Cara Ternak Lovebird Biar Cepat Bertelur Dan Menetas

Lovebird yaitu jenis burung yang memang populer dengan keindahan warna dan juga bentuknya. Kaprikornus banyak orang menyukai burung setia ini.

Beternak lovebird memang cukup menjanjikan untuk menguntungkan. Untuk itu banyak para dari penggemar burung yang mencoba beternak lovebird.

Di ketika anda beternak lovebird pastinya Anda menginginkan lovebird betina menjadi cepat bertelur.

Jika lovebird cepat bertelur, maka akan sanggup menghasilkan lovebird anakan untuk dijadikan koleksi lovebird Anda.

 yang memang populer dengan keindahan warna dan juga bentuknya Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menetas

Dan pastinya juga untuk mendatangkan pundi-pundi uang dari hasil beternak lovebird. Namun, tak sedikit peternak lovebird yang mengalami kesulitan dalam menangkar burung paruh bengkok ini.

Salah satunya yaitu lovebird betina yang tidak kunjung bertelur padahal usianya sudah cukup atau sudah waktunya untuk bertelur.

Lovebird betina simpel sekali dalam bertelur dan juga mengerami telurnya ketika masih hidup di alam liar.

Sampai sanggup menghasilkan beberapa anakan, dan itu akan terjadi terus-menerus sepanjang induk masih produktif.

Mengapa dalam sangkar penangkaran kerap muncul banyak sekali macam persoalan. Mulai burung yang sulit dijodohkan, induk betina yang tidak kunjung bertelur, sampai induk membuang telurnya.

Akan tetapi, burung betina sanggup bertelur walaupun tidak mempunyai pasangan (lovebird jantan).

Sebab, jikalau burung betina sudah mencapai umur remaja kelamin. Maka organ reproduksinya sudah sanggup berfungsi secara normal.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Burung betina yang telah mencapai umur remaja kelamin secara terpola akan memproduksi sel telur (ovum). Lalu diproses sedemikian rupa dalam terusan reproduksinya.

Termasuk di dalam pembungkusan ovum dengan materi kerabang ataupun cangkang yang ada di dalam oviduct.

Serta dikeluarkan melalui kloaka pada bentuk telur menyerupai pada umumnya.

Kalau burung betina dikawini burung jantan, maka sebelum pembungkusan oleh materi kerabang, sel sperma dari burung jantan akan membuahi dulu sel telur / ovum.

Yang kesannya terlihat dari adanya noktah berwarna hijau pada terdapat pada permukaan kuning telur, yang disebut dengan discus germinalis/ bakalan calon embryo.

Akan tetapi, apabila burung betina tidak dikawini oleh burung jantan, telur akan dikeluarkan tanpa mengandung bakal calon embryo.

Yang nantinya tak akan pernah menetas meski dierami induknya atau ditetaskan memakai inkubator. Telur yang tidak terdapat bakal calon embyo menyerupai inilah yang dikatakan sebagai telur infertil atau tidak subur.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara ternak Lovebird semoga cepat bertelur.

Memasang lampu full spektrum dalam sangkar penangkaran

Cara ternak lovebird semoga cepat bertelur harus memakai lampu jenis full spektrum. Sebab penerangan ini mempunyai spektrum yang mendekati spektrum sinar matahari.

Jadi begitu bermanfaat tidak hanya untuk insan saja, melainkan juga mahluk hidup lainnya menyerupai burung dan tumbuhan. Lampu ini juga mempunyai suhu warna 5500 K (Kelvin).

Sehingga menciptakan nyaman secara visual, yang berarti sanggup memberi suasana hening dan sejuk pada burung dalam kandang.
Tempatkan lampu pada pecahan atas sangkar penangkaran.

Lampu penerangan ini juga sanggup digunakan dalam sangkar yang jarang terkena cahaya atau sinar matahari.

Apabila dibiutuhkan, timer sanggup dipasang semoga burung sanggup beristirahat minimal 10 jam dalam kondisi gelap, contohnya pada malam hari.

Untuk pertolongan cahaya pada lovebird, Anda sanggup mengatur kegiatan pencahayaan, jadi burung sanggup berkembangbiak dalam siklus yang normal.

Memasang kotak sarang secara tepat

Cara ternak lovebird semoga cepat bertelur dengan memasang gelodok diubahsuaikan dengan ukuran lovebird.

Jangan memakai gelodok yang terlalu kecil (misalnya untuk parkit) atau gelodok yang terlalu besar (misalnya untuk nuri).

