22 Makanan Lovebird Ternak Supaya Cepat Bertelur

Burungnya.com – Agar Lovebird cepat bertelur dan produktif, Lovebird ternak harus diberi kuliner yang bergizi. Makanan Lovebird ternak bisa dipilihkan dari alam yang kandungannya sanggup mengakibatkan Lovebird cepat birahi dan produktif atau cepat bertelur.

Biasanya kuliner untuk Lovebird ternak meliputi, biji-bijian, sayur, tunas daun, buah, jagung, dan tumbuhan lainnya. Untuk menciptakan Lovebird produktif, bisa juga diberi kuliner tambahan, menyerupai asupan gizi dari vitamin dan suplemen.

Namun, kembali lagi pada kuliner utama Lovebird di alam, yakni biji-bijian, tumbuhan hijau, dan buah-buahan.

Baca juga: 33 Makanan Burung Lovebird Biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang

Oleh lantaran itu, kali ini kami akan memfokuskan pada kuliner Lovebird ternak yang alami biar tidak mempunyai pengaruh samping yang membahayakan kesehatan Lovebird, menyerupai yang disadur dari lovebirdindonesia.com (7/10/2018).

 Lovebird ternak harus diberi kuliner yang bergizi 22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur
Lovebird Indukan biar ternak berhasil (saatchigallery.com)

Makanan Lovebird Ternak

1. Gabah

Biji padi atau gabah merupakan beras yang belum dikupas kulitnya. Gabah sangat anggun untuk variasi kuliner Lovebird lantaran gabah menyediakan nutrisi tidak terdapat pada biji-bijian lain.

2. Milet Putih

Milet putih sudah usang dijadikan kuliner ternak hampir semua burung peliharaan, termasuk Lovebird.

Tahukah Anda, milet merupakan tumbuhan pangan yang sudah dibudidayakan selama 3.000 tahun. Selain itu, milet merupakan sejenis rumput yang tahan banyak sekali cuaca, menyerupai halnya kekeringan.

Milet sangat baik untuk Lovebird lantaran mengandung gizi dan zat-zat lain yang diharapkan burung Lovebird.

3. Milet Merah

Ternyata tidak hanya milet putih, lantaran burung juga suka dengan milet merah. Kandungan gizi di dalam milet merah kurang lebih sama dengan milet putih. Perbedaannya hanya terletak pada warna saja.

4. Canary Seed

Banyak yang tidak tahu, bahwasanya canary seed masuk dalam kategori rumput-rumputan. Sebab, di negara barat tumbuhan canary seed disebut juga canary grass.

5. Biji Oat atau Haver

Hampir sama dengan yang lain, biji oat merupakan kuliner Lovebird yang kaya nutrisi. Bahkan, oatmeal juga dikonsumsi insan khususnya bagi para penderita Diabetes. Salah satu produk biji oat yang baik untuk kesehatan ialah quaker oatmeal.

6. Hemp Seed atau Biji Fumayin

Kalau di Indonesia, jarang orang yang tahu wacana hemp seed lantaran banyak yang menyebutnya biji fumayin atau biji rami. Tanaman ini masih satu keluarga dengan g4nj4. Sehingga, peredaran fumayin di Indonesia mulai dibatasi.

Meski begitu, biji fumayin sangat bergizi lantaran kaya lemak sehat, protein dan banyak sekali mineral. Manfaat utama biji fumayin untuk Lovebird yaitu sanggup menurunkan tekanan darah, sehingga burung Lovebird lebih hening dan tidak stres.

7. Wheat Seeds atau Biji Gandum

Kalau di Indonesia, banyak masyarakat sudah terbiasa makan nasi atau beras. Namun, di negara barat justru mengonsumsi gandum dalam bentuk roti atau sereal.

Nah, lantaran penyebaran tumbuhan gandum sangat luas, maka banyak spesies burung yang mengonsumsi biji gandum.

Jenis biji gandum terbagi menjadi lima di antaranya, gandum merah, gandum putirh, gandum hitam, gandum biru, dan gandum kuning.

8. Linseed atau Biji Flax

Untuk biji flax atau linseed biasanya dikonsumsi dalam bentuk kuliner ringan manis linseed atau linseed oil. Biji linseed sendiri berwarna cokelat kemerahan dan emas. Dari sudut pandang nutrisi tidak ada perbedaan antara keduanya.

