Cara Memakai Fungsi Count Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi COUNT Dalam Microsoft Excel - COUNT merupakan fungsi yang tergabung kedalam kelompok Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel.

Fungsi ini menyerupai dengan COUNTIF dan juga COUNTIFS yang sama - sama tergabung dalam kelompok Fungsi Statistik.

Fungsi utama dari COUNT ialah menghitung jumlah cell yang berisi angka dengan rentang yang telah ditentukan.

Sedangkan Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS ialah menghitung jumlah cell yang berisi angka dengan embel-embel adanya kriteria atau syarat tertentu untuk penghitungan tersebut.




Perbedaan COUNTIF dan COUNTIFS ialah syarat atau kondisi yang bersifat tunggal untuk COUNTIF dan sebaliknya untuk COUNTIFS sanggup lebih dari satu kondisi.

COUNT dipakai untuk mendapat jumlah cell atau jumlah entri pada rentang atau gugusan angka tertentu.

Misalnya kita akan menghitung cell dari mulai A1 hingga dengan A7 sehingga kita akan mendapat gosip berapa entri dari cell tersebut.




Dalam artikel ini saya akan membahas perihal cara memakai fungsi COUNT dalam Microsoft Excel yang mencakup argumen, syntax dan juga pola penggunaannya dalam Excel.

Untuk pembahasan perihal COUNTIF dan COUNTIFS telah saya lakukan pada artikel yang lain, silahkan untuk dipelajari.


Cara Menggunakan Fungsi COUNT



Argumen yang dihitung dalam Fungsi COUNT ialah argumen yang berupa angka, tanggal, atau rujukan dari angka.

Untuk cell yang kosong tidak dihitung atau diabaikan oleh fungsi ini sehingga yang dilakukan penghitungan hanya cell yang ada isinya saja.



Syntax Dasar Fungsi COUNT



Dalam fungsi ini terdapat dua arguumen yaitu value1 dan value2. Untuk value1 bersifat wajib untuk diisi sedangkan value2 bersifat bersifat optional sehingga boleh untuk diisi atau dikosongkan.


Syntax Fungsi COUNT

=COUNT(value1;[value2]...)


> value1 : merupakan item, rujukan cell yang akan dihitung jumlah cellnya. Argumen ini tidak bersifat optional sehingga dilarang dikosongkan.

> value2 : merupakan rujukan atau item embel-embel atau rentang yang akan dihitung. Ini bersifat optional sehingga boleh diisi dan boleh juga dikosongkan.

Ada beberapa catatan penting dalam penggunaan fungsi ini, yaitu :

  • Argumen yang dihitung ialah angka, tanggal atau teks.
  • Argumen yang berupa kesalahan sebagai hasil dari fungsi lain tidak dihitung.
  • Cell kosong tidak akan dihitung atau diabaikan.
  • Jika ingin menghitung dengan kriteria tertentu maka gunakan fungsi COUNTIF atau COUNTIFS.


Contoh Penggunaan Fungsi COUNT


Setelah menjelaskan fungsi, syntax dan juga argumen dari fungsi ini selanjutnya mari kita lihat pola penggunaannya dalam Microsoft Excel.

Perhatikan gambar dibawah ini :


Pada pola diatas terlihat gugusan angkan dimulai dari B2 hingga dengan B7. Tugas kita ialah menghitung berapa jumlah cell yang terisi angka dengan fungsi COUNT.

Untuk menghitungnya gunakan rumus dibawah ini atau perhatikan kolom D8 :


Rumus pada kolom C8 untuk menghitung cell B2 hingga dengan B7 :

=COUNT(B2:B7)


Hasil dari rumus tersebut ialah 5, terlihat memang menyerupai 6 tetapi cell B5 kosong sehingga diabaikan atau tidak dihitung.

Mohon untuk diperhatikan, bahwa fungsi COUNT berbeda dengan fungsi SUM. Fungsi Count akan menghitung jumlah cell pada range tersebut.

Sedangkan fungsi SUM akan menjumlahkan angka yang terdapat pada range tersebut. Ini tentu sangat berbeda hasilnya.

Untuk Fungsi SUM telah saya jelaskan pada artikel yang lain, silahkan untuk dipelajari.




Itulah klarifikasi perihal cara memakai fungsu COUNT dalam Microsoft Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Jika berkanan share atau bagikanlah artikel ini kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi yang berkaitan dengan fungsi COUNT.

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Count Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar