√ Faktanya, ‘Mabar’ Pubg Dan Fortnite Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja

 Main PUBG dan Fornite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja √ Faktanya, ‘Mabar’ PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja
Faktanya, Main PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Teknologi.id – Meskipun bermain game cenderung identik dengan sisi negatifnya, namun ternyata memainkan game ber-genre “battle royale” semacam Fortnite dan PlayerUnknown’s Battlegrounds ( PUBG) sanggup tingkatkan produktivitas kerja, lho.


Merujuk studi terbaru dari Brigham Young University (BYU), game yang dimainkan secara kolaboratif itu ternyata sanggup meningkatkan kolaborasi tim dan produktivitas di kantor. Secara spesifik, BYU berani menyebut bahwa bermain Fortnite, PUBG, atau Halo 4 selama 45 menit saja sanggup meningkatkan produktivitas sampai 20 persen.


“Melihat hal ini, utamanya untuk banyaknya waktu yang orang-orang habiskan untuk bermain, kami sedikit terkejut,” kata perwakilan tim peneliti, Greg Anderson menyerupai dikutip dari The Inquirer.


“Banyak perusahaan yang selama ini menghabiskan ribuan dollar AS untuk menggelar team-building. Saya berpikir, beli saja (konsol game) Xbox,” dia menambahkan.


Baca juga: ‘Survival Game’ Dirilis, Game Pesaing PUBG dan Fortnite Buatan Xiaomi


Studi BYU memakai metode eksperimen, di mana 352 orang yang tak saling kenal satu sama lain dibagi menjadi 80 tim. Setiap tim diuji dalam beberapa aktivitas, sebelum dan sehabis berpartisipasi sebagai subyek eksperimen.


Salah satu aktivitasnya dinamakan “Findamine”, di mana akseptor harus memecahkan beberapa teka-teki berbasis teks untuk menemukan sasaran tertentu.


Setelah ronde pertama usai, para anggota tim secara acak diminta menentukan satu dari tiga aktivitas. Masing-masing acara itu ialah bermain video game dengan teman setim, mengerjakan kiprah rumah sendiri-sendiri (quiet homework), serta diskusi yang berorientasi hasil (goal-training discussion).


Selanjutnya, mereka diberikan tantangan Findamine ronde kedua. Kekohesifan kelompok pada tim goal-training memang lebih tinggi, tetapi performa tim video game meningkat signifikan dari skor 435 menjadi 520.


“Bermain game dengan tim kerja jadi alternatif yang optimal untuk membangun kolaborasi tim,” kata peneliti lainnya, Mark Keith.


Baca juga: Mode Zombie Belum Rilis, Ada Zombie Nyasar di Map Erangel PUBG Mobile


Perlu dicatat, bermain game semacam Fortnite dan PUBG untuk menambah produktivitas dalam perkara ini secara spesifik merujuk ke permainan bersama rekan kerja.


Artinya, jikalau kau bermain Fortnite dan PUBG bersama orang luar bukan rekan kerja, mungkin studi ini menjadi tidak valid.


Intinya, acara bermain game kolaboratif sejatinya sanggup berdampak positif untuk mencairkan suasana dan membangun komunikasi antar rekan kerja. Dengan begitu, produktivitas dan hasil kerja pun sanggup meningkat.


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Faktanya, ‘Mabar’ Pubg Dan Fortnite Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja"

Posting Komentar