Cara Gampang Install Libreoffice Pada Windows

Cara Praktis Install LibreOffice Pada Windows - LibreOffice merupakan aplikasi yang sanggup dipakai untuk pengolahan data baik yang berbentuk angka maupun goresan pena biasa. Sebenarnya LibreOffice ini menyerupai dengan Microsoft Office sehingga untuk Anda yang sering memakai Microsoft Office niscaya tidak akan sulit memakai LibreOffice. LibreOffice mempunyai 6 aplikasi utama yang sanggup dipakai yaitu :


1. LibreOffice Base
2. LibreOffice Calc
3. Libre Office Draw
4. LibreOffice Impress
5. Libre Office Math
6. Libre Office Writer

Seperti yang telah disebutkan bahwa LibreOffice ini memang menyerupai dengan Microsoft Office misalkan Microsoft Excel hampir sama dengan LibreOffice Calc bahkan tampilannyapun sangat mirip. Hanya saja beberapa penempatan hidangan dan submenu terdapat perbedaan, sehingga untuk Anda yang sudah terbiasa memakai Microsoft Excel akan sedikit kesulitan diawal penggunaan LibreOffice ini.

Dalam artikel ini saya tidak akan membahas mana yang lebih baik tetapi saya akan membahas bagaimana cara install LibreOffice pada komputer atau laptop dengan beberapa langkah mudah. Ada beberapa alasan yang menciptakan sebagian orang lebih menentukan untuk memasang LibreOffice pada komputer mereka.

Lalu bahwasanya apa perbedaan Microsoft Office dengan LibreOffice ? perbedaan yang paling fundamental yakni LibreOffice merupakan apikasi Open Source sehingga Anda sanggup menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya atau gratis. Jika Anda tertarik untuk memakai LibreOffice maka lanjutkan membaca artikel ini yang akan membahas bagaimana cara install LibreOffice pada Windows.

Cara Install LibreOffice Di Windows


Sebelum dibahas bagaimana cara install LibreOffice pada Windows ada baiknya kalau Anda memahami fungsi dari beberapa aplikasi yang sanggup dipakai dalam LibreOffice ini sehingga Anda benar - benar sudah menyimpukan bahwa aplikasi ini memang diharapkan oleh Anda dan akan dipasang pada komputer atau laptop.

1. LibreOffice Writer


Aplikasi ini berfungi untuk pengolahan kata. Writer mempunyai fitur untuk alat pengolahan kata dan Desktop Publishing yang lengkap. Bisa dipakai untuk menciptakan laporan, artikel atau memo dan yang lainnya sehingga dokumen tersebut akan terlihat lebih rapi sehabis dilakukan pengolahan pada dokumen tersebut dengan memakai LibreOffice Writer. 

Untuk fasilitas dalam pengolahan kata Anda sanggup menentukan font yang ada dan diadaptasi dengan komputer. Terdapat kamus AutoCorrect untuk mengurangi kesalahan ejaan pada dokumen tersebut. 

2. LibreOffice Calc


LibreOffice Calc dipakai untuk pengolahan angka atau spreedsheet. Dengan tampilan yang gampang dipakai akan membantu Anda dengan cepat menciptakan sebuah spreedsheet dengan akurasi dan fungsi rumus yang telah disediakan oleh aplikasi ini. 

3. LibreOffice Impress


Jika Anda akan menciptakan sebuah presentasi dan membutuhkan sebuah aplikasi untuk mengolahnya maka gunakan LibreOffice Impress. Pembuatan slide untuk presentasi yang sangat gampang dan sanggup mengatur outline, Notes, Handout dan lainnya akan menciptakan sebuah dokumen presentasi yang bagus.

4. LibreOffice Draw


Digunakan untuk pengolahan gambar, edit dan menambahkan goresan pena pada gambar tersebut. Bahkan dengan ukuran teretntu yang cukup besar ini sanggup dipakai untuk menciptakan poster atau brosur dengan gambar yang jernih.

5. LibreOffice Base


Digunakan untuk pengolahan data dalam bentuk database. Menyediakn beberapa driver yang support dengan MySQL, MariaDB, Adabas D, MS Access dan PostgreSQL. Selain itu, tunjangan built-in untuk driver standar JDBC dan ODBC memungkinkan Anda untuk terhubung ke hampir semua mesin database yang ada.

6. LibreOffice Math


Merupakan editor formula dalam LibreOffice. Ini memungkinkn Anda untuk memasukan formula tertentu kedalam LibreOffice. Fungsi tersebut sanggup dilakukan dengan bangun sendiri atau melalui aplikasi LibreOffice menyerupai writer atau calc.

Langkah Praktis Install LibreOffice pada Komputer atau Laptop


Setelah membaca uraian dan klarifikasi perihal masing - masing fungsi dari aplikasi yang disediakan oleh LibreOffice maka selanjutnya inilah cara install LibreOffice pada komputer atau laptop :


Kunjungi halaman web resmi LibreOffice diatas kemudian pilih yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Pastikan spesifikasi tersebut sesuai dengan komputer Anda sehingga proses Install akan berjalan dengan sukses.

2. Double Klik Icon LibreOffice

Proses Download akan cukup usang alasannya yakni ukuran file tersebut cukup besar. Setelah final d0wnl0ad selanjutnya double klik Icon yang sudah did0wnl0ad tersebut.

3. Klik Next

Setelah muncul Installation Wizard selanjutnya klik Next. Proses tersebut bahwasanya tinggal mengikuti langkah instalasi aplikasi menyerupai biasa, untuk Anda yang sudah sering memasang aplikasi tentu ini bukan hal yang sulit.

4. Pilih Setup Type

Selanjutnya akan muncul Wizard Setup Type. Dalam Wizard ini Anda harus menentukan Type dari Instalasi aplikasi. Ada dua pilihan, Typical untuk memasang semua aplikasi dari LibreOffice sedangkan Custom kalau Anda hanya akan memasang aplikasi tertentu misalkan Anda hanya menentukan LibreOffice Calc dan Writer. Pilih salah satu dan klik sesuai dengan impian Anda.




5. Klik Install

Dalam Wizard ini centang Create a start link on desktop, dan selanjutnya klik Install untuk memulai proses pemasangan aplikasi pada komputer atau laptop Anda.

6. Klik Finish

Tunggu proses intalasi hingga dengan final dan sehabis muncul Installation Wizard Completed selanjutnya Anda tinggal klik Finis dan proses install tersebut sudah selesai.

Sampai dengan proses tersebut diatas maka aplikasi LibreOffice telah terpasang pada komputer Anda, selanjutnya tinggal Anda pilih aplikasi mana yang akan dipakai untuk pengolahan data. Penggunaan LibreOffice ini cukup gampang alasannya yakni memang sangat menyerupai dengan aplikasi pengolahan data lainnya bahkan rumus dan fungsinyapun banyak yang sama sehingga saya yakin Anda tidak akan kesulitan memakai aplikasi ini.
     

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Install Libreoffice Pada Windows"

Posting Komentar