Mengexport (Dumping) Database Mysql Melalui Terminal Di Ubuntu Server


Pada goresan pena kali ini saya akan menciptakan tutorial singkat bagaimana melaksanakan export database yang berada di server MySQL yang saya install di Ubuntu server. 

Server Database MySQL, selain sanggup diakses melalui DBMS/Database Manajemen System menyerupai PHPMyAdmin anda juga sanggup mengaksesnya melalui terminal dengan menjalankan perintah menyerupai yang tampak di bawah ini:

 sudo mysql -u [nama_user] -p

kemudian anda masukkan passwordnya, maka anda akan masuk ke dalam terminal mysql server menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

 
dari gambar di atas, sanggup anda lihat bahwa saya masuk ke dalam terminal MySQL tersebut memakai user root.

Anda juga sanggup menjalankan perintah perintah query menyerupai ketika anda melakukannya di aplikasi DBMS lainnya di terminal MySQL ini. Akan tetapi di sini saya tidak akan membahas bagaimana memakai perintah-perintah dasar MySQL di terminal.

Untuk melaksanakan backup database yang ada di server MySQL, anda sanggup menjalankan perintah menyerupai di bawah melalui terminal:
  mysqldump -u[nama_user] -p[password] --opt nama_database > /lokasi_folder_dumping/nama_database_hasil_dumping.sql
contohnya saja saya mempunyai database dengan nama test, maka saya akan menjalankan perintah di bawah untuk melaksanakan dumping (export) database test:

  mysqldump -uroot -proot  --opt test > /home/user/backup_database.sql

dari perintah di atas akan menghasilkan dumping database dengan nama backup_database.sql yang tersimpan di lokasi folder home/ milik user saya.

Bagaimana, gampang bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)


Beberapa artikel terkait:


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengexport (Dumping) Database Mysql Melalui Terminal Di Ubuntu Server"

Posting Komentar