Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Prioritaskan 7 Hal Berikut!

“Bingung banget menentukan jurusan apa ya kuliah nanti?”

Memilih jurusan yang sempurna itu ibarat apa ya, Squad? Sering sekali pertanyaan ini muncul dari siswa-siswi Sekolah Menengan Atas yang ingin melanjutkan kuliah. Memang tidak gampang sih, terkadang ada yang sudah punya niat besar lengan berkuasa untuk masuk suatu jurusan. Tapi ternyata, sesudah masuk malah menyesal alasannya yaitu merasa salah pilih jurusan. Nah, solusinya kau harus tahu prioritas apa saja untuk menentukan jurusan. Yuk, simak artikel berikut ya, RG Squad!

1. Passion

Memilih Jurusan - Apa passion kamu? Apa passion kamu? (Sumber: kabbage.com)

Hal penting dalam menentukan jurusan, sanggup diukur dari keinginan kau sendiri. Kamu niscaya mengetahui apa yang kau sukai dan minati disekolah. Hal tersebut sanggup kau gunakan sebagai kunci awal untuk tahu ke arah mana minat kamu. Misalnya, pelajaran favorit kau apa? Kamu suka sekali dengan pelajaran IPA dan suka hitungan, kau bisa lebih mengarah ke jurusan Kedokteran, Sains, Pertanian, Biokimia, Biologi, Matematika dan lain-lain. Kamu lebih suka menghafal dan pelajaran sosial, bisa menentukan jurusan Komunikasi, Sosiologi, Kriminologi, dan sebagainya. Dengan mengetahui itu, kau sudah sedikit menjawab kegalauan ihwal jurusan yang kau inginkan. Jangan hingga kau menentukan jurusan yang ternyata nggak kamu banget!

2. Motivasi Diri

Memilih Jurusan - Motivasi Motivasi. (Sumber: elearningindustry.com)

Perhatikan motivasi diri kau dalam menentukan jurusan. Motivasi sanggup diartikan bahwa kau mengetahui tujuan utama sesudah kau masuk jurusan itu. Tanpa adanya motivasi yang jelas, kau tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kau juga. Jadi, usahakan kau punya motivasi diri mengapa menentukan jurusan itu.

3. Potensi

Tidak menyadari potensi diri sendiri bisa menciptakan kau kehilangan cara dalam menentukan jurusan. Tidak jarang para siswa itu tidak mengetahui kemampuan terpendamnya. Padahal, kemampuan tersebut sanggup menjadi prioritas menentukan jurusan yang tepat. Gali potensi diri kau sebisa mungkin ya, Squad! Potensi lebih mengarah ke seni, kau bisa menentukan jurusan sastra, desain, dan sebagainya.

4. Kepribadian

Setiap anak mempunyai kepribadian yang bebeda-beda. Apa sih kaitan kepribadian dengan prioritas menentukan jurusan? Ternyata ada kaitannya lho! Dengan mengetahui kepribadian diri kau sendiri, menentukan jurusan akan lebih mudah. Menurut John Holland, kepribadian sanggup dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Enam kepribadian tersebut bisa kau cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kau pilih, sesuai atau tidak. Jika kau yaitu orang yang terorganisir, mungkin kau bisa menentukan jurusan ibarat Manajemen.

5. Konsultasi Berdasarkan Pengalaman

Memilih Jurusan - Konsultasi Konsultasi. (Sumber: breakthroughconsultation.com)

 Ungkapkan kebingungan kau dengan mencoba konsultasi dengan guru bimbingan konseling, orang tua, dan abang kelas. Kamu sanggup bertanya ihwal pengalaman mereka menentukan suatu jurusan hingga dengan prospek pekerjaan sesudah lulus. Bertanya eksklusif secara real akan memudahkan kamu. Menyesuaikan antara fakta pengalaman yang terjadi dengan kemampuan yang kau miliki. Malu bertanya sesat di jalan lho smart buddies hehe..

6. Peluang Masa Depan

Peluang atau tujuan masa depan kau sesudah kuliah juga sanggup dijadikan prioritas menentukan jurusan. Peluang masa depan bisa disebut dengan cita-cita. Mungkin pada masa kecil yang paling menjawab pertanyaan apa impian kamu? Jawabannya yaitu dokter, pilot, dan sebagainya. Tetapi tidak semudah itu ketika kau beranjak dewasa. Solusinya bisa dengan mencari jurusan yang peluangnya menjanjikan. Nah, jurusan IT ketika ini bisa jadi peluang yang menjanjikan lho. Banyak sekali dibangun perusahaan gres berbasis teknologi. Karena itu kau wajib mengetahui jurusan yang sesuai dengan impian kau ke depan. Mantapkan hati kau untuk menyeimbangkan kemampuan dan peluang masa depan ya!

7. Biaya

Memilih Jurusan - Biaya kuliah Biaya kuliah. (Sumber: globaleye.sg)

Dari semua hal di atas, jangan lupa untuk memprioritaskan duduk perkara biaya juga. Bila kemampuan biaya yang orang bau tanah kau miliki tidak sebanding dengan jurusan yang kau inginkan. Maka, perkuliahan kau bisa menjadi hambatan nantinya. Meskipun kau sanggup mencari beasiswa, tetapi tidak semua anak bisa mendapat beasiswa dengan mudah. Oleh alasannya yaitu itu semaksimal mungkin sesuaikan keinginan kau dengan biaya orang bau tanah juga ya.

Ingat, asal-asal menentukan jurusan malah akan menciptakan kenyamanan berkuliah hilang. Pikirkan secara matang dan ikuti kata hatimu. Nah, sesudah membaca artikel ini, kira-kira sudah ada yang tahu akan menentukan jurusan apa? Jangan lupa untuk share di kolom komentar ya, RG Squad!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Prioritaskan 7 Hal Berikut!"

Posting Komentar