Sort & Filter, Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel

Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort  Sort & Filter, Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel
Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel - Sort & Filter merupakan satu dari beberapa fitur yang dimiliki oleh Microsoft Excel.

Fitur ini tentu akan mempermudah pengolahan data yang kita lakukan dalam Microsoft Excel.

Sort & Filter merupakan sebuah fitur yang sanggup dipakai untuk mengurutkan data yang berupa teks atau angka dalam Excel.

Fitur lain yang telah dibahas ialah Data Validation, fitur ini sanggup dipakai untuk menciptakan dropdown list dalam Microsoft Excel.




Fitur sort & Filter ini dipakai kalau kita ingin menawarkan urutan pada teks dimulai dari a hingga z atau sebaliknya.

Selain itu sanggup juga dipakai untuk mengurutkan angka yang dimulai dari terkecil hingga dengan terbesar atau sebaliknya.

Untuk mengurutkan data biasanya dipakai dalam sumbangan ranking atau peringkat terhadap deret angka.




Pemberian ranking ini sanggup dilakukan dengan memakai fitur sort & filter dan sanggup juga secara otomatis dengan rumus excel.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan wacana cara mengurutkan angka atau teks dengan fitur Sort & Filter.

Cara Menggunakan Fitur Sort & Filter


Sort & Filter berada dalam sajian atau Tab Data dalam Excel. Sebelum memakai fitur ini tentu kita harus mengenal fungsinya terlebih dahulu.

Sama dengan Data validation fitur inipun berada dalam Tab Data, sehingga untuk Anda yang sebelumnya telah mempelajari fitur Data validation tidak akan kesulitan menemukan fitur ini.


Cara Membuka dan Fungsi Sort & Filter



Untuk membuka fitur ini silahkan klik Tab Data lalu cari dan temukan sajian Sort & Filter tersebut.


Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort  Sort & Filter, Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel


Ada 4 sajian utama dama fitur ini yaitu Sort A to Z, Sort Z to A, Sort dan Filter. Masing - masing fitur ini memiliki fungsi yang berbeda.

- Sort A to Z

Dalam Office 2007 fitur ini digambarkan dengan abjad A dan Z dengan tanda panah ke bawah.

Ini dipakai kalau kita akan mengurutkan data dengan range atau kolom utama yang akan diurutkan ada pada tabel paling kiri.

Jika ini diklik maka otomatis data akan diurutkan dari A ke Z atau untuk angka dari yang terkecil ke yang terbesar.

- Sort Z to A

Fitur ini digambarkan dengan abjad A dan Z dengan tanda panah ke atas, hampir sama dengan Sort A to Z tapi bedanya ini akan mengurutkan data dari Z ke A atau untuk angka dari yang terbesar ke yang terkecil.

- Sort

Fitur ini dipakai kalau data dasar yang akan diurutkan berada ditengah tabel atau diakhir tabel sebelah kanan.

Tentu untuk kondisi ini mustahil diurutan dengan A to Z atau Z to A alasannya ialah urutan akan diambil dari kolom dari tabel paling sebelah kiri.

- Filter

Fitur ini dipakai untuk menciptakan filter pada data yang sedang kita oleh, contohnya kita hanya akan menampilkan data tertentu dan menyembunyikan data lainnya maka fitur ini sanggup digunakan.

Khusus untuk filter saya akan bahas dalam artikel yang lain.

Setelah memahami fungsi dari masing - masing fitur ini maka selanjutnya kita akan lihat cara penggunaannya dalam Excel.


Contoh Penggunaan Fitur Sort & Filter



Untuk memakai fitur ini dengan posisi tabel dasar yang akan diurutkan berada pada kolom paling kiri maka lakukan langkah - langkah sebagai berikut :

- Pilih / blok seluruh tabel atau range yang akan diurutkan
- Klik Tab Data
- Terakhir klik A to Z atau Z to A

Bagaimana kalau data yang akan diurutkan kolom atau rangenya berada ditengah atau sebelah kanan ?

Perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort  Sort & Filter, Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel

Pada gambar diatas tedapat sebuah tabel dengan nama kolom terdiri dari No, Nama, Alamat, Jabatan dan Gaji.

Jika kita ingin mengurutkan data tersebut maka kita hanya perlu menentukan atau blok data dari kolom Nama sampau dengan honor dan selanjutnya klik A to Z.

Jika ingin mengurutkan selain menurut Nama maka kita akan klik fitur Sort, lalu akan muncul obrolan box sort dan isi satanya sebagai berikut :

Sort by : C --> kolom Alamat
Sort on : Values
Order : A to Z atau Z to A, untuk tumpuan diatas saya menentukan A to Z

Selanjutnya klik OK, maka tabel tersebut akan diurutkan menurut kolom C atau Alamat. 

Itulah klarifikasi wacana cara memakai fitur sort & filter, supaya artikel ini bermanfaat untuk pembaca. 




Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sort & Filter, Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar