Soal Smp Kelas 8 Semester 2 Ihwal Cahaya Dan Optik (Part Ii)

Soal 1
Cermin cekung banyak dimanfaatkan untuk berhias, salah satunya, cermin cekung yang jari-jarinya 40 cm dipakai oleh Morgan untuk menyidik abuh di wajahnya. Bagaimana Morgan memposisikan cermin terhadap abuh di wajahnya, supaya bayangan abuh yang diamatinya tegak dan 2 kali lebih besar? Jelaskan!

Soal 2
 
Sumber gambar: lihat.co.id
Bolang yaitu seorang anak yang bahagia berburu ikan. Suatu dikala Bolang pergi ke sungai yang airnya jernih untuk menangkap ikan dengan memakai tombak. Kemana Bolang harus mengarahkan tombaknya supaya sanggup menangkap ikan tersebut? Jelaskan!

Soal 3
Guru IPA memperlihatkan kiprah kepada Vivin untuk melaksanakan percobaan sederhana, yaitu memperabukan kraras (daun pisang yang sudah kering) dengan memakai sinar matahari. Sebagai alat bantu, Vivin diberikan beberapa jenis lensa. Vivin harus menentukan salah satu dari beberapa jenis lensa yang diberikan. Mana di antara lensa-lensa berikut yang harus dipakai oleh Vivin untuk melaksanakan percobaan tersebut? Lensa negatif, lensa konvergen,  lensa bikonkaf, atau lensa divergen. Jelaskan balasan Anda.

Soal 4
Lensa cembung sanggup dimanfaatkan sebagai beling pembesar atau lup. Tukang jam biasanya memakai lensa cembung untuk melihat kerusakan pada mesin-mesin jam tangan yang ukurannya sangat kecil dan rumit. Tukang jam meletakkan mesin jam di antara titik fokus (F2) dan titik sentra (O) lensa cembung, sehingga bayangan yang tampak bersifat maya, tegak, dan diperbesar, menyerupai ditunjukkan pada gambar berikut.
Jika mengamati bayangan ini terlalu lama, maka mata tukang jam akan cepat lelah alasannya yaitu bayangan yang terbentuk cukup bersahabat dengan mata. Bagaimana seharusnya tukang jam memposisikan lensa cembung terhadap mesin jam, supaya bayangan mesin jam yang diamatinya tidak bersahabat dengan mata atau berada pada jarak tak berhingga, namun tetap dalam kondisi diperbesar? Jelaskan!

Soal 5
Putriani menerima kiprah menyusun karya ilmiah ihwal insecta (binatang yang termasuk dalam kelompok serangga). Untuk menuntaskan kiprah tersebut, ia mengamati seekor kupu-kupu di “Butterfly Park” dengan memakai sebuah lensa cembung yang mempunyai jarak fokus 15 cm. Bagaimana Putriani memposisikan lensa terhadap kupu-kupu, jikalau ia menginginkan bayangan kupu-kupu yang diamatinya tegak dan tiga kali lebih besar?



Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Smp Kelas 8 Semester 2 Ihwal Cahaya Dan Optik (Part Ii)"

Posting Komentar