Troubleshooting Verifikasi Remote Host Identification Yang Gagal

Apakah anda sudah pernah melaksanakan SSH atau remote login? Atau anda belum tahu apakah SSH itu? Hmmmm ... itu berarti anda harus membaca beberapa goresan pena aku sebelumnya yang berjudul "Remote Login ke Ubuntu Server / Desktop". 

Oh iya supaya kita lebih nyambung lagi, saran aku anda juga harus tahu ihwal Remote Host IDentification dan fungsinya, untuk itu anda aku sarankan untuk membaca goresan pena aku sebelumnya dengan judul "Fungsi Remote Host IDentification di SSH". Mari kita lanjutkan lagi, suatu ketika ketika aku ingin melaksanakan remote login ke suatu server, katakanlah server 5. 

Saya mendapati tidak sanggup melaksanakan login secara remote memakai SSH, dengan keterangan ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas, aku mencoba melaksanakan remote login memakai layanan SSH dari server3 menuju ke server5 dengan alamat IP server5 yaitu 192.168.0.250, akan tetapi seruan remote login aku di tolak, dikarenakan kunci remote host ID yang aku punya berbeda dengan key yang dimiliki server5. 

Ibarat aku ingin masuk sebuah rumah, tetapi kuncinya tidak cocok. Apakah aku salah memasukkan password user SSH saya? Atau password aku ada yang merubahnya? atau server aku sudah dikuasai oleh orang lain (h4ck3r) ? ha ha ha ha, kenapa imajinasi aku menjadi liar ibarat ini ya :P. Sebenarnya, kunci yang aku maksud ini bukanlah password milik user yang akan aku gunakan untuk remote login ke server5. Akan tetapi merupakan kunci RHID (Remote Host IDentification) hasil "generate" yang diberikan oleh server SSH yang melayani kita.

Lalu bagaimana penyelesaiannya? Solusinya yaitu anda sanggup hapus, key RHID yang anda punya, yang umumnya berada di lokasi /home/user_anda/.ssh/known_hosts. Silakan buka memakai editor vim dengan perintah:

 sudo vim /home/user_anda/.ssh/known_hosts

maka anda akan melihat isi file yang ibarat mirip tampilan di bawah ini:



Lalu bab mana yang harus dihapus? jikalau anda cermat dalam membaca pesan error anda akan mendapat informasi, letak RHID yang tidak cocok berada di baris ke berapa ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


dari informasi tersebut, aku diberitahu, bahwa RHID yang tidak cocok berada pada baris ke 4, silakan hapus baris ke 4 pada file known_hosts tersebut. Melalui fitur vim, ketika masuk ke mode READ anda ketik saja ":4" tanpa tanda petik kemudian tekan tombol "dd" tanpa tanda petik, maka otomatis anda akan menghapus baris ke 4 atau kunci RHID yang tidak cocok tadi. Silakan simpan dan keluar dari editor vim tersebut, kemudian coba lagi melaksanakan remote login ke komputer yang anda tuju tadi (pada perkara ini aku mencoba melaksanakan remote login ke komputer dengan nama server5) ibarat yang terlihat pada gambar di bawah:

dari gambar di atas, aku akan diberi kunci RHID yang gres lagi, maka aku jawab yes/ya untuk menyimpannya lagi di file known_hosts, kemudian aku masukkan password user yang aku gunakan untuk masuk ke dalam server. dan voila?!! anda sudah berhasil masuk ke dalam sistem memakai remote login SSH ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Bagaimana, gampang bukan? biar artikel ini membantu anda menuntaskan problem yang sama. :)

Beberapa artikel terkait:

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Troubleshooting Verifikasi Remote Host Identification Yang Gagal"

Posting Komentar