Biji linseed mempunyai banyak kandungan lemak omega 3. Tahukah Anda, lemak omega 3 termasuk lemak penting yang hanya didapatkan dari makanan. Fungsi biji linseed untuk insan yakni menjaga kadar kolesterol normal.

 Lovebird ternak harus diberi kuliner yang bergizi 22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur
Makanan Lovebird Ternak (agasscom.org)

9. Buah untuk Lovebird Ternak

Agar Lovebird ternak tidak kegemukan, Anda bisa menunjukkan diet alami berupa pakan buah-buahan. Ada banyak jenis buah yang disukai Lovebird di antaranya sebagai berikut:

  • Apel
  • Pisang
  • Pir
  • Stroberi
  • Pepaya
  • Anggur
  • Kiwi
  • Ara
  • Mangga
  • Melon
  • Semangka

11. Tomat

Ternyata tomat mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa penting lain, menyerupai likopen, beta-karoten, naringenin, dan asam glorogenik. Untuk pinjaman tomat sebagai pakan tambahan Lovebird ternak jarang sekali dilakukan lantaran tomat gampang busuk.

12. Jagung muda

Untuk burung Lovebird yang sedang dalam masa meloloh anakan, Anda bisa menunjukkan Jagung muda. Semua peternak beranggapan tekstur jagung muda lembut dan gampang dicerna.

 Lovebird ternak harus diberi kuliner yang bergizi 22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur
Makanan Jagung Manis untuk Lovebird (pets4homes.co.uk)

Enzim yang diproduksi indukan Lovebird juga berperan untuk memudahkan anakan Lovebird mencerna makanan. Sayangnya, harga jagung muda tidak mengecewakan mahal dan cepet sekali mengundang semut.

13. Wortel

Nama ilmiah wortel yaitu Daucus carota yang mempunyai kandungan Beta Karoten, Serat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K, dan Kalium. Sehingga wortel sanggup menunjukkan banyak manfaat kesehatan bagi burung Lovebird ternak.

14. Bayam

Daun bayam ialah sumber kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, serat, dan juga betakaroten. Diketahui terdapat dua jenis bayam yakni bayam merah dan bayam hijau yang keduanya bisa dijadikan makanan Lovebird premium.

 Lovebird ternak harus diberi kuliner yang bergizi 22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur
Manfaat Bayam untuk Burung Lovebird Kusumo (youtube.com)

Bayam mempunyai kandungan zat besi tinggi untuk mencegah anemia. Selain itu, bayam juga bisa menghambat enzim angiotensin converting untuk menurunkan tekanan darah. Zeaxanthin dan lutein pada bayam baik untuk menjaga kesehatan mata Lovebird.

15. Kecambah

Kadar protein dalam kecambah lebih tinggi 19 persen ketimbang kandungan protein pada biji kacang hijau. Hal ini lantaran selama proses berkecambah, terjadi hidrolisis protein yang mengakibatkan kadar asam amino dalam kecambah naik.

Oh iya, kecambah sendiri sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan burung Lovebird. Ini lantaran kecambah mempunyai kandungan vitamin E alfa untuk meningkatkan kesuburan Lovebird ternak.

16. Brokoli

Banyak yang belum tahu, bahwa Brokoli ialah sayuran penambah tenaga, pencernaan, sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan pencegahan penyakit Lovebird ternak.

Selain itu, brokoli termasuk sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, rendah kalori dan tinggi akan serat, vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A. Sehingga sayur brokoli tidak menciptakan burung Lovebird gemuk.

17. Selada air

Lovebird butuh asupan serat yang bisa didapat dari selada air.
Kandungan selada air ialah nitrat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan over birahi.

18. Kangkung

Sayur kangkung mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Dalam 56 gram kangkung, sanggup memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Di samping itu, sayuran kangkung juga mengandung banyak sekali mineral, menyerupai magnesium, kalium, kalsium, zat besi, serta zat fosfor.

Kalau untuk kuliner Lovebird, kangkung tidak akan menciptakan badan Lovebird gemuk.

19. Pasir Grit

Ternyata pasir grit sangat bermanfaat untuk pencernaan Lovebird. Pasir grit sendiri merupakan butiran mineral pasir yang terbuat dari granit atau kuarsa dan tidak bisa larut di dalam pencernaan Lovebird.

