Inilah Perasaan Guru Ketika Melihat Siswa Sukses

Smart buddies, di antara kalian apakah ada yang masih ingat dengan guru-guru semasa SD atau SMP? Apa yang kalian ingat dari mereka? Mungkin ada yang masih ingat dengan terang betapa galaknya salah satu guru, soal ulangan yang sulit, dan lain-lain. Sekarang kalian sudah beranjak bakir balig cukup akal dan tentunya banyak yang sudah mencapai kesuksesan. Kira-kira bagaimana ya perasaan guru kalian dikala melihat para siswa sukses di kehidupan masing-masing? Yuk, simak!

Di mata para guru, akseptor didiknya tidak perlu menjadi sangat pandai atau sangat kaya untuk bisa dikatakan sebagai orang sukses. Bagi mereka, siswa yang sukses yaitu siswa yang sanggup memberi manfaat bagi banyak orang. Baik itu keluarganya, lingkungan sekitarnya, masyarakat secara luas, bangsa, dan agama. Selain itu, siswa juga dinilai sukses apabila bisa menginspirasi dan menunjukkan imbas yang nyata kepada orang lain. Berikut ini yaitu hal-hal yang dirasakan oleh para guru dikala mengetahui bahwa siswanya telah sukses.

“Saya merasa senaaang sekali.”

siswa sukses - guru senang dikelilingi siswa Guru merasa senang. (Sumber: rd.com) 

Guru yang baik selalu menyempatkan diri untuk mendoakan para siswanya. Mereka berdoa semoga siswanya menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Oleh alasannya yaitu itu, ketika siswa-siswanya mencapai suatu kesuksesan, mereka akan merasa amat senang. Kebahagiaan yang dirasakan oleh para guru kalian bisa melebihi apa yang kalian rasakan, lho.

“Saya sangat bangga.”

siswa sukses - guru besar hati pada siswa Guru besar hati akan prestasi siswa. (Sumber: allenandsandi.com) 

Sama halnya dengan kedua orang tua, guru-guru juga merasa besar hati dikala mendengar info baik mengenai siswanya. Mereka besar hati lantaran siswa yang dulu diajarnya sekarang menjadi orang sukses. Meskipun bekal ilmu dan pendidikan dari guru kalian tidaklah banyak, tetapi mereka berharap semoga yang sedikit tersebut bisa bermanfaat bagi siswanya.

“Saya merasa bersyukur.”

siswa sukses - seseorang merasa bahagia Guru merasa bersyukur. (Sumber: lifeh4ck.org) 

Rasa syukur yang dialami oleh para guru tidak hanya disebabkan oleh kesuksesan siswa mereka itu sendiri. Mereka juga bersyukur lantaran Tuhan telah menjawab doa yang dipanjatkan untuk para siswanya. Selain itu, mereka juga bersyukur apabila ada sedikit ilmu dari mereka yang terus menerus diamalkan oleh siswa sehingga menjadi sukses. Ilmu tersebut tentunya para guru harapkan semoga menjadi pahala kebaikan untuk mereka.

“Saya suka narsis menceritakan ke orang-orang.”

siswa sukses - seseorang bercerita pada koleganya Guru bercerita pada koleganya. (Sumber: beyondcareersuccess.com) 

Ketika mengetahui siswanya mempunyai prestasi yang membanggakan, para guru sering menjadi narsis, lho. Saking excited-nya dengan kesuksesan para siswa, guru-guru jadi ingin menceritakan hal tersebut ke semua orang. Mereka bercerita pada siswa mereka dikala ini, teman-teman, orang renta siswa, bahkan kepada audiens di pertemuan penting. Wah, kau bisa jadi terkenal, smart buddies. Hal ini merupakan bentuk kebahagiaan dan rasa besar hati mereka.

“Saya rindu, jadi suka kepo media umum mereka.”

siswa sukses - seseorang melihat Facebook Guru melihat akun Facebook siswanya. (Sumber: republicbuzz.com) 

Saat mendengar nama akseptor didiknya, seorang guru akan merasa rindu pada mereka, lho. Meskipun mungkin dulunya siswa tersebut bandel dan sulit diatur. Oleh alasannya yaitu itu, para guru sering melihat media umum milik para siswanya. Kalau ada kesempatan, mereka juga akan berusaha berkomunikasi dengan akseptor didiknya meski untuk sekadar menyapa dan menanyakan kabar. Bagi mereka, melihat segala acara terbaru dari siswanya merupakan suatu hal yang menarik dan menyenangkan.

Kesuksesan seorang siswa yaitu sebuah kesuksesan juga untuk para gurunya. Guru-guru sangat senang bisa menjadi penggalan kecil dari sejarah perjalan hidup para siswanya. Bagi mereka, mendampingi siswa menemukan dan membuatkan potensi siswa sampai sukses merupakan pencapaian yang tidak ternilai.

Smart buddies, ada istilah mantan pacar dan mantan bos, tapi tidak ada istilah mantan guru. Hal yang pernah mereka latih akan terus menempel pada kehidupan kalian. Oleh alasannya yaitu itu, sempatkan waktu untuk berterima kasih pada guru-gurumu ya. Mumpung di bulan November nanti ada peringatan Hari Guru, ini jadi momen yang sempurna untuk berterima kasih. Jangan lupa share artikel ini dan berikan pendapatmu di kolom komentar ya! (AZN/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Perasaan Guru Ketika Melihat Siswa Sukses"

Posting Komentar