Cara Mengobati Penyakit Snot Lovebird Secara Kimia Dan Alami

Burungnya.comPenyakit Lovebird sanggup tiba kapan saja. Anda harus waspada dengan penyakit snot pada burung Lovebird lantaran terlihat sepele tapi mematikan. Sebagian mungkin menganggap snot menyerupai penyakit mata, tapi faktanya ini penyakit yang disebabkan oleh basil dan virus.

Apabila Lovebird yang terkena snot tidak segera diatasi, maka nyawanya sanggup melayang dalam hitungan hari. Penyakit snot Lovebird sudah sering menjadikan simpulan hidup massal. Sehingga perlu penanganan khusus untuk mengatasi snot pada burung Lovebird.

Baca juga: 15 Jamu Lovebird Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Bagaimana cara mengetahui Lovebird terkena penyakit snot? Terdapat beberapa ciri-ciri fisik yang memperlihatkan Lovebird terkena snot. Dari ciri tersebut, Anda sanggup memastikan Lovebird Anda terkena snot atau tidak.

 Sebagian mungkin menganggap snot menyerupai penyakit mata Cara Mengobati Penyakit Snot Lovebird secara Kimia dan Alami
Ciri Lovebird Terkena Penyakit Snot (swarakicauburung.blogspot.com)

Ciri Lovebird Terkena Penyakit Snot

  • Mata Lovebird terlihat kemerahan.
  • Terjadi pembekakan pada area mata.
  • Muncul selaput yang menutupi mata.
  • Mata burung Lovebird membesar seperti mau keluar.
  • Rongga hidung Lovebird mengeluarkan lendir kental yang lengket dan berbau.
  • Lovebird terlihat bersin dan gerakkan kepalanya untuk mengeluarkan cairan di hidung.
  • Mata Lovebird mengeluarkan infeksi yang berbau busuk.
  • Suara Lovebird menjadi ngorok.
  • Nafsu makan dan minum Lovebird menurun.
  • Pernapasan Lovebird cepat.
  • Lovebird terkena diare.
  • Bagian mata Lovebird lembap atau berair.
  • Lovebird selalu memejamkan mata.
  • Burung Lovebird kurang bergairah.
  • Bulu Lovebird menggembung.
  • Muncul belek putih di potongan kornea mata Lovebird.
  • Di potongan mata Lovebird menyerupai tumbuh daging kecil.
  • Lovebird sering tidur atau menutup matanya.

Cara Mengatasi Lovebird Snot

Jika Lovebird sudah terlihat akan terkena penyakit snot, maka Anda harus segera memperlihatkan penanganan pertama. Apa yang harus dilakukan apabila Lovebird terkena snot?

 Sebagian mungkin menganggap snot menyerupai penyakit mata Cara Mengobati Penyakit Snot Lovebird secara Kimia dan Alami
Cara Mengatasi Penyakit Snot pada Burung Lovebird (suksesperawatan.blogspot.com)

Pertama, Lovebird segera dipisah di sangkar kapsul atau full kerodong. Pembukaan kerodong hanya pagi hari saja, dikala Lovebird akan dijemur. Durasi penjemuran cukup 30 menit saja dan Lovebird tidak perlu dimandikan.

Kandang harus selalu dibersihkan dan disemprot desinfektan untuk mematikan virus dan bakteri. Kalau burung Lovebird sudah ada yang mati, maka harus pribadi dikubur biar virusnya tidak menyebar.

Obat Penyakit Snot pada Burung Lovebird (Kimia)

Untuk pengobatan penyakit snot pada Lovebird, Anda sanggup memakai obat, menyerupai Anti Snot dan Biojana. Beberapa kicau mania yang sudah mencobanya, Lovebird yang awalnya terkena snot pribadi sembuh 100 persen.

Pemberian obat Anti Snot cukup 2 tetes pribadi pada samping paruh Lovebird setiap pagi, siang, dan sore.

Sementara, derma obat Biojana sebanyak 6 tetes pada paruh dan 2 tetes pada mata setiap pagi, siang, dan sore.