Saat Lovebird makan pasir grit, maka pasir tersebut akan dikeluarkan melalui pencernaan dalam keadaan utuh. Nah, lantaran dikeluarkan dalam bentuk utuh, pasir grit sanggup memperlancar pencernaan Lovebird ternak.

20. Bata Merah

Tidak hanya untuk membangun rumah, kerikil merah ternyata bermanfaat untuk mengasah paruh Lovebird ternak. Ya, di sangkar ternak, manfaat kerikil bata merah untuk mengasah paruh burung Lovebird.

Alasan Lovebird mengasah paruh dengan kerikil bata merah lantaran paruh burung terus tumbuh. Kalau paruhnya terlalu panjang, tentu akan menyulitkan dalam banyak sekali hal.

Sama menyerupai kuku Anda yang harus selalu dipotong. Jika tidak dipotong, maka kuku akan sangat panjang dan merepotkan untuk melaksanakan segala sesuatu. Selain itu, kuku panjang sanggup menjadi sarang basil dan penyakit.

Oh iya, terkadang bata merah juga dimakan, layaknya sedang memakan pasir grid. Tujuannya sama, yaitu untuk memperlancar pencernaan Lovebird.

21. Egg Food atau Telur

Sumber protein yang paling banyak bisa didapat dari telur atau egg food. Selain protein, egg food mengandung vitamin A, vitamin B2, fosfor, selenium, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan zinc.

Baca juga: Cara Membuat Pakan Burung dari Cangkang Telur

Mengapa Lovebird yang sedang diternak harus mengonsumsi telur? Ternyata alasannya untuk memaksimalkan fertilitas telur yang diproduksi oleh indukan Lovebird betina.

Telur juga mengandung kolin untuk meningkatkan kemampuan badan dalam menyerap asam folat. Nah, asam folat sendiri sangat diharapkan indukan Lovebird ternak untuk memastikan telur hasil produk merupakan telur fertil dan tidak mengalami kecacatan.

22. Kalsium

Burung Lovebird ternak membutuhkan mineral berupa kalsium untuk membantu perkembangan pada anakan Lovebird. Soalnya, tulang dan kerangka burung membutuhkan asupan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya.

Kalau tidak diberi kalsium, tulang Lovebird menjadi lemah dan rapuh. Oleh lantaran itu, beberapa anakan Lovebird lumpuh semenjak lahir atau cacat lantaran tidak diberi asupan kalsium yang cukup.

Manfaat kalsium dalam badan Lovebird memang kompleks. Kaprikornus fungsi kalsium tidak hanya untuk memperkuat tulang. Sebab, kalsium juga mempunyai kegunaan untuk transmisi impuls saraf, pembekuan darah, kontraksi otot, dan menggantikan kalsium yang diserap oleh cangkang telur.

Tahukah Anda, apabila kalsium dalam darah tidak cukup untuk pembentukan cangkang telur Lovebird, maka badan akan mengambil persediaan kalsium dari tulang. Hal ini menciptakan tulang Lovebird lebih lemah.

Baca juga: Inilah Menu Makanan dan Suplemen Lovebird Terbaik biar Ngekek Panjang

Demikian beberapa kuliner Lovebird ternak biar cepat bertelur dan cepat birahi. Makanan-makanan ini juga bisa menciptakan telur Lovebird fertil dan mengurangi adanya telur yang infertil atau kopong.

Pada masa-masa reproduksi menyerupai ini Lovebird memang harus diberi asupan kuliner yang bergizi, baik dari kuliner sehari-hari atau pakan tambahan berupa vitamin dan suplemen.

Tidak ada salahnya menciptakan mengeluarkan sejumlah uang untuk menciptakan Lovebird ternak cepat bertelur dan sehat. Kalau asal memberi pakan, Lovebird juga bisa bertelur tapi tidak ada isinya. Hal ini sama juga bohong dan justru merugikan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • pakan lovebird ternak
  • pakan ternak lovebird
  • Pakan tambahan untuk indukn lovebirx
  • makanan love bird biar cepat bertelur
  • pakan untuk lovebird ternak
  • makanan lovebird bertelur
  • makanan lovevird ternak
  • vitamin untuk burung lovebird ternak
  • Makanan buat lovebird ternak
  • makanan lovebird ternak

Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Makanan Lovebird Ternak Supaya Cepat Bertelur"

Posting Komentar