Persiapkan Hal Berikut Dalam Menghadapi Tahun Pertama Kuliah (Part 1)

Halo teman-teman kelas XII yang gres saja mendapatkan hasil Ujian Nasional! Ruangguru.com mengucapkan selamat atas kelulusannya ya. Bagi yang belum lulus, jangan putus harapan alasannya yaitu kau masih sanggup menjalankan UN perbaikan. Harus tetap semangat!

Sebentar lagi kau akan masuk ke tahap gres lagi yang lebih serius. Tahap ini akan semakin mendekatkan kau meraih cita-citamu. Apakah itu?

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: forbes

Ya, kau akan memasuki dunia perkuliahan. Zaman kuliah akan sangat berbeda dengan zaman sekolah lho. Statusmu berubah, dari siswa, naik pangkat menjadi mahasiswa. Namanya juga ‘maha’, berarti siswa yang paling tinggi levelnya. Jadi, kau harus jadi lebih baik juga dong tentunya. Bagi kau yang masih belum ada bayangan, jangan khawatir! Ruangguru.com kasih tips dan trik bagi kau yang akan mengenyam dingklik kuliah.

 

NO UNIFORM (1)

Saat kuliah, kau akan dibebaskan dari seragam. Kecuali kau masuk ke akademisi yang biasanya mewajibkan untuk pakai seragam ya. Umumnya, kampus akan menunjukkan peraturan mengenai do's and don'ts dalam berpakaian. Tapi ada beberapa hal yang harus kau tahu biar tidak salah kostum a.k.a saltum. Apa saja ya?

 

Signature style

“Besok pakai baju apa ya?”

“Baju ini kayaknya gres digunakan dua hari kemudian deh. Nanti dikira nggak punya baju lagi.”

 

freshman1-polyvore Foto: polyvore

Waktu kuliah, kau akan dihadapkan dengan kegalauan menentukan outfit ke kampus menyerupai di atas. Pakai baju yang nyaman dan bikin pede meningkat akan menciptakan mood kau bagus. Jadi, hal ini juga bekerjsama sanggup bikin kau semangat untuk tiba ke kampus lho. Di fase inilah saatnya kau banyak bereksperimen banyak sekali macam style. Dari banyak sekali gaya yang kau coba, kau akan menemukan style mana yang paling kau rasa nyaman. Sah-sah saja kok bila kau gonta-ganti gaya, tapi jangan hingga berlebihan ya. Ingat, tujuan utamanya kan mau kuliah, bukan untuk berlomba keren-kerenan.

 

Follow the rules

“Aku lebih suka pakai rok mini alasannya yaitu kaki jenjangku jadi semakin terlihat menonjol.”

menghadapi tahun pertama kuliah

Ketika sudah menemukan signature style-mu, bukan berarti kau jadi melanggar peraturan yang berlaku ya. Tujuan utama kau bukan mau fashion show kan? So, tahan diri untuk pakai short skirt/pants, tank top tanpa outer, dan semua pakaian yang terlalu terbuka ya.

 

NO UNIFORM (2)

Saat awal masuk dunia perkuliahan, kamu pasti butuh sobat untuk saling bertukar gosip kan? Bagaimana ya caranya biar cepat sanggup teman?

Orientasi

Beberapa kampus masih memberlakukan ospek menyerupai kumpul di tengah lapangan, dimarahi tidak jelas, dijemur, dikerjain, dan masih banyak lagi. Hal-hal demikian seringkali jadi momok yang menciptakan kau malas dan takut ikut ospek. Eits, tapi jangan eksklusif buru-buru menghindari ospek!

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: southernct.edu

Ospek ini bekerjsama sanggup jadi ajang untuk cari sobat sebanyak-banyaknya. Saat ospek, kau tidak akan merasa sendiri alasannya yaitu banyak sobat yang senasib sepenanggungan. Biasanya bila susah bareng-bareng tidak akan terasa beratnya, bukan? Ini jadi kesempatan besar untuk mengenal pelan-pelan menyerupai apa teman-temanmu tiga atau empat tahun ke depan. Jangan ragu untuk ajak kenalan ya, setidaknya tiga orang saja dulu. Buang jauh deh sifat picky, mulai sapa orang yang posisinya paling bersahabat dengan kamu. Kalau sudah ada teman, kau sanggup saling sharing dan bersama-sama kan?

 

Keluar dari zona nyaman 

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: huffpost.com

Waktu SMA, biasanya kau akan lebih menentukan untuk bergaul dengan peer group-mu. Tapi ketika di dunia perkuliahan, itu tidak (boleh) terjadi lagi. Coba untuk kenalan dan mendekatkan diri dengan orang-orang di luar inner circle kau deh. Mulai dari anak populer, anak yang super pemalu, dan banyak lagi. Dijamin cara pandangmu akan lebih terbuka.

 

Malu bertanya, sesat di jalan

"Dosen XYZ ini karakternya menyerupai apa ya?"

"Cara pilih SKS gimana sih?"

Well, namanya juga anak baru, niscaya dilanda banyak kebingungan. Entah jadwal, buku pengantar apa saja yang dibutuhkan, menghadapi banyak sekali macam dosen, dan sebagainya. Bagaimana caranya ya biar sanggup mendapatkan citra mengenai itu semua? 

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: huffpost.com

Tanyakan pada yang sudah duluan mengalaminya, yaitu senior. Para senior niscaya sudah punya gosip penting dan cara ampuh yang sanggup dibagikan ke freshman sepertimu. Awalnya kau mungkin masih canggung dan tidak tahu bagaimana harus memulai. Tapi jangan segan alasannya yaitu tidak ada salahnya mencoba. Selain sanggup ilmu, kau juga sanggup pinjam buku-buku dari mereka. Ingat, perhatikan attitude-mu ya, bersosialisasilah dengan baik dan tetap sopan.

 

Berani memulai

Kalau waktu Sekolah Menengan Atas kau terbiasa dengan moving class, niscaya sudah tidak kaget dengan sistem ini ketika kuliah. Kamu harus mencar ilmu untuk cepat mengikuti keadaan dengan orang baru. Biasanya, bila ambil satu mata kuliah di kelas yang beda, kau juga akan ketemu orang gres lagi. Beranikan diri untuk kenalan ya, jangan hanya membisu di pojokan lho.

 

Yap, sekian dulu beberapa hal yang sanggup menunjukkan kau sedikit bayangan untuk persiapan di tahun pertama kuliah. Psst, masih ada yang lain lho. Tunggu kelanjutannya besok ya. :)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapkan Hal Berikut Dalam Menghadapi Tahun Pertama Kuliah (Part 1)"

Posting Komentar