Gelodok yang baik digunakan untuk lovebird harus mempunyai lubang pintu. Dengan mempunyai diameter sesuai dengan ukuran badan burung.

Bagian dalamnya juga tidak terlalu sempit, akan tetapi tidak terlalu luas. Masukkan beberapa serutan kayu higienis ke dalam kotak sarang, dengan ketebalan 2,5 cm.

Pada umumnya Lovebird akan mengatur ulang dalam pembuatan sarangnya, yaitu dengan cara membuang sebagian serutan kayu yang sudah disediakan oleh pemelihara tersebut.

Menempatkan Pasangan Lovebird Lain Dalam Satu Ruangan

Cara ternak lovebird semoga cepat bertelur ini sangatlah baik dilakukan.

Karena bunyi dari betina lovebird lain yang sedang bertelur akan memancing lovebird betina yang belum bertelur untuk segera kawin dan bertelur.

Tempatkan dalam satu ruangan bersama pasangan lainnya yang berbeda kandang.

Mengubah dan mengatur teladan makan

Mengubah teladan makan yaitu salah satu cara ternak lovebird semoga cepat bertelur yang lazim dalam penangkaran lovebird.

Perubahan teladan makan biasanya diatur dengan menyediakan pakan yang sanggup menciptakan birahi burung terdongkrak.

Berikan makanan yang sanggup memicu hormon lovebird betina supaya cepat bertelur. Jenis pakan yang dimaksud antara lain kangkung, tauge, dan biji kuaci.

Memberikan pelengkap untuk burung lovebird

Yang terakhir yaitu pertolongan pelengkap bagi lovebird, tetapi cara ini tidak wajib anda lakukan. Anda boleh memperlihatkan suplemen, dan boleh juga tidak memperlihatkan suplemen.

Sedangkan cara untuk pertolongan pelengkap ini pastinya mamapu meningkatkan birahi lovebird jantan dan juga lovebird betina. Selain meningkatkan birahi, pelengkap sanggup meningkatkan peluang telur sanggup menetas.

Serta untuk menjaga kesehatan anakan lovebird yang gres menetas. Pilihlah pelengkap yang terpercaya yang telah direkomendasi oleh dokter hewan.

Mengganti minum Lovebird

Usahakan anda sanggup setiap hari minuman Lovebird diganti dengan minuman yang baru. Selain itu, anda juga harus membersihkan daerah minum dengan cara digosok dengan memakai sikat gigi.

Kemudian bilas dengan memakai air higienis atau semprot dengan pakai sprayer. Setelah daerah minum dibersihkan, berikanlah minuman Aqua galon atapunu air sumur yang tidak terdapat basi besi ataupun basi lumpur.

Apabila ternyata air sumurnya telah kotor, maka gunakanlah air galon yang isi ulang saja.

Dengan memakai air yang bersih, pastinya burung akan sehat dan tidak terkena penyakit dari air minum yang sudah tercemar.

Penyebab Lovebird sulit bertelur

Lovebird yang sulit bertelur pada umumnya dikarenakan beberapa faktor, antara lain sebagai berikut ini.

Lovebird betina yang dikawinkan termasuk persilangan antara lovebird klep dengan lovebirdnon-klep. Keturunan love bird atau filial pertama hasil dari persilangan ini, yang biasa dikatakan semi-klep.

Pada umumnya telurnya bersifat infertil. Dalam bermacam kasus, Lovebird betina semi-klep juga tidak berhasil menghasilkan telur.

Lovebird merupakan burung monomorfik secual, ataupun penampilan Lovebird jantan serta betina tampak serupa.

Jadi, begitu dimungkinkan burung yang seakan akan berjodoh yaitu sama-sama jenis kelamin jantan. Oleh alasannya yaitu itu, walaupun kita tunggu sampai bertahun-tahun tentunya tidak akan pernah bertelur.

Penangkar tidak punya catatan ihwal umur induk lovebird, terutama induk betina. Apabila tidak mengetahui umurnya, begitu dimungkinkan burung betina yang digunakan belum mencapai umur yang tergolong dewasa.

Jadi memang belum sanggup bertelur. Sebagai pilihan, pilihlah lovebird betina non-klep denagn umur 5 sampai 7 bulan. Atau pilihlah lovebird klep umur 8 sampai 12 bulan, sebagai calon induknya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Lovebird Biar Cepat Bertelur Dan Menetas"

Posting Komentar