Rumus AVERAGE Dalam Excel - Rumus AVERAGE ada atau tergabung kedalam kelompok Fungsi Statistik.
Dalam Fungsi Statistik telah kita bahas rumus lainnya menyerupai COUNT, COUNTIF, COUNTA dan lainnya.
Fungsi AVERAGE dalam Excel sanggup dipakai untuk mencari nilai rata - rata dari sebuah range atau deret angka.
Dalam AVERAGE ini nilai yang dihitung dalam range hanya yang terdiri dari angka saja sehingga jikalau ada teks atau simbol maka cell tersebut akan diabaikan.
Jadi range yang akan dihitung yakni range yang berisi angka saja termasuk angka 0 akan tetap dihitung.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan membahas ihwal cara mencari nilai rata - rata dalam Excel dengan rumus AVERAGE.
Mencari nilai rata - rata dalam sebuah pengolahan data pasi sering dilakukan sehingga rumus ini akan banyak digunakan.
Seperti yang disebutkan diatas bahwa AVERAGE ini hanya dipakai jikalau kita akan menghitung rata - rata dari sebuah range yang berisi angka.
Jika kita ingin menghitung angka dan juga teks atau kebijaksanaan tertentu dalam sebuah range maka yang dipakai yakni rumus AVERAGEA.
Jadi silahkan sesuaikan pemilihan rumus dengan range yang akan kita olah dalam Excel tersebut.
Kesalahan menentukan rumus atau fungsi akan menimbulkan kesalahan dalam hasil yang didapatkan.
Pola yang dipakai dalam penghitungan AVERAGE ini sama dengan pola penghitungan nilai rata - rata secara umum.
Mencari nilai rata - rata caranya yakni menambahkan seluruh angka lalu membaginya dengan jumlah dari aemua angka yang ditambahkan tersebut.
Fungsi AVERAGE dalam Excel mempunyai satu argumen yang bersifat wajib dan lainnya bersifat optional.
Adapun syntax dasar dari Fungsi AVERAGE ini yakni sebagai berikut :
=AVERAGE(number1;number2;...)
Jadi, intinya fungsi AVERAGE ini hanya mempunyai satu argumen yang bersifat wajib yaitu number1.
Setelah mengetahui syntax dasar dan juga argumen yang dipakai dalam fungsi AVERAGE selanjutnya kita akan lihat misalnya dalam Excel.
Perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut terlihat bahwa nilai rata - rata dari range B3 hingga dengan B9 yakni 19,43.
Rumus yang dipakai untuk menghitng rata - rata dalam cell E6 yakni sebagai berikut :
=AVERAGE(B3:B9)
Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa rumus atau fungsi ini sangat gampang dalam penggunaanya.
Itulah pembahasan kita kali ini ihwal cara mencari nilai rata - rata dalam Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE Dalam Microsoft Excel
Mencari nilai rata - rata dalam sebuah pengolahan data pasi sering dilakukan sehingga rumus ini akan banyak digunakan.
Seperti yang disebutkan diatas bahwa AVERAGE ini hanya dipakai jikalau kita akan menghitung rata - rata dari sebuah range yang berisi angka.
Jika kita ingin menghitung angka dan juga teks atau kebijaksanaan tertentu dalam sebuah range maka yang dipakai yakni rumus AVERAGEA.
Jadi silahkan sesuaikan pemilihan rumus dengan range yang akan kita olah dalam Excel tersebut.
Kesalahan menentukan rumus atau fungsi akan menimbulkan kesalahan dalam hasil yang didapatkan.
Pola yang dipakai dalam penghitungan AVERAGE ini sama dengan pola penghitungan nilai rata - rata secara umum.
Mencari nilai rata - rata caranya yakni menambahkan seluruh angka lalu membaginya dengan jumlah dari aemua angka yang ditambahkan tersebut.
Syntax Dasar dan Argumen Fungsi AVERAGE
Fungsi AVERAGE dalam Excel mempunyai satu argumen yang bersifat wajib dan lainnya bersifat optional.
Adapun syntax dasar dari Fungsi AVERAGE ini yakni sebagai berikut :
=AVERAGE(number1;number2;...)
- number1 : angka arat rentang cell pertama yang akan dihitung nilai rata - ratanya.
- number1;... : angka atau rentang kedua, ketiga dan seterusnya, ini bersifat optional atau boleh untuk dikosongkan.
Jadi, intinya fungsi AVERAGE ini hanya mempunyai satu argumen yang bersifat wajib yaitu number1.
Contoh Mencari Nilai Rata - Rata Dalam Excel Dengan Rumus AVERAGE
Setelah mengetahui syntax dasar dan juga argumen yang dipakai dalam fungsi AVERAGE selanjutnya kita akan lihat misalnya dalam Excel.
Perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut terlihat bahwa nilai rata - rata dari range B3 hingga dengan B9 yakni 19,43.
Rumus yang dipakai untuk menghitng rata - rata dalam cell E6 yakni sebagai berikut :
=AVERAGE(B3:B9)
Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa rumus atau fungsi ini sangat gampang dalam penggunaanya.
Itulah pembahasan kita kali ini ihwal cara mencari nilai rata - rata dalam Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Cara Memakai Fungsi Average Dalam Excel Untuk Mencari Nilai Rata - Rata"
Posting Komentar