Empat Cara Buat Meyakinkan Mama Dan Papa Wacana Pilihanmu

Maa, Kakak pengen masuk jurusan Fashion Design boleh yaa? Di kampus ini anggun banget, Maa….

Duh, kak, masuk FK aja dong. Kakak kan IPA sekolahnya, masa jadi ke fashion blalala….

Tapi Kakak udah sreg sama jurusan ini, Ma, Kakak suka desain pakaian

Hanya suka doang, nanti Kakak bosan di tengah jalan blalalala….

Huft!

 

Meyakinkan orang renta untuk percaya dan memperbolehkan kita menjalankan apa yang menjadi pilihan kita memang gampang-gampang susah ya. Tidak jarang juga, hal ini sanggup hingga menciptakan ada pertengkaran kecil di keluarga kita.

Mulai dari meyakinkan Papa jikalau kita tidak akan berbuat yang aneh-aneh di program study tour sekolah hingga pilihan pacar juga wajib didiskusikan dengan Mama dan Papa. :p

Pilihan yang lebih sulit juga mulai tiba ketika kita mulai dihadapkan dengan mau masuk sekolah apa, ketika penjurusan, hingga menentukan universitas nantinya. Pasti pernah dengar kan dongeng anak yang menerima tekanan untuk masuk jurusan tertentu sesuai harapan orang tuanya?

Well, menuruti harapan orang renta memang baik adanya, namun jikalau kau merasa tidak akan menyukai hal tersebut, sangat boleh untuk kau memberi alasan yang masuk nalar kepada orang tua.

Makanya, baca dulu nih 4 cara praktis meyakinkan Mama dan Papa akan pilihanmu. Apa saja ya? Check ‘em out!

 

1. Berikan alasan yang logis

Beri Alasan Logis Pastikan alasan kau masuk akal

Pada dasarnya, argumen antara orang renta dan anak terjadi ketika hal yang berdasarkan Mama dan Papa yakni yang terbaik, justru dianggap tidak sesuai dengan harapan sang anak. Contoh yang paling sering terjadi biasanya ihwal pemilihan daerah sekolah atau jurusan kuliah nanti.

Satu hal yang pasti, orangtua kalian mengasihi kalian sehingga berikan argumen yang masuk nalar dan logis.

Mengapa kalian ingin sekolah desain?

Jelaskan minat kalian, prospek dari jurusan yang kalian pilih di masa depan nanti dan keunggulan sekolah yang akan kalian pilih. Bukan alasannya contohnya hanya sekedar ikutan sahabat saja.

 

2. Selalu bertutur sopan

Sopan Tetaplah bersikap sopan dengan orang tua

Walaupun menurutmu mungkin alasan ibu melarangmu nonton konser tidak masuk akal, tetap ingat ibu yakni orang renta kita yang selayaknya dihargai dan dihormati sehingga jangan melaksanakan tindakan yang kurang sopan ya.

Menaikkan volume suara, membanting pintu, atau bahkan teriak ke orangtua wajib dihindari.

 

3. Persiapkan jawabanmu

Nah, kau sebaiknya memikirkan satu skenario dulu nih di kepalamu dan bayangkan alasan-alasan apa saja yang mungkin akan dikeluarkan orangtua untuk menolak keinginanmu. Makanya persiapkan jawabanmu dengan baik dan sampaikan secara simpel dan kalem.

 

4. Argue when needed

Argumen
Berargumen dengan bijak

Kalau masih sanggup dibicarakan dengan baik atau sanggup kau “selipkan” ketika mengobrol santai dengan Mama dan Papa, maka berargumentasi dengan orang renta dilakukan untuk duduk kasus yang lebih urgent saja yaa!

 

Mengenali harapan dan passion diri sendiri memang wajib kau gali dari sekarang. Tapi, mendengarkan masukan dari orang renta kita juga tidak ada salahnya lho teman-teman! Because life is full of choices dan kita harus selalu sanggup bertanggung jawab dengan pilihan kita sendiri! :D

Cheers! :)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Cara Buat Meyakinkan Mama Dan Papa Wacana Pilihanmu"

Posting Komentar