Pengobatan Asam Urat (Penyebab, Tanda-Tanda & Pantangan Asam Urat)

Penyakit asam urat (sering disebut gout) merupakan penyakit yang sanggup menimbulkan rasa nyeri, yang terkadang rasa nyeri ini menciptakan seseorang tidak sanggup melaksanakan aktivitas sama sekali.

Gejala asam urat ini sanggup menimbulkan pembengkakan dan rasa panas di persendian. Bagian tubuh yang paling sering terjangkit asam urat ialah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Orang yang terkena asam, maka rasa sakit sanggup berlangsung dalam jangka waktu 3-10 hari. Munculnya pembengkakan tidak hanya di potongan sendi, tetapi juga sanggup di potongan tubuh sekitar sendi, yang gejalanya disertai dengan warna kulit yang memerah. Kondisi menyerupai ini mengakibatkan tubuh menjadi tidak sanggup bergerak secara leluasa.

Umumnya pria lebih rentan untuk mengalami asam urat dibandingkan para wanita, terutama ketika memasuki usia 30 tahun keatas. Adapun pada kaum wanita, asam urat umumnya timbul sehabis masa menopause.

 merupakan penyakit yang sanggup menimbulkan rasa nyeri Pengobatan Asam Urat (Penyebab, Gejala & Pantangan Asam Urat)

Gejala Penyakit Asam Urat
Ketika muncul rasa nyeri secara tiba-tiba pada sendi, khusus pada potongan sendi jempol kaki, ini sanggup menjadi tanda-tanda penyakit asam urat, dimana tanda-tanda ini yang paling sering terjadi pada penderita.

Kondisi menyerupai ini bahkan sanggup menciptakan orang yang mengalaminya akan kesulitan untuk berjalan sebab rasa nyeri yang timbul ketika berjalan. Walaupun nyeri sendi sanggup muncul kapan saja, tetapi biasanya lebih sering muncul pada malam hari.

Selain sendi di potongan jempol kaki, sendi-sendi lainnya yang berada di ujung anggota tubuh juga mempunyai resiko terkena asam urat, menyerupai potongan lutut, jari-jari tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari-jari tangan, siku, dan telapak kaki tengah.

Rasa nyeri yang muncul tidak mengecewakan sakit rasanya, bahkan sanggup disertai dengan timbulnya pembengkakan, munculnya warna kemerahan di potongan sekitar kulit yang terkena asam urat, dan timbulnya sensasi panas.

Serangan asam urat biasanya berlangsung dalam jangka waktu 3-10 hari. Ketika tanda-tanda mereda dan jerawat bertahap mengempis, kemudian kulit yang ada di sekitar sendi akan mengalami pengaruh berupa kulit bersisik, dan sanggup terasa gatal.

Walaupun serangan asam urat sanggup reda dengan sendirinya, tetapi kondisinya dilarang dibiarkan. Dimana tetap perlu dilakukan perjuangan pengobatan, termasuk berusaha semoga mencegah risiko kambuh asam urat.

loading...

Penyebab Penyakit Asam Urat
Bisa hingga munculnya asam urat sebab terjadinya penumpukan asam urat di dalam sendi yang banyak. Dimana asam urat sanggup dikatakan sebagai limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin.

Sebagian besar asam urat dibuang dengan melalui ginjal dalam bentuk urine, sebagian lainnya dibuang melalui proses BAB. Adapun terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh, sebab kondisi asam urat yang dibuang dari dalam tubuh jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah asam urat yang diproduksi.

Hal ini mengakibatkan asam urat menumpuk, yang kemudian menjadi bentuk kristal-kristal yang bermuara di potongan sendi tubuh, atau di sekeliling jaringan sendi tubuh.

Kristal-krisal tersebut mempunyai bentuk yang cukup tajam, ketika kristal-kristal itu masuk ke ruang persendian tubuh dan hingga menganggu lapisan lunak sendi, maka dampaknya sanggup menimbulkan peradangan yang terasa nyeri.

Hal yang mengakibatkan meningkat drastisnya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya sebab suka mengonssumsi masakan yang mengandung  zat purin tinggi di dalamnya.

Makanan tersebut menyerupai jeroan binatang (hati, ginjal, jantung), daging merah (sapi, kerbau, kambing) dan hidangan maritim (ikan makarel, ikan teri, kerang-kerangan, kepiting).

Mengonsumsi minuman beralkohol juga sanggup mengakibatkan terjadinya penumpukan asam urat di dalam darah. Termasuk juga kalau sering mengonsumsi minuman elok (baik itu yang gula buatan maupun gula alami) sanggup mengakibatkan naiknya asam urat.

Orang-orang juga sanggup terkena risiko asam urat ketika dalam masa-masa pengobatan, yang menggunakan jenis obat-obatan menyerupai aspirin, niacin, diuretik, beta blocker, obat-obatan kemoterapi, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor) dan sislosporin.

