17 Cara Merontokkan Bulu Burung Dengan Cepat Dikala Mabung

Burungnya.com – Semua burung mengalami proses mabung. Durasi waktunya terbilang usang yaitu 2-3 bulan. Selama mabung, bulu burung berjatuhan dan ganti bulu baru. Untuk merontokkan bulu burung dengan cepat, cara beraneka ragam.

Ada yang cuma diberikan masakan bergizi, tapi ada pula kicau mania yang memperlihatkan bahan-bahan unik yang kemungkinan belum diketahui banyak orang. Bahan tersebut di antaranya kulit jeruk, daun pandan, hingga daun sirsak.

Baca juga: Setelah Mabung Performanya Meningkat, Murai Batu Hammer Dibeli Rp 245 Juta

Sekilas bahan-bahan ini tidak begitu penting untuk burung. Sebab, ketiga materi tersebut lebih sering digunakan untuk memasak. Namun, faktanya bahan-bahan alami dari tumbuhan ini sanggup mempercepat proses mabung pada burung.

 bulu burung berjatuhan dan ganti bulu gres 17 Cara Merontokkan Bulu Burung dengan Cepat ketika Mabung
Cara Merontokkan Bulu Burung ketika Mabung (youtube.com)

Cara Mempercepat Mabung Burung

1. Kulit Jeruk

Cara cepat merontokkan bulu burung sanggup dilakukan dengan memasukan beberapa kulit jeruk ke dasar sangkar. Kemudian, burung dikerodong penuh.

Setelah itu, ketika terapi kulit jeruk letakkan burung pada daerah yang jauh dari bunyi burung lain. Tujuannya supaya burung sanggup lebih fokus serta siap membantu mempercepat merontokkan bulu.

2. Mandi Sauna

Mabung burung akan cepat akibat jikalau dilakukan dengan cara mandi sauna. Panas matahari yang masuk melalui kerodong menyebabkan penggalan dalam kandang kedap panas.

Udara dari luar cuma bisa masuk sedikit. Ini akan menciptakan pori-pori pada burung melebar. Dengan begitu, burung menjadi cepat akibat mabung.

3. Biarkan Burung Sendiri

Tempatkan burung di lokasi yang tenang. Kalau bisa burung peliharaan Anda dijauhkan dari burung-burung lain yang sanggup memancingnya untuk bertarung.

Selain itu, letakkan burung yang mau mabung di daerah yang lembab dan sedikit panas untuk menciptakan burung tersebut lebih cepat merontokkan bulu-bulunya.

4. Dekatkan dengan Burung Betina

Burung berkelamin betina tampaknya ampuh membantu proses mabung burung jantan. Hal ini alasannya yaitu birahi yang keluar ketika didekati burung betina sanggup menciptakan bulu rontok dengan cepat.

5. Berikan Jangkrik

Burung yang mabung butuh asupan protein tinggi. Jadi, Anda sanggup memperlihatkan jangkrik setiap pagi supaya burung cepat mabung.

6. Berikan Ulat Hongkong

Agar burung cepat mabung, Anda bisa memperlihatkan pakan perhiasan berupa ulat Hongkong sebanyak 10 ekor. Pemberian pagi hari 10 ekor dan siang 10 ekor.

7. Manfaatkan Daun Pandan

Daun pandan sanggup mempercepat burung mabung. Caranya daun pandan dipotong kecil-kecil. Setelah itu letakkan daun-daun tadi pada dasar sangkar.

Tutup kandang burung dengan kerodong secara full. Lakukan hal ini setiap hari hingga bulu burung berjatuhan. Apabila dalam beberapa hari daun pandan sudah mengering, maka gantilah dengan daun yang baru.

8. Ganti Voer Burung dengan Voer Ayam

Voer ayam sanggup merangsang burung supaya cepat mabung. Pasalnya voer ayam memiliki kandungan proten yang lebih tinggi dari voer burung. Sehingga walau ini terdengar aneh, tapi sejatinya bisa menciptakan burung cepat mabung.

9. Berikan Campuran Susu dan Voer

Kalau burung sudah terlanjur gagal mabung, maka berikan susu bubuk campur voer. Campuran kedua materi ini dipercaya bisa menjatuhkan bulu-bulu burung dengan sempurna.

