanggal tamat sebagai parameter perhitungan.

Dengan adanya tanggal awal dan tamat maka terperinci fungsi DAYS360 menghitung seluruh hari antara tanggal awal dan tanggal tamat tersebut. Sedangkan fungsi DAY hanya mengambil angka tanggal dari formasi tanggal yang lengkap.

Syntax Dasar Fungsi DAYS360

=DAYS360(start_date;end_date;[method])

> start_date : Start_date ini diisi dengan tanggal awal dari dua tanggal yang akan dihitung jumlah harinya.

> end_date : end-date diisi dengan tanggal tamat dari dua tanggal untuk menghitung total jumlah harinya.

> method : merupakan nilai kebijaksanaan untuk menentukan metode yang akan dipakai dalam mencari jumlah hari diantara tanggal awal dan akhir. Ada dua pilihan untuk method yaitu False dan True. False dipakai jikalau tangal mulai merupakan hari terakhir ( hari ke 30/31 ) dan angka dihitung menjadi hari ke 1 atau awal bulan berikutnya. True dipakai jikalau tangal awal merupakan tanggal terakhir ( 30/31) dan akan dihitung dari tanggal tersebut bukan digeser ke tanggal bulan berikutnya.

Contoh Fungsi DAYS360 Dalam Excel


Untuk memudahkan pemahaman perihal Fungsi daru DAYS360 maka silahkan baca dan pahami rujukan dibawah ini.

Sebagai Contoh ada dua tanggal berikut ini dalam Excel :

sell A1 : 30-03-2018 --> merupakan tanggal awal.
sell A2 : 28-04-2018 --> tanggal akhir

Rumus yang dipakai untuk menghitung dengan Fungsi DAYS360 sebagai berikut :

=DAYS360(A1;A2;FALSE)

Hasilnya sebagai berikut :

= 28

Dari rujukan diatas sanggup dilihat bahwa fungsi ini menghitung jumlah hari diantara tanggal awal dan tamat dalam jumlah hari 360 selama 1 tahun.

Itulah klarifikasi perihal bagaimana cara memakai Fungsi DAYS360 dalam microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada teman - teman yang mugkin sedang membutuhkan solusi untuk memakai fungsi Excel ini. 


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Days360 Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar