√ Whatsapp, Facebook, Dan Instagram Down Hampir Di Seluruh Dunia, Kenapa Ya?

 Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan √ Whatsapp, Facebook, dan Instagram Down Hampir di Seluruh Dunia, Kenapa Ya?
Foto: Recode

Teknologi.id – Hingga sekarang sudah berjam-jam jejaring sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan. Kenapa ya?


Sejak Kamis (14/3) dini hari, pengguna kesulitan mengakses ketiga layanan media umum dan aplikasi pesan tersebut.


Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih sanggup dibuka, tetapi ada fitur penting yang sama sekali tak sanggup dipakai. Pengguna Facebook dan Instagram tidak sanggup melaksanakan login, menciptakan postingan, sampai mengunggah Stories.


Pada aplikasi WhatsApp, pengguna sanggup melaksanakan chatting dengan pengguna yang lain, baik melalui aplikasi atau web, tetapi tidak sanggup mengirim gambar dan meng-upload Status.


Baca juga: Facebook, Instagram, dan Whatsapp Down, Makara Trending Topic di Twitter 


Situs DownDetector memperlihatkan gangguan yang terjadi pada Facebook dan Instagram terjadi di banyak negara menyerupai Amerika Serikat, Peru, Inggris, India, Kanada, Turki, Filipina, dan Indonesia.


Sejauh ini belum ada keterangan lebih terang mengenai penyebab tumbangnya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Tetapi sesudah satu jam tumbangnya Facebook, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu memperlihatkan keterangan melalui media umum Twitter dan meminta maaf atas gangguan yang terjadi.




Facebook menegaskan duduk perkara ini bukanlah disebabkan oleh serangan DDoS (distributed denial-of-service) dari h4ck3r.


Serangan DDoS ialah serangan siber dimana peretas sengaja menyerang server layanan tertentu. Caranya dengan membanjiri server layanan itu dengan kemudian lintas yang sangat tinggi, sehingga situs atau aplikasi tersebut sulit diakses oleh pengguna lain.


Serangan ini dilakukan secara terus menerus sampai sistem tidak sanggup menampung data dan alhasil rusak. Sejak meledaknya periode internet, serangan ini makin marak dilakukan peretas untuk melumpuhkan suatu situs.


Rencana Penggabungan


Uniknya, gangguan ketiga layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp terjadi di tengah rencana besar untuk menjalankan proyek penggabungan sistem pada layanan mereka untuk saling terhubung dan sanggup berkirim pesan satu sama lain.


Nantinya pengguna sanggup berkirim pesan langsung, antara WhatsApp, Facebook, dan Instagram, tanpa harus meninggalkan aplikasi yang digunakan.


Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Akan Bisa Saling Berkirim Pesan


Ada spekulasi bahwa gangguan yang dialami oleh Facebook, Instagram, dan WhatsApp terjadi jawaban rencana Facebook untuk menggabungkan infrastruktur back-end di balik semua aplikasi ini. Namun rencana penggabungan ini dikabarkan belum akan terwujud pada tahun 2019, melainkan 2020 atau lebih dari itu.


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Whatsapp, Facebook, Dan Instagram Down Hampir Di Seluruh Dunia, Kenapa Ya?"

Posting Komentar