4 Harapan Waktu Kecil Dan Jalur Akademiknya

 

Foto: twitter.com Foto: twitter.com

“Susan, susan, susan, kalo gede mau jadi apa?”

Ada yang ingat dengan cuplikan lagu di atas? :D

Sewaktu kecil dulu, niscaya kita sering sekali ditanyakan ingin jadi apa dikala sudah besar nanti. Ada yang ingin jadi dokter, pilot, guru, arsitek, maupun yang lainnya. Ketika sudah semakin erat dengan proses mengejar cita-cita, apakah teman-teman sudah tahu dan membayangkan jalur akademik yang dilewati? Kalau belum, simak dulu info berikut!

1. Dokter

Cita-citaku Ingin Kaprikornus Dokter Foto: pexels.com

Untuk menjadi dokter, proses yang dilalui cukup panjang. Pertama-tama, mahasiswa kedokteran menempuh masa preklinik di kampus selama 4-5 tahun untuk meraih gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Setelah itu dilanjutkan ke tahap klinik atau Koas selama sekitar 2 tahun dan berhadapan pribadi dengan pasien di rumah sakit. Jika berhasil melalui seluruh tahap ini, gelar dokter umum berhasil digenggam. Eits, masih ada tahap lainnya, lho!

Para dokter umum wajib mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) untuk mendapat Surat Izin Praktik (SIP). Kemudian, terdapat kegiatan internsip untuk menerapkan ilmu ke masyarakat di banyak sekali kawasan di Indonesia selama 6 bulan sampai 3 tahun. Jika masih ingin melanjutkan ke kegiatan spesialis, luangkan waktu sekitar 4-7 tahun dan 2-4 tahun untuk melanjutkan ke kegiatan superspesialis.

Panjang sekali ya, tahapannya. Persiapkan diri matang-matang ya, wahai teman-teman yang ingin menjadi dokter! :)

2. Pilot

Cita-citaku Ingin Kaprikornus Pilot Foto: pexels.com

Kamu bisa menjadi pilot dengan bergabung di sekolah pilot baik milik pemerintah maupun milik swasta selama kurang lebih 18 bulan sampai 2 tahun lamanya. Tingkatan pada pendidikan pilot tergantung pada lisensi yang dimiliki menurut jumlah jam terbang. Lisensi tersebut antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Airline Transport Pilot License (ATPL).

Dibutuhkan syarat 60 jam terbang untuk mendapat PPL, yaitu izin untuk menerbangkan pesawat bermesin tunggal tak berpenumpang. Sementara itu, semoga sanggup menerbangkan pesawat bermesin tunggal berpenumpang dengan CPL diharapkan syarat 200 jam terbang. Nah, bagi kau yang ingin menjadi pilot maskapai penerbangan dengan penumpang maupun kargo, bersiaplah sebab syarat mempunyai ATPL yaitu 1.500 jam terbang.

Durasi pendidikan pilot mungkin relatif cepat. Namun, persiapkan kemampuan finansial juga, ya, sebab dana yang diharapkan pun relatif besar dibandingkan pendidikan profesi lainnya. :)

3. Guru

Cita-citaku Ingin jadi Guru Sumber: www.studenthandouts.com

Jika ingin menjadi guru sekolah, khususnya sekolah negeri, jalur yang harus dihadapi juga cukup panjang nih. Tak hanya harus mempunyai gelar S1, calon guru harus mengikuti kegiatan Sarjana Mendidik di kawasan Terdepan, Terluar, dan Terpencil (SM3T) selama 1 tahun. Setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu tahun dan diasramakan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) selama 1 tahun.

Apabila kau merasa proses ini sulit tetapi masih ingin mengejar keinginan sebagai guru, kau juga bisa mendaftar untuk mengajar di sekolah swasta atau menjadi guru les privat! Tujuan mulia kau pun tetap tercapai, kan? :)

4. Arsitek

Cita-citaku Ingin Kaprikornus Arsitek Foto: pexels.com

Untuk teman-teman yang sewaktu kecil suka menggambar atau bermain lego, bisa jadi bercita-cita ingin jadi arsitek, nih. Di Indonesia, kau harus menempuh pendidikan S1 Arsitektur selama 4-5 tahun dan dilanjutkan dengan mengikuti Pendidikan Profesi Arsitektur selama 1-2 tahun untuk mendapat gelar Ar. Setelah itu, kau bisa mendaftarkan diri menjadi anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila tidak ingin menjadi praktisi, kau bisa mengambil kegiatan Magister Arsitektur dan mendalami cabang arsitektur sesuai minatmu.

Selain 4 profesi di atas, masih banyak lagi profesi lainnya yang mempunyai jalur akademik dan keprofesiannya masing-masing. Semoga sesudah membaca ini, teman-teman bisa lebih gampang dalam memilih jurusan kuliah pilihan demi masa depan, ya.

Semangat! :)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Harapan Waktu Kecil Dan Jalur Akademiknya"

Posting Komentar