Menambahkan Konfigurasi Server Dns Di Ubuntu Server/Desktop

Dari goresan pena sebelumnya dengan judul "Konfigurasi alamat default gateway di Ubuntu Server/Desktop" telah dijelaskan bahwa ada tiga parameter yang harus ada untuk sanggup melaksanakan koneksi ke internet. Maka pada goresan pena kali ini aku akan membahas pada paramter ke tiga, yaitu bagaimana menambahkan konfigurasi penggunaan DNS(Domain Name Server) di sistem operasi Ubuntu (desktop/server) pada komputer anda.

Fungsi DNS ini untuk membantu komputer anda dalam melayani penerjemahan URL yang anda tulis di browser menjadi alamat IP tujuan, begitu juga sebaliknya. Mekanisme kinerja DNS ini dijelaskan dalam ilustrasi di bawah:


Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka terminal dan jalankan perintah:

 sudo vim /etc/resolv.conf

2. Kemudian masukkan konfigurasi di bawah:
 nameserver 8.8.8.8  nameserver 8.8.7.7

kemudian simpan.

3. Nameserver yang anda masukkan boleh lebih dari satu buah rujukan, sebab difungsikan sebagai secondary dns apabila anda salah satunya tidak berfungsi atau anda tidak mendapat resolusi dari URL yang anda request.

DNS dengan alamat IP 8.8.8.8 dan 8.8.7.7 ialah DNS terbuka milik Google yang sanggup dipakai oleh siapa saja. Anda tidak harus memakai NS milik google, anda juga sanggup ganti dengan alamat NS milik anda sendiri.

4. Buka lagi terminal anda, kemudian coba anda jalankan perintah:

 nslookup facebook.com

Apabila anda mendapati hasil NS query yang ibarat dengan gambar di bawah:


maka, anda sudah berhasil menambahkan konfigurasi server DNS ke komputer Ubuntu anda. Hanya saja konfigurasi di atas, sifatya temporer, kalau anda ingin mempermanenkan konfigurasi DNS server anda, silakan buka file /etc/network/interface, dengan perintah:

 sudo vim /etc/network/interfaces

kemudian tambahkan konfigurasi:

 dns-nameservers 8.8.8.8  dns-nameservers 8.8.7.7

pada salah satu eth yang anda gunakan, contohnya saja aku memakai eth0, maka konfigurasinya menjadi:

 auto eth0  iface eth0 inet static         address 192.168.200.254         netmask 255.255.255.0         network 192.168.200.0         broadcast 192.168.200.255         gateway 192.168.200.10         dns-nameservers 8.8.8.8         dns-nameservers 8.8.7.7

simpan lalu, coba silakan restart komputer atau service network anda memakai perintah:

 sudo service networking restart

kemudian coba ulangi lagi perintah nslookup di atas, kalau balasannya sama ibarat sebelumnya, berarti anda telah berhasil menciptakan permanen konfigurasi DNS di komputer anda. Praktis bukan? Terima kasih telah berkunjung dan biar membantu :)

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menambahkan Konfigurasi Server Dns Di Ubuntu Server/Desktop"

Posting Komentar