Tahukah Kau Makna Dari 11 Istilah Bahasa Absurd Ini?

Sejak kurun globalisasi, tanpa disadari kita banyak sekali menerima dampak asing. Dari segi budaya, gaya berpakaian, teknologi, hingga penggunaan bahasa sehari-hari. Well, terjadinya pergeseran bahasa memang lumrah, smart buddies. Bukan suatu hal yang mengejutkan kalau bahasa asing lebih terkenal di zaman sekarang. Di kehidupan yang serba maju ini, insan dimanjakan dengan banyak sekali kecanggihan teknologi dan banyak hal lain. Nah, perkembangan yang terus-menerus ini melahirkan banyak istilah baru. Hal ini seringkali menyisakan kesulitan tersendiri nih bagi para jago bahasa.

Upload yang bantu-membantu ialah unggah atau download ialah unduh mungkin sering kau dengar. Eits, masih banyak teladan lainnya yang mungkin belum pernah kau dengar lho! Coba saja lihat teladan kata-kata di bawah ini yang memang lebih sering diucapkan dalam bahasa Inggris ketimbang Indonesia. Beberapa alasannya, kalau memakai bahasa Indonesia, terdengar aneh, atau bahkan banyak yang tidak mengetahui artinya. Hey, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik kita harus tahu dong. Simak yuk!

1. Online

bahasa asing

Kamu tentu lebih familiar dengan istilah online ketimbang daring. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daring berarti terhubung, tersambung.

2. Offline

bahasa asing

Ada dalam, tentu ada juga luar. Artinya sebaliknya, luring ialah tidak terhubung, terputus.

3. Hotspot

bahasa asing

Seperti yang kau ketahui, hotspot ialah area di mana kita sanggup terhubung dengan jaringan internet secara wireless (nirkabel/tanpa kabel) dari PC, note book atau gadget menyerupai handphone. Jangkauannya kira-kira beberapa ratus meter, tergantung dari kekuatan frekuensi/sinyal. Bahasa Indonesianya yang gampang ialah area bersinyal. Coba yuk mulai kini praktikkan! Terdengar lucu, namun seru.

4. Tethering

bahasa asing

"Numpang tethering dong!". Hayoo, siapa di antara kau yang suka menyampaikan demikian? Ketahuan nih nggak modal, hehe. Tethering ialah sebuah cara untuk membuatkan koneksi internet antar smartphone. Dalam bahasa Indonesia, memang agak janggal didengar ya. Terbayang nggak, kalau kau bicara "Numpang peranggitan dong!"? Mungkin orang yang kau ajak bicara malah tidak mengerti. Tapi, harus mulai disosialisasikan lho biar terbiasa.

 

5. Selfie

bahasa asing

Pasti semuanya pernah melakukan selfie alias potret diri sendiri. Tahukah kau apa bantu-membantu bahasa Indonesia dari selfie? Yap, swafoto! Mulai kini coba iseng ke temanmu "Ih, swafoto terus deh!". Pasti ia gundah alasannya ialah tidak mengerti yang kau katakan, hehe.

6. E-mail

bahasa asing

Electronic mail (e-mail) atau surat elektronik ini ialah salah satu imbas kemajuan teknologi. Kalau zaman kini mau kirim CV masih surat-suratan via pos atau menunggu burung, wah kapan sampainya ya? Kini, dengan mengandalkan internet, kirim-mengirim surat dan dokumen jadi lebih praktis.

7. Hashtag

bahasa asing

Tagar biasanya dipakai untuk mengelompokkan suatu pesan pada media sosial, contohnya campaign atau tren. Contohnya #BanggaJadiGuru. Dengan demikian, segala hal yang terkait jadi lebih gampang dicari.

8. DIY

bahasa asing

DIY adalah kependekan dari Do It Yourself, yang artinya adalah "Lakukan sendiri". Kini, makin marak yang menyajikan konten DIY biar sanggup menginspirasi satu dengan yang lain. Mulai dari yang memanfaatkan barang bekas, hingga materi dari alam.

9. Earphone

bahasa asing

Pernah tahu apa bantu-membantu arti headset, earphone, atau headphone? Istilah dalam bahasa Indonesianya memang agak unik sehingga jarang digunakan.

10. Gadget

bahasa asing

Dalam KBBI, gawai mempunyai dua makna, yaitu kerja dan gadget.

11. Bullying

bahasa asing

Mana nih yang suka menyuarakan gerakan anti bullying tapi bantu-membantu belum paham maknanya? Ayo acungkan tangan! Mulai sekarang, kau harus sudah paham ya bahwa bullying ialah perundungan. Masih janggal? Yuk biasakan!

Nah, itulah tadi beberapa teladan istilah yang lebih dekat di indera pendengaran kita dalam bahasa asing. Namun, kita harus tetap menyosialisasikan bahasa ibu kita ya, mulai dari memakai dalam dialog sehari-hari. Di awal mungkin terlihat janggal, namun lama-kelamaan niscaya terbiasa. Kamu tidak harus selalu menggunakannya, tapi akan lebih baik kalau kau paham maknanya. Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuanmu ya, smart buddies. Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu dan share istilah asing apa lagi yang kau tahu di kolom komentar ya! (TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kau Makna Dari 11 Istilah Bahasa Absurd Ini?"

Posting Komentar