Sebelum Anda mencoba untuk memahami beberapa pola soal di bawah ini. Sebaiknya Anda mempelajari cara menyajikan data ke dalam bentuk diagram Venn, alasannya konsep tersebut merupakan konsep dasar untuk memahami beberapa soal dibawah ini.
Contoh Soal 1
Di antara 100 siswa, 32 orang suka PKn, 20 orang suka IPS, 45 orang suka IPA, 15 orang suka PKn dan IPA, 7 orang suka PKn dan IPS, 10 orang suka IPS dan IPA, 30 orang tidak suka satu pun di antara ketiga mata pelajaran tersebut. a) Hitung banyaknya siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut; b) Hitung banyaknya siswa yang hanya suka satu dari ketiga matsa pelajaran tersebut; dan c) Gambarkan dengan Diagram Venn !
Penyelesaian:
Misalkan yang mengikuti ketiga mata pelajaran tersebut ialah x maka yang suka:
PKn dan IPA saja = 15-x
IPA dan IPS saja = 10-x
PKn dan IPS saja = 7-x
PKn saja = 32 –(15-x)-(7-x)-x = 10+x
IPA saja = 45 –(15-x)-(10-x)-x = 20+x
IPS saja = 20 –(10-x)-(7-x)-x = 3+x
a) Unuk mencari jumlah siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut, dengan mencari nilai x, caranya sebagai berikut:
100 – 30 = (3+x)+(20+x)+(10+x)+(7-x )+(10-x)+(15-x) + (x)
70 = 65 + x
x = 5
Jadi jumlah siswa yang suka ketiga mata pelajaran tersebut ialah 5 orang.
b) Unuk mencari jumlah siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran tersebut, caranya sebagai berikut:
PKn saja = 10+x = 10 + 5 = 15
IPA saja = 20+x = 20 + 5 = 25
IPS saja = 3+x = 3 + 5 = 8
Jumlah semua siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran = 15 + 25 + 8 = 48
Jadi, jumlah siswa yang hanya suka satu dari ketiga mata pelajaran tersebut ialah 48 orang.
Contoh Soal 2
Di antara sekelompok siswa 100 orang, ternyata 41 orang suka matematika, 52 orang fisika, 37 orang suka kimia, 16 orang suka matematika dan fisika, 15 orang suka matematika dan kimia, 14 orang suka fisika dan kimia, dan 5 orang tidak suka ketiga pelajaran tersebut. a) Gambarlah diagram Venn untuk mengatakan keadaan di atas. b) berapa siswa yang suka ketiganya? c) berapa siswa yang suka matematika atau fisika? d) berapa siswa yang suka hanya satu dari ketiga mata pelajaran tersebut.
Penyelesaian:
Misalkan yang suka ketiga mata pelajaran tersebut ialah x maka yang suka:
matematika dan fisika saja = 16-x
matematika dan kimia saja = 15-x
fisika dan kimia saja = 14-x
matematika saja = 41 –(16-x)-(15-x)-x = 10+x
fisika saja = 52 –(16-x)-(14-x)-x = 22+x
kimia saja = 37 –(15-x)-(14-x)-x = 8+x
Unuk mencari nilai x caranya sebagai berikut:
100 – 5 = (10+x)+(22+x)+(8+x)+(16-x )+(14-x)+(15-x) + (x)
95 = 85 + x
x = 10
a) Untuk menggambarkan ke dalam diagram venn, masukan nilai x, maka:
matematika dan fisika saja = 16-x = 16-10 = 6
matematika dan kimia saja = 15-x =15 – 10 = 5
fisika dan kimia saja = 14-x = 14-10 = 4
matematika saja = 10+x = 10 + 10 = 20
fisika saja = 22+x = 22 + 10 = 32
kimia saja = 8+x = 8 + 10 = 18
dengan memasukan semua unsur-unsur tersebut ke dalam diagram venn, maka gambarnya menyerupai gambar di bawah ini.
b) siswa yang suka ketiganya ada 10 orang
c) siswa yang suka matematika atau fisika (merupakan campuran antara himpunan matematika dan fisika) ada 77 orang
d) siswa yang suka hanya satu dari ketiga mata pelajaran tersebut ada 70 orang
Demikian postingan Mafia Online wacana pola soal dan cara menjawab himpunan atau diagram venn. Jika ada problem terkait pembahaasan di atas silahkan ditanyakan di kolom komentar. Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam perhitungan, penyajian maupun kata-kata dalam postingan ini. Artikel menarik lainnya silahkan baca cara cepat menjawab soal himpunan.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Diagram Venn (Himpunan)"
Posting Komentar