Pengaruh Penyebaran Islam Di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan

Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan - Era modern bagi dunia islam yakni masa yang dimulai dari tahun 1900 M dampai sekarang. Pada era modern, kondisi dunia islam lebih banyak bersinggungan bahkan dalam tekanan kolonialisme

Ciri yang paling menonjol pada era modern ditandai semenjak munculnya kesadaran nation state yang merupakan bangkitnya masyarakat untuk membentuk negara yang merdeka. Penyebaran Islam di  bidang pendidikan antara lain :

a. Masjid di Era Modern


masjid tetap dipakai sebagai pendidikan ilmu-ilmu agama ibarat pengajian-pengajian, pendidikan Al-Qur’an dan Iain sebagainya. Adanya taman pendidikan AI-Qur’an, kelompok-kelompok pengajian dan majelis ta’lim berpusat di masjid. Metode yang dipakai yakni metode halaqoh. Yaitu kelompok-kelompok kajian yang membahas satu tema tertentu dalam satu waktu.
Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan
sumber : wikipedia.org
b. Pesantren atau Surau

Pesantren di Minangkabau dikenal dengan istilah surau dan di Semanjung Malaka dikenal dengan istilah pondok. Pesantren yakni sekolah islam berasrama yang bertujuan sebagai daerah memperdalam al-Quran dan sunah rasul dengan mempelajari bahasa arab dan kaidahnya.

pelajarnya tinggal dalam asrama yang dipimpin oleh seorang kiai atau ustadz. Sejarah pesantren bermula dari adanya seorang kiai di suatu tempat, Ialu tiba santri yang ingin berguru agama kepadanya. Karena jumlah santri semakin banyak, maka muncul pandangan gres mendirikan asrama untuk menginap para santri. Menurut Pigeaud dan de Graaf, berdasarkan aktivitasnya, pesantren telah ada di Nusantara semenjak kala ke-16 M,  dengan dibuktikan adanya daerah berguru agama di lereng Gunung Karang, Banten.

Adapun berdasarkan mahir sejarah, Marten Van Bruinessen, dengan melihat nama Iembaga, pesantren gres ada di lndonesia semenjak kala ke-18 M, tepatnya tahun 1742 yaitu merujuk pada berdirinya Pesantren Tegalrejo, Ponorogo, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada masa pemerintahan Sunan Pakubuwono lll. 

c. Madrasah

Madrasah yakni sekolah yang mengajarkan pendidikan umum dengan ciri khas Agama lslam. Ada dua jenis madrasah di lndonesia, yakni madrasah yang hanya mengajarkan Pelajaran Agama lslam yang disebut madrasah diniyah dan yang mengajarkan Agama lslam dan pelajaran umum disebut Madrasah.

d. Pendidikan Tinggi Islam

Pada tingkat pendidikan tinggi, dikembangkan pendidikan tinggi lslam. Berdasarkan pengelolaanya, pendidikan tinggi lslam di lndonesia ada dua jenis, yakni pendidikan tinggi yang dikelola pemerintah dan yang dikelola swasta. Pendidikan tinggi Islam negero, ibarat lAlN, UlN, STAIN. Perguruan tinggi lslam swasta, ibarat STAlNU, UMM, UAD, Ull, UMY, UHAMKA dan banyak universltas lslam swasta yang lain.

Selain ke-empat poin mengenai penyebaran islam dalam bidang pendidikan, ternyata pengaruh islam dalam bidang sosial dan budaya akhir dari akulturasi juga tidak sedikit, oleh alasannya yakni itu dengan mengetahui hal ini agar menambah keingin tahuan pembaca sekalian.

Sumber http://jurnalizindo.blogspot.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Penyebaran Islam Di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan"

Posting Komentar