Kalau sanggup derma obat-obat dilakukan selama 5 hari berturut-turut. Apabila dalam waktu 3-4 hari sudah sembuh, maka pengobatan tetap dilanjutkan hingga 5 hari.

Obat lain untuk mengatasi penyakit snot burung Lovebird yaitu Sulfadimetoksin, Sulfametasin, Sulfatiasol, Streptomisin, Sulfamerasin, Eritromisin, dan Vibravet dengan takaran 4 gram obat dicampur 1 liter air minum Lovebird. Untuk obat-obat ini harus diracik oleh dokter binatang biar tidak salah dosisnya.

Obat Alami untuk Penyakit Snot Lovebird

1. Pengobatan Penyakit Snot dengan Bunga Kitolod

Pernah mendengar manfaat bunga kitolod? Ternyata bunga ini sanggup dipakai untuk menyembuhkan penyakit snot Lovebird, katarak, hingga infeksi mata Lovebird.

Pemberian bunga kitolod untuk menyembuhkan snot harus berhati-hati lantaran kalau hingga terkena getahnya malah berbahaya. Jadi, yang diambil cuma bunga kitolod saja.

Caranya, bunga kitolod dicuci higienis kemudian diperas dan diteteskan pada mata Lovebird. Efeknya mungkin terasa pedih dan mata Lovebird akan mengeluarkan air mata yang banyak.

Daripada mengambil risiko yang cukup besar, kami sarankan Anda membeli ekstrak obat kitolod atau obat tetes mata burung yang terbuat dari bunga kitolod. Saat ini sudah banyak yang menjual obat tersebut, baik di kios burung atau toko online, menyerupai Tokopedia, BukaLapak, hingga Shopee.

2. Pengobatan Penyakit Snot dengan Daun Sirih Merah

Tahukah Anda, daun sirih merah mengandung materi antiseptik untuk membunuh basil kuman penyakit, termasuk snot pada Lovebird.

Cara pengobatan dengan daun sirih merah, cukup diambil 7 lembar daun sirih merah, kemudian diremas-remas, dan dicampur pada 1 liter air. Selanjutnya air tersebut dipakai untuk mandi Lovebird.

Alternatif cara lainnya, daun sirih merah sanggup dijadikan obat tetes mata Lovebird. Caranya, ambil 3 lembar daun sirih merah yang sudah bersih, kemudian diremas hingga halus. Air remasan yang licin diteteskan ke mata Lovebird sebanyak 3 kali sehari.

Penyakit Snot Burung Lovebird

Sebenarnya apa itu penyakit snot pada burung Lovebird? Apakah snot merupakan penyakit mata? Ternyata snot merupakan penyakit yang disebabkan oleh basil Hemophilus gallinarum. Penyakit snot sendiri ditemukan pertama kali oleh Beach pada tahun 1920. Di dalam dunia kedokteran, snot sering disebut Infectious Coryza.

Penyakit snot sering menyebar di animo penghujan atau dikala cuaca sedang masbodoh dan lembab. Penyebaran penyakit snot melalui burung, ayam, atau unggas lainnya, udara, peralatan kandang, makanan, serta minuman yang terkontaminasi basil Hemophilus gallinarum.

Demikian klarifikasi wacana penyakit snot pada burung Lovebird dan cara mengatasinya. Anda sanggup menentukan pengobatan secara kimia atau alami. Kalau mau lebih aman, Anda sanggup membeli obat dari kios burung lantaran sudah terjamin takaran atau dosisnya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Lovebird Jarang Ngekek Kaprikornus Rajin Ngekek Panjang

Kalau mau memperlihatkan obat alami snot, takutnya Anda salah dalam derma dan salah takaran. Jadi, bukannya membaik, kondisi burung Lovebird malah tambah parah dan berujung pada kematian.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • jenis snot pada lovebird
  • mata lovebird tumbuh daging
  • snot lovebird
  • Penyakit seno love bird
  • mengobati penyakit bekas snot
  • Burung merpati keluar infeksi dari matanyah
  • mata lb lengket
  • Lb snot mandi subuh
  • daging keluar pada mata lovebird
  • yang harus dilakukan bila burung snot

Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Snot Lovebird Secara Kimia Dan Alami"

Posting Komentar