10. Gunakan Daun Sirsak

Siapkan 7-10 daun sirsak yang sudah menguning, kemudian letakkan di dasar sangkar. Kalau daun tersebut sudah kering ganti dengan daun sirsak yang baru. Dengan begitu, burung akan mabung dengan cepat.

11. Diberi Nutrisi BirdMolt-Pre

Burung mabung membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Anda sanggup memperlihatkan nutrisi dengan kandungan protein tinggi berupa metioni dan sistin pada BirdMolt-Pre.

12. Burung Mabung Tidak Dimandikan

Saat burung sedang mabung, sebaiknya Anda jangan memandikan burung. Hal ini akan menciptakan burung gagal mabung.

13. Kain Kerodong Disemprot Air

Perawatan burung mabung biasanya memakai kerodong full. Namun, supaya keadaan di dalam kandang tidak terlalu panas, Anda sebaiknya menyemprot kerodong dengan air terlebih dahulu.

14. Telur Bebek Dicampur Voer

Ambil kuning telur belibis kemudian dicampur dengan voer. Setelah itu, angin-anginkan campuran hingga mengering.

Berikan racikan telur belibis dan voer secara rutin. Jika proses mabung sudah selesai, berikan voer menyerupai biasa, tanpa dicampur telur bebek.

15. Kroto Dicampur dengan Susu Bubuk

Racikan pakan ini bisa menciptakan burung cepat mabung. Bahan-bahannya cuma 1 cepuk ulat Hongkong, dan kroto dicampur susu bubuk.

Setelah diberikan ke burung, kemudian kandang dikerodong total. Periksa selama 3 hari, dan lihat bulu burung akan berguguran. Kemudian lanjutkan perawatan ini selama seminggu supaya mabung akibat dengan sempurna.

16. Jauhkan dari Tempat Bising

Jika Anda terbiasa meletakkan burung di pinggir jalan, maka ketika mabung sebaiknya daerah burung di ruang sendiri. Intinya berikan ketenangan pada burung tersebut sehingga suara-suara bising tidak bisa mengganggunya.

17. Sangkar Dibersihkan Secara Teratur

Jangan lupa kandang selalu dibersihkan dengan teratur. Ganti pakan dan minum serta bersihkan kotoran burung. Kandang harus higienis supaya tidak ada penyakit yang berdatangan. Ini bekerjasama dengan kondisi burung yang lemah ketika mabung.

Takutnya ketika kondisi burung menurun, penyakit dari luar malah menyerangkan secara bertubi-tubi. Hal ini malah menyebabkan burung yang harusnya segera pulih, malah jatuh tergeletak tak berdaya.

Baca juga: 28 Perawatan Kacer Mabung, Ciri-ciri, dan Kapan Mabung Selesai

Demikian beberapa cara merontokkan bulu burung dengan cepat ketika mabung. Proses mabung memang terbilang lama. Oleh alasannya yaitu itu, burung-burung lomba agak kesulitan mengikuti keadaan ketika mabung.

 bulu burung berjatuhan dan ganti bulu gres 17 Cara Merontokkan Bulu Burung dengan Cepat ketika Mabung
Cara Mempercepat Mabung Burung (hbw.com)

Biasanya gacor di lapangan, tapi kini cuma melongo lemah di dalam sangkar. Hal ini kemungkinan akan menciptakan burung stres. Nah, untuk menghindarinya Anda harus memperlihatkan asupan pakan bergizi dan memperlihatkan hiburan memperdengarkan bunyi masteran.

Namun, pemasteran sebaiknya dilakukan ketika burung akan akibat mabung. Tujuannya burung akan lebih gampang merekam bunyi burung lain alasannya yaitu fokus pikirannya hanya pada bunyi burung tersebut.

Jika ada cara lain untuk mempercepat proses mabung burung, silakan sampaikan di kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara mempercepat mabung kacer
  • cara cepat merontokan bulu kenari ketika mabung
  • Cara lb lagi mabung biar cepet mabung nyah
  • cara cepat merontokan bulu kenari
  • cara merontokan bulu murai watu dengan cepat
  • agar kacer cepat rontok bulunya
  • cara cepat merontokan bulu burung
  • cara merongtokan bulu burung cpt cara tradisional
  • cara cepat kerontokan mabung pada burung
  • agar bulu kacer cpt ambrol

Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Cara Merontokkan Bulu Burung Dengan Cepat Dikala Mabung"

Posting Komentar