Yuk Intip Seragam Sekolah Di 10 Negara Ini!

Sebagai pelajar, setiap harinya kau diwajibkan untuk menggunakan seragam sesuai dengan hukum yang ditetapkan sekolah. Dengan adanya seragam ini, kita dapat tahu jenjang pendidikan yang ditempuh oleh seorang pelajar dari warnanya.

Nah, untuk kalian yang ingin tau model seragam mirip apa saja sih di bagian negara lainnya? Apakah lebih menarik? Atau ada ciri khas tertentu mirip di negara kita? Yuk kita cek yuk!

Let’s start with…..

1. Jepang

Jepang Jepang

Buat kau yang suka baca komik, niscaya sudah sering kan melihat mirip apa model seragam di Jepang? Menurut kau modelnya ibarat apa? Ya, betul! Seragam di Jepang mirip seragam pelaut. Hal ini dapat terlihat terang pada seragam perempuan, dimana model kerahnya yang lebar disertai dasi yang khas mirip sailor (pelaut).

Yang menariknya lagi, seragam di Jepang juga diubahsuaikan dengan musimnya lho! Misalnya saja untuk ekspresi dominan panas, seragam yang dipakai berlengan pendek, rok pendek, dan berbahan lebih tipis. Sedangkan untuk ekspresi dominan dingin, biasanya para pelajar menggunakan lengan panjang maupun blazer semoga hangat. Kalau di Indonesia sih, satu model seragam untuk segala macam cuaca ya hihi.

2. Inggris

Inggris Inggris

Kamu pernah nonton Harry Potter kan? Apakah kau memperhatikan model seragam yang dikenakan para tokohnya? Nah, mirip itulah model seragam sekolah di Inggris. Pada umumnya, para pelajar biasanya menggunakan sweater atau bahkan blazer untuk outer dari seragamnya. Tidak lupa disertai dengan dasi yang juga wajib dipakai baik pelajar siswa maupun siswi. Inilah yang menciptakan gaya berseragam di Inggris terlihat resmi dan rapi.

3. Australia

Australia Australia

Kalau kau lihat sepintas, mungkin seragam yang dipakai oleh pelajar di Inggris kurang lebih sama dengan model yang dipakai pelajar di Australia. Eits! Tapi coba deh perhatikan sekali lagi, kira-kira ada yang berbeda tidak? Clue: Coba kau perhatikan yang dikenakan di kepalanya. Ya itu ia yang membuatnya unik!

Topi ini terinspirasi dari Akubra, topi khas Australia yang modelnya ibarat topi koboi. Selain unik topi ini juga fungsional lho, biasanya topi ini menggunakan materi yang tahan air maupun panas matahari. Psst, topi akubra ini tidak hanya dipakai para pelajar, bahkan topi polisi di Australia juga menggunakan model yang serupa! Menarik bukan?

4. Ghana

Ghana Ghana

Apa yang terlihat di pikiran kau pertama kali melihat seragam ini? Warnanya mirip seragam pramuka ya? Hehe. Di Ghana, meskipun termasuk negara dengan keadaan ekonomi yang rendah tetap memutuskan setiap pelajarnya untuk menggunakan seragam. Maka dari itu, seragam di Ghana menggunakan materi kain yang relatif murah tapi untuk model seragam tetap unik dan menarik bukan?

5. Laos

Laos Laos

Laos mempunyai kain tradisional yang khas berjulukan Sinh. Model kainnya mirip kain songket di Indonesia. Yang menciptakan seragam di Laos unik ialah para siswi disana menggunakan sinh sebagai rok bawahan mereka lho! Seperti di Indonesia, di Laos juga menerapkan penggunaan warna kain yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan. Coba kau bayangkan, bagaimana bila kau harus menggunakan kain setiap pergi ke sekolah? Hihi.

6. Vietnam

Vietnam Vietnam

Seragamnya yang ini tidak kalah unik nih! Di Vietnam, seragam sekolahnya terinspirasi dari pakaian tradisional mereka berjulukan Ao Dai. Ao Dai ini ialah pakaian untuk melambangkan kecantikan perempuan di Vietnam. Ciri khas pakaian ini ialah atasannya yang hampir sepanjang mata kaki dengan bagian panjang di kedua sisinya dan menggunakan celana panjang.

Untuk seragam sekolah, warna yang dipakai harus putih. Sedangkan untuk program kebudayaan biasanya Ao Dai ini dapat berwarna-warni. Gimana berdasarkan kalian? Terlihat cantik-cantik tidak para siswi ini?

7. Filipina

Filipina Filipina

Kalau seragam ini ialah yang dipakai pelajar di Filipina. Sekilas, modelnya mirip dengan seragam tingkat SD di Indonesia ya? Tapi yang menambah keunikannya ialah model kerahnya mirip dengan seragam di Jepang yaitu bermodel sailor.

8. Bhutan

Bhutan Bhutan

Apakah kau tahu negara berjulukan Bhutan? Bhutan ialah negara kecil yang terletak di Asia Selatan. Di Bhutan para pelajar juga menggunakan pakaian tradisional mereka lho! Untuk para siswa menggunakan gho, yaitu berupa atasan sepanjang lutut yang diikatkan dengan sabuk di pinggang mereka. Sedangkan untuk siswi menggunakan kira, modelnya kurang lebih sama hanya saja atasannya mencapai pergelangan kaki yang dipadukan dengan luaran lengan panjang berjulukan toego. Unik sekali ya?

9. Iran

Iran Iran

Kalau yang ini ialah salah ciri khas seragam yang dipakai di negara muslim mirip Iran. Sebagai negara muslim, hal ini juga tercermin dari model seragam yang dikenakan oleh para pelajar di sekolahnya. Cirinya ialah menggunakan kerudung, baju berlengan panjang, celana panjang, dan tentunya longgar. Umumnya, baik siswa maupun siswi menggunakan celana panjang lho!

10. Turkmenistan

Turkmenistan Turkmenistan

Kalau seragam ini datangnya dari Turkmenistan, yaitu sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Keunikannya ialah seragam sekolah mereka merupakan pakaian tradisional lho! Ciri khasnya ialah gaun panjang hingga mata kaki berwarna cerah, menggunakan topi mirip peci, dan tidak lupa kepangan rambutnya! Lucu juga kali ya, bila kita mengepang rambut setiap pergi ke sekolah?

Ya, itu lah seragam yang dipakai pelajar dari banyak sekali negara. Seragam negara mana yang menjadi favorit kamu? Apakah kau tetap suka dengan seragam sekolah di Indonesia?

Meski kadang kita suka mengeluh dengan hukum yang diterapkan dalam pemakaian seragam sekolah, tapi kapan lagi kan dapat setiap hari dapat kembaran baju dengan teman-teman? Hihi. Nanti sesudah kau lulus sekolah dan tidak menggunakan seragam lagi, niscaya kau akan merindukan momen menggunakan seragam sekolah. Jadi, nikmatilah! :)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Intip Seragam Sekolah Di 10 Negara Ini!"

Posting Komentar