Pengertian Benda Tegar Secara Fisika

Sebelum membahas konsep kesetimbangan benda tegar lebih lanjut kita harus tahu apa yang dimaksud dengan benda tegar. Kita telah ketahui akibat yang ditimbulkan kalau sebuah benda dikenai gaya, salah satunya yaitu terjadi perubahan bentuk. Untuk benda tegar kalau dikenai gaya tidak akan terjadi perubahan bentuk. Makara pengertian benda tegar yaitu suatu benda kalau dikenai gaya ataupun momen gaya tidak mengalami perubahan bentuk.

Apakah benda tegar benar-benar ada di dunia ini? Sebenarnya benda tegar hanyalah suatu model idealisasi dan dalam dunia konkret benda menyerupai itu tidak ada. Pada dasarnya semua benda akan mengalami perubahan bentuk apabila dipengaruhi oleh suatu gaya atau momen gaya. Akan tetapi, perubahan yang ditimbulkan jawaban gaya sangatlah kecil, maka pengaruhnya terhadap keseimbangan statis sanggup kita abaikan.

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini !
Sebelum membahas konsep kesetimbangan benda tegar lebih lanjut kita harus tahu apa yang di Pengertian Benda Tegar Secara Fisika

Pada gambar di atas terdapat dua benda, di mana kedua benda tersebut bentuk dan ukurannya sama. Akan tetapi, benda A terbuat dari baja dan benda B terbuat dari tanah liat yang agak lembek. Kira-kira apakah yang akan terjadi kalau benda itu diputar dengan memegang salah satu ujung dari benda tersebut? Tentunya benda A bentuknya relatif tetap (tidak berubah), sedangkan benda B akan mengalami perubahan bentuk. Pada putaran dengan frekuensi tertentu benda B akan meregang dan tidak kembali pada bentuk semula. Jadi, sanggup dinyatakan bahwa benda A yaitu benda tegar dan benda B bukan benda tegar.

Jadi, sanggup disimpulkan bahwa benda tegar merupakan sebuah benda tidak akan mengalami perubahan bentuk kalau dikenai gaya maupun momen gaya. Apa itu momen gaya?

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Benda Tegar Secara Fisika"

Posting Komentar