Rumus VLOOKUP Excel - VLOOKUP merupakan salah satu rumus yang banyak dipakai dalam pengolahan data excel.
Sedikit berbeda dengan fungsi IF dimana VLOOKUP berfungsi untuk mencari dan mengambil data dai suatu tabel yang merupakan referensi baik di sheet yang sama maupun berbeda.
VLOOKUP merupakan abreviasi dari vertical lookup yang mengandung arti mencari data secara vertical.
Pada prinsipnya VLOOKUP hampir sama dengan Fungsi IF dimana rumus ini mewajibkan adanya referensi/kondisi sebagai syarat untuk pengambilan data.
Jika kita mengolah data hanya dengan 2 syarat atau kondisi dapat saja diselesaikan dengan fungsi IF tapi bagaimana jikalau syarat atau kondisi tersebut lebih dari 2, 3 atau bahkan 10 atau lebih ?.
Secara penerapan pola berapapun kondisinya fungsi IF masih dapat dijalankan tapi coba anda bayangkan berapa panjang rumus IF yang dipakai ?.
Untuk hal ini gunakan rumus VLOOKUP untuk mempermudah dan juga memperpendek rumus tersebut.
Dalam artikel ini aku akan menjelaskan perihal cara memakai rumus VLOOKUP dalam Excel.
Jika ingin memakai rumus ini maka pelajari terlebih dahulu syntax dan juga argumennya.
Sedikit berbeda dengan fungsi IF dimana VLOOKUP berfungsi untuk mencari dan mengambil data dai suatu tabel yang merupakan referensi baik di sheet yang sama maupun berbeda.
VLOOKUP merupakan abreviasi dari vertical lookup yang mengandung arti mencari data secara vertical.
Pada prinsipnya VLOOKUP hampir sama dengan Fungsi IF dimana rumus ini mewajibkan adanya referensi/kondisi sebagai syarat untuk pengambilan data.
Jika kita mengolah data hanya dengan 2 syarat atau kondisi dapat saja diselesaikan dengan fungsi IF tapi bagaimana jikalau syarat atau kondisi tersebut lebih dari 2, 3 atau bahkan 10 atau lebih ?.
Secara penerapan pola berapapun kondisinya fungsi IF masih dapat dijalankan tapi coba anda bayangkan berapa panjang rumus IF yang dipakai ?.
Untuk hal ini gunakan rumus VLOOKUP untuk mempermudah dan juga memperpendek rumus tersebut.
Dalam artikel ini aku akan menjelaskan perihal cara memakai rumus VLOOKUP dalam Excel.
Cara memakai rumus VLOOKUP dalam Microsoft Excel
Jika ingin memakai rumus ini maka pelajari terlebih dahulu syntax dan juga argumennya.
Sintaks Dasar Rumus Excel VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
lookup_value : Nilai yang akan dicari pada kolom pertama tabel
table_array : tabel sumber referensi yang akan diambil datanya pada kolom pertama sebagai acuan.
col_index_num : nomor kolom pada tabel yang akan dicari datanya
range_lookup : Pilihan untuk memilih nilai yang persisi atau mendekati
TRUE ( 1 ) untuk nilai yang mendekati
FALSE ( 2 ) untuk nilai yang sama persis
Jika dikosongkan atau ( 0 ) maka otomatis dianggap sebagai TRUE
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
- Garis nomor 1 warna merah merupakan lookup_value
- Garis nomor 2 warna biru merupakan table_array
- Garis nomor 3 warna kuning merupakan range_lookup
Dari gambar diatas jikalau diubah ke bahasa yang lebih sederhana makan rumus lookup menjad sebagai berikut :
- lookup_value merupakan isyarat atau angka atau apapun yang akan dipakai sebagai data dasar yang dibutuhkan.
- table_array merupakan tabel sumber data yang memuat keseluruhan data yang diperlukan dan mempunya data dasar yang dibutukan dan dijadikan sebagai lookup_value.
- range_lookup merupakan kolom yang akan diambil datanya menurut isyarat yang diinput dari lookp_value.
Ada catatan penting yang harus diperhatikan bahwa dari dua tabel diatas mengharuskan muncul data yang sama yang dapat dijadikan sebagai sumber contoh untuk lookup_value
Contoh Rumus Excel VLOOKUP
Saya mempunyai tabel karyawan, anggap kita membutuhkan isu mengenai detail data karyawan dengan cara menginputkan ID Karyawan.
Dari tabel tersebut yang diberikan rumus yakni baris nama ( G7 ) dan Divisi ( G8) dan baris ID Karyawan ( G6 ) sebagai lookup_value alasannya yakni di tabel data karyawan tersedia juga kolom ID Karyawan.
Analisa untuk rumus VLOOKUP :
- lookup_value : G6
- table_array : B4:D13 --> diawali dari kolom ID KRY (B4) dan diakhiri/sampai dengan Divisi (D13)
- range_lookup : 2 --> kolom yang akan diambil yakni kolom Nama
Hasilnya di Excel sebagai berikut :
Ada dua yang diberikan rumus yaitu :
Nama ---> =VLOOKUP($G$6;$B$4:$D$13;2:0)
Divisi ---> =VLOOKUP($G$6;$B$4:$D$13;3:0)
Tips untuk Lock tabel jikalau akan mengcopy rumus Vlookup kebawah atau kesamping pada tabel yaitu dengan menekan tombol F4 dan akan muncul tanda $.
Coba perhatikan rumusnya apa bedanya G6 dengan $G$6 ? kalo misalkan kita copy rumus dari nama ke divisi tanpa tanda $ makan G6 akan berkembang menjadi G7, tetapi dengan diberikan tanda $ dengan ketik eksklusif ataupun dengan menekan tombol F4 makan G6 akan tetap menjadi G6 tidak berkembang menjadi G7.
Untuk mempercepat copy rumus silahkan tekan F4 dan tinggal kita ganti kolom yang diperlukan apakah 1, 2 atau 3 dst.
Selamat mencar ilmu dan supaya artikel ini bermanfaat untuk Anda.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Penggunaan Dan Fungsi Rumus Excel Vlookup"
Posting Komentar