Sejarah Dan Fakta Menarik Bahasa Korea Yang Perlu Kau Ketahui!

Smart Buddies penggemar Korea? Demam Korea memang masih sukses merajai sebagian besar anak muda, tidak hanya di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh Asia dan bahkan dunia. Mulai dari musik K-Pop sampai drama Korea berhasil menciptakan budaya Korea semakin populer. Well, untuk para penggemar Korea niscaya kau sudah tidak gila lagi ya dengan bahasa sehari-hari yang dipakai oleh masyarakat Korea, ibarat contohnya kalimat sapaan annyeong haseyo yang sudah sangat erat di pendengaran kita.

 

bahasa korea - Tulisan Korea Tulisan Korea (Sumber: myhubs.org)

 

Bahasa yang dipakai oleh orang Korea mempunyai goresan pena yang disebut dengan Hangeul. Nah ternyata, bahasa Korea mempunyai sejarah yang cukup panjang lho smart buddies. Sebelum Hangeul diciptakan, bangsa Korea memakai bahasa Cina sebagai alat berkomunikasi sehari-hari. Namun, bahasa Cina dirasa sulit struktur hurufnya dan penggunaannya hanya didominasi oleh golongan tertentu, contohnya bangsawan.

Untuk kau para pencinta Korea dan tertarik untuk berguru bahasanya, yuk simak terlebih dahulu ulasan Ruangguru mengenai fakta menarik dari bahasa Korea berikut ini. Check these out!

1. Hangeul Diciptakan oleh Raja Sejong

Hangeul atau goresan pena Korea ternyata diciptakan oleh seorang Raja Korea lho smart buddies. Yap, ia yaitu raja ke empat dari Dinasti Joseon yang berjulukan Raja Agung Sejong. Pada ketika itu, walaupun orang Korea sudah mempunyai bahasa verbal sendiri, mereka masih harus memakai huruf atau sistem tulis Cina. Namun, hanya keluarga kerajaan dan darah biru saja yang mempunyai terusan untuk berguru bahasa rumit tersebut. Sehingga masyarakat di luar golongan tersebut mengalami buta huruf.

 

bahasa korea - Raja Sejong Raja Sejong (Sumber: apessay.com)

 

Raja Sejong percaya bila semakin banyak orang Korea yang bisa baca tulis, maka rakyatnya akan semakin makmur. Akhirnya pada tahun 1443, Raja Sejong menciptakan 24 huruf sederhana (14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal) yang sanggup pribadi dipelajari oleh golongan manapun. Pada masa itu, bahasa gres tersebut disebarkan melalui lagu anak-anak, sehingga gampang untuk dimengerti oleh belum dewasa dan golongan yang tidak berpendidikan.

2. Mempunyai Sistem Honorifik

Salah satu hal penting yang ada dalam bahasa Korea yaitu sistem honorifik. Honorifik yaitu bentuk pernyataan yang lebih sopan dan halus. Ungkapan ini biasanya dipakai untuk memperlihatkan rasa hormat terhadap lawan bicara atau yang sedang dibicarakan. Dalam bahasa Korea, cara berbicara dan cara menyebut seseorang yang lebih bau tanah atau dihormati akan berbeda dengan cara menyebut sobat atau rekan sebaya.

 

bahasa korea - Bahasa Korea mempunyai sistem honorifik Bahasa Korea mempunyai sistem honorifik (Sumber: language.ac.nz)

 

Sistem honorifik dalam bahasa Korea memang cukup rumit. Hal ini sanggup dilihat dari pengunaan kata kerja dan kosakata yang berbeda tergantung dengan orang yang terlibat atau yang diajak berkomunikasi. Ada tiga tingkatan yang paling utama dalam kesopanan berbahasa di Korea. Pertama yang berakhiran “nida”, memperlihatkan rasa hormat yang paling formal dan paling sopan. Kedua yang berakhiran “a/o/yo”, memperlihatkan rasa sopan dengan sedikit formal. Terakhir tipe ketiga yang tidak mempunyai akhiran, sanggup dipakai dalam percakapan santai.

3. Hari Hangeul Diperingati Setiap Tahunnya

Hari Hangeul diperingati secara nasional oleh masyarakat Korea setiap tahunnya. Di Korea Utara, hari Hangeul diperingati pada tanggal 15 Januari, sedangkan di Korea Selatan hari Hangeul diperingati pada tanggal 9 Oktober.

 

bahasa korea - Suasana perayaan Hangeul Day Suasana perayaan Hangeul Day (Sumber: panduanwisata.id)

 

Hunminjeongeum Haeryebon (Buku Panduan Bahasa Korea) ketika ini juga telah mendapat ratifikasi dari UNESCO dalam Memory of the World Register pada Oktober 1997 lantaran sudah menawarkan bantuan besar untuk mengurangi buta huruf di Korea. UNESCO juga menawarkan penghargaan terhadap orang dan organisasi yang membantu menurunkan tingkat buta huruf, yaitu King Sejong Award.

4. Banyak Dialek Daerah

 

bahasa korea - Di Korea terdapat banyak dialek berbeda Di Korea terdapat banyak dialek berbeda (Sumber: koreandramafashion.com)

 

Wilayah-wilayah di Korea Selatan juga mempunyai dialeknya tersendiri yang sangat berbeda dengan bahasa nasional Korea. Bahasa yang dipakai oleh masyarakat di kota Seoul dianggap sebagai bahasa standar Korea. Namun, wilayah lain ibarat Busan, Daegu, Jeju, dan lainnya memakai bahasa dan dialek masing-masing. Mirip ibarat Indonesia ya smart buddies.

5. Ada 2 Sistem Perhitungan

Hal unik lainnya dari bahasa Korea yaitu adanya dua cara sistem perhitungan. Apa perbedaannya? Satu cara dipakai untuk menyebutkan angka dan satu lagi untuk menghitung.

 

bahasa korea - Ada 2 sistem perhitungan di Korea Ada 2 sistem perhitungan di Korea (Sumber: keywordteam.net)

 

Nah, jangan hanya menonton drama Korea atau mendengar musik K-Pop saja Smart Buddies, kau juga bisa lho menambah kemampuan bahasamu dengan belajar bahasa Korea. Apa kau tahu fakta menarik lain mengenai bahasa Korea? Bagikan di kolom komentar ya! (SA/DR)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Dan Fakta Menarik Bahasa Korea Yang Perlu Kau Ketahui!"

Posting Komentar