Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen - Persaingan Sempurna, Monopolistik, Oligopoli dan Monopoli
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com
1. Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan tepat terjadi saat jumlah produsen sangat aneka macam dengan memproduksi produk yang sejenis dan menyerupai dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya yaitu menyerupai beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan tepat :
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang dijual sejenis, serupa dan menyerupai satu sama lain
- Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
- Harga ditentukan prosedur pasar undangan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi tawar konsumen kuat
- Sulit memperoleh laba di atas rata-rata
- Sensitif terhadap perubahan harga
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
2. Pasar Monopolistik
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya yaitu menyerupai camilan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistik :
- Untuk unggul dibutuhkan keunggulan bersaing yang berbeda
- Mirip dengan pasar persaingan sempurna
- Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
- Produsen atau penjual hanya mempunyai sedikit kekuatan merubah harga
- Relatif gampang keluar masuk pasar
3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli yaitu suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli yaitu industri semen di Indonesia, industri kendaraan beroda empat di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :
- Harga produk yang dijual relatif sama
- Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
- Sulit masuk ke pasar sebab butuh sumber daya yang besar
- Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
4. Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi kalau di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya menyerupai microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
- Hanya terdapat satu penjual atau produsen
- Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
- Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
- Sangat sulit untuk masuk ke pasar sebab peraturan undangundang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
- Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
- Tidak butuh seni administrasi dan promosi untuk sukses
- Monopsoni yaitu kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan.
- Monopoli yaitu sesuatu yang dihentikan di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli.

Gambar. Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Pengertian Enterprise Resource Planning (Erp) Berdasarkan Para Ahli Pengertian Enterprise Resource Planning (ERP) - Enterprise Resource Planning (ERP) berdasarkan O’Brien, J. A., & Marakas, G. … Read More...
Pengertian Aktiva Tetap Berdasarkan Para Ahli Pengertian Aktiva Tetap - Aktiva tetap merupakan bab dari neraca yang dilaporkan oleh manajemen dalam setiap periode atau setiap … Read More...
Pengertian Arus Kas Berdasarkan Para Ahli Pengertian Arus Kas - Untuk sanggup lebih memahami apa itu arus kas beberapa pengertian dan juga pendapat dijelaskan oleh para an… Read More...
Pengertian Analisis Swot Berdasarkan Para Ahli Menurut Freddy Rangkuti Analisis swot yakni indifikasi banyak sekali faktor secara sistematis untuk merumuskan seni administrasi perusahan.… Read More...
Pengertian Persediaan Berdasarkan Para Ahli Pengertian Persediaan - Pesediaan pada umumnya merupakan barang-barang yang tersedia untuk dijual yaitu kalau perusahaan itu berbentuk… Read More...
0 Response to "Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen - Persaingan Sempurna, Monopolistik, Oligopoli Dan Monopoli"
Posting Komentar