Fungsi Column, Cara Memakai Fungsi Column Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel Fungsi COLUMN, Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel
Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel - Dalam pebahasan kali ini masih berkaitan dengan fungsi yang berada dalam kelompok Pencarian dan Referensi.

Dalam kelompok ini telah dibahas juga beberapa fungsi yang lain menyerupai OFFSET, MATCH, ROW dan lainnya.

Fungsi yang telah dipelajari dan paling berkaitan dengan Fungsi COLUMN ialah fungsi ROW, silahkan pelajari dalam artikel berikut ini :




Dalam artikel tersebut dijelaskan ihwal argumen, syntax dan juga pola pengggunaan fungsi ROW.




Dalam artikel ini aku akan menjelaskan ihwal cara memakai fungsi COLUMN yang terdiri dari syntax, argumen dan juga pola penggunaan fungsi ini dalam Excel.

Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Excel


Fungsi utama dari COLUMN ialah mengembalikan nilai kolom dalam sheet Excel menurut referebsi tertentu.

Jadi fungsi ini akan menghasilkan angka yang menerangkan nilai atau angka poisis kolom tersbut dalam sheet Excel.

Fungsi ini sanggup juga untuk mencari angka kolom tertentu dengan posisi yang berbeda dengan kolom rumus yang dituliskan.

Untuk memakai fungsi ini mari kita bahas terlebih dahulu ihwal syntax dan juga argumennya.



Syntax Dasar Fungsi COLUMN




Dalam fungsi COLUMN hanya terdapat terdapat satu argumen saja yaitu reference, argumen ini bersifat opsional sehingga boleh untuk dikosongkan.

Jika reference dikosongkan maka nilai kolom yang dicari ialah cell atau kawasan fungsi tersebut dituliskan.



Syntax Fungsi COLUMN :

=COLUMN([reference])


reference : cell atau rentang tertentu yang akan dicari angkanya atau nilai kolom tersebut.

Mohon dicatat bahwa fungsi ini akan mengembalikan nilai angka dari kolom tersebut bukan mengambil isi dari kolom tersebut.

Jadi mohon dipahami alasannya ialah mengambil isi dari kolom dan mengambil nilai kolom tersebut tentu sangat berbeda.



Contoh Penggunaan Fungsi COLUMN Dalam Excel




Untuk pola penggunaanya dalam Excel silahkan perhatikan gambar dan uraian dibawah ini :


Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel Fungsi COLUMN, Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel


Dalam gambar tersebut pada kolom A dimasukan rumus untuk mencari nilai kolom pada sheet tersebut.

Contoh pertama masukan rumus dibawah ini kedalam cell A3 :

=COLUMN()

Hasilnya ialah 1 alasannya ialah yang dhitung ialah cell A3, nilai kolom A3 ialah 1 alasannya ialah memang A merupakan kolom pertama dalam Excel.

Contoh ke-2 masukan rumus berikut ini kedalam cell A4 :

=COLUMN(D2)

Hasilnya ialah 4 alasannya ialah pada sheet tersebut kolom D merupakan kolom yang memiliki posisi ke-4.

Contoh 3 masukan rumus berikut ini kedalam cell A5 :

=COLUMN(B1)

Hasilnya ialah dua alasannya ialah B merupakan kolom ke-dua dalam sheet tersebut.

Jadi menyerupai yang aku sampaikan diatas bahwa fungsi ini akan mengembalikan nilai sebuah kolom menurut referensinya.

Itulah penjelasa ihwal cara memakai fungsi COLUMN dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

    

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Column, Cara Memakai Fungsi Column Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar