Selain Gerhana Bulan, Ini Insiden Langit 2017 Paling Ditunggu!

Smart Buddies, apakah kau bahagia mengamati langit? Memerhatikan hujan meteor atau gerhana merupakan acara menarik, lho! Selama tahun 2016 kemarin, di langit Indonesia sanggup terlihat gerhana matahari total dan supermoon terbesar di masa 21. Nah, bagaimana dengan tahun 2017? Apakah akan sama menakjubkan? Pastinya, tidak akan kalah menarik! Berikut fenomena langit yang akan terjadi mulai dari bulan Agustus ini hingga menjelang final tahun nanti. Siap-siap tandai kalendermu ya!

1. Gerhana Bulan Parsial (7-8 Agustus 2017) 

gerhana bulan - Bentuk penampakan gerhana bulan parsial di langit. Bentuk penampakan gerhana bulan parsial di langit. (sumber: timeanddate.com) 

Ketika sebagian wajah bulan melewati bayangan bumi, maka kau akan melihat bulan menyerupai sedang tergigit. Inilah yang dinamakan gerhana bulan parsial, ketika matahari dan bulan berada pada satu garis lurus yang sama. Indonesia beruntung alasannya sanggup melihat insiden ini pada 7 Agustus mendatang, mulai pukul 22:50 WIB. Puncak gerhana ini akan terjadi pada 8 Agustus pukul 01:20 WIB dan akan berakhir di pukul 03.50 WIB.

Jika kau tertarik untuk mengamatinya, catat waktunya baik-baik ya! Alasannya, puncak gerhana ini hanya berlangsung selama 1 jam 55 menit. Apalagi fenomena ini merupakan satu-satunya gerhana yang sanggup disaksikan di negara kita pada tahun 2017, lho! Menariknya, kau sama sekali tidak memerlukan sumbangan alat apapun untuk menyaksikannya. Selain Indonesia, ada beberapa lokasi juga lho yang sanggup melihatnya, bahkan secara lebih jelas. Contohnya menyerupai di sebagian besar wilayah Afrika, Asia Tengah, Samudera Hindia, dan Australia.

2. Super Konjungsi Venus dan Jupiter (13 November 2017) 

gerhana bulan - Venus dan Jupiter saling berdampingan. Venus dan Jupiter saling berdampingan. (sumber: lifeh4ck3r.com.au) 

Planet kedua dan kelima di tata surya ini akan saling berdampingan pada langit pagi hari di tanggal 13 November 2017. Kalau kau tertarik menyaksikannya, bangunlah ketika menjelang matahari terbit. Lalu perhatikanlah ke arah timur. Kamu akan melihat penampakan dua bintang yang terang namun tidak berkelap-kelip. Fenomena ini sanggup dibilang langka, alasannya jarang sekali posisi keduanya sanggup diperhatikan hanya dalam satu kali pandangan. Padahal radius venus dan jupiter mempunyai perbedaan sebesar 670.000 km.

3. Supermoon (3 Desember 2017) 

gerhana bulan - Potret fenomena supermoon 2016. Potret fenomena supermoon 2016. (sumber: miguelcarlo.dom)  

Ini beliau insiden langit yang paling ditunggu-tunggu oleh aneka macam kalangan. Mulai dari pakar astronomi, pengamat amatir, bahkan para fotografer. Pada insiden supermoon (bulan purnama perigee), bulan dan bumi akan hingga pada jarak terdekat. Oleh alasannya itu, cahaya bulan akan sangat terlihat terang pada malam hari tanggal 3-4 Desember 2017 di seluruh wilayah bab Indonesia. Akan tetapi, berdasarkan Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG), supermoon di tahun ini tidak akan sebesar di tahun lalu. Bagi kau yang ingin membuktikannya, cobalah amati langit pada pukul 22:47 WIB ya.

Fenomena yang ditemukan tahun 1979 ini juga sering dijadikan sebagai ajang hunting karya foto bagi para fotografer profesional, lho! Biasanya pasca supermoon, para pengguna sosial media akan berlomba-lomba mengunggah hasil foto mereka. Fenomena ini tidak hanya ramai di Indonesia, tapi juga terjadi di negara-negara lain. Apakah tahun ini kau mau jadi salah satu di antara mereka? Kamu ingin mengabadikan momen tersebut tapi belum begitu paham memakai kamera profesional? Kamu sanggup berguru dengan guru privat di ruangles loh.

Nah, Smart Buddies, manakah insiden langit yang paling kau tunggu? Bagikan juga pengalamanmu di kolom komentar, bila pernah mengamati fenomena serupa di tahun-tahun sebelumnya ya! (RE)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selain Gerhana Bulan, Ini Insiden Langit 2017 Paling Ditunggu!"

Posting Komentar