Resiko asam urat juga meningkat ketika seseorang sedang mengalami hiertensi, kolesterol tinggi, obesitas, penyakit diabetes, penyakit ginjal kronik, sindrom metabolisme, osteoarthritis dan psoriasis.

Penyakit asam urat juga sanggup bersifat genetik, dimana kalau seseorang mempunyai anggota keluarga yang terkena penyakit asam urat, maka dirinya juga berisiko mengalami penyakit asam urat. Penelitian menyebutkan bahwa proporsi dari risiko ini ialah 20 persen.

Terlepas dari faktor-faktor penyebab tersebut, pada sebagian orang bahwa ada yang mengalami kadar asam urat tinggi di dalam darah, akan tetapi tidak ditemukan adanya pembentukan kristal-kristal pada sendi-sendinya.

Pengobatan Penyakit Asam Urat
Bagi orang-orang yang mengalami problem kadar asam urat tinggi di dalam darah, maka sangat perlu untuk melaksanakan istirahat yang cukup, jangan melaksanakan aktivitas atau pekerjaan yang terlalu berat dan padat.

Angkatlah tungkai Anda dan hindarkan sendi yang sedang mengalami radang dari terkena benturan. Mengompres sendi yang terjangkit asam urat dengan sekantong es selama 20-30 menit, bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

Namun, penting diperhatikan semoga menghindari mengompres terlalu lama, paling usang ialah 30 menit, tetapi kalau pada 20 menit menit menimbulkan pengaruh negatif maka segera hentikan. Selain itu, hindari menempelkan es eksklusif ke kulit, hal ini berbahaya sebab sanggup mengakibatkan kulit menjadi rusak.

Jika Anda telah memperoleh resep obat dari dokter, maka minum obat yang diresepkan tersebut ketika rasa nyeri jawaban asam urat muncul, jangan ditunda-tunda untuk meminum obatnya.

Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter yaitu obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS atau dalam bahasa inggrisnya NSAID), menyerupai naproxen, indometasin, diclofenac, dan etoricoxib. Obat tersebut akan bekerja untuk meredakan inflamasi (peradangan) dan rasa nyeri jawaban asam urat.

Penderita asam urat jangan minum obat aspirin, sebab justru memperburuk kondisi kadar asam urat di dalam darah, yang balasannya menciptakan kondisi penyakit asam urat menjadi lebih buruk.

Konsumsi obat jenis OAINS sanggup menimbulkan pengaruh samping berupa gangguan pencernaan dan maag. Agar sanggup meredam pengaruh samping tersebut, dokter umumnya menunjukkan juga resep obat penghambat pompa proton (PPI), bersama dengan obat jenis OAINS.

Penggunaan jenis obat OAINS umumnya terus dilakukan selama asam urat belum reda, hingga dua hari sehabis asam urat reda, tujuannya semoga mencegah asam urat kambuh.

Jika obat jenis OAINS tidak mempan untuk melawan asam urat, dimana tanda-tanda asam urat masih juga timbul dengan rasa nyeri yang menciptakan tidak nyaman, maka dokter akan meresepkan jenis obat lainnya.

Demikian juga dokter akan meresepkan obat lainnya ketika penderita tidak diperbolehkan mengonsumsi jenis obat OAINS sebab kondisi tertentu.

Sebagai pengganti dokter biasanya akan meresepkan colchicine sebagai pengganti OAINS, yang obat ini juga bekerja untuk menghilangkan rasa sakit dan juga melawan pembengkakan.

Jenis obat Colchicine umumnya jarang menimbulkan pengaruh samping. Hanya kalau dikonsumsi dalam takaran tinggi, sanggup menimbulkan pengaruh samping menyerupai rasa mual, sakit perut dan diare.

Apabila kondisi tanda-tanda asam urat sudah parah sehingga tidak sanggup diatasi dengan obat OAINS maupun colchicine, maka umumnya dokter akan menunjukkan resep obat jenis kortikosteroid.

Metode pengobatannya sanggup dengan mengonsumsi dalam bentuk tablet, ataupun dipakai dalam metode suntik, guna sanggup meredakan rasa nyeri dengan cepat.

Pada obat jenis kortikosteroid, jikan penderita mengonsumsinya dalam jangka waktu singkat serta kadar takaran yang rendah maka jenis obat ini umumnya tidak menimbulkan pengaruh samping.

Adapun bila penggunaan kortikosteroid dalam takaran tinggi maka sanggup menjadikan pengaruh samping berupa otot tubuh terasa lemas, muncul memar pada kulit tubuh, penipisan tulang, dan resiko kenaikan berat badan.

Setelah melaksanakan pengobatan, maka dalam waktu 24 jam tanda-tanda berupa nyeri dan semacamnya seharusnya menghilang.

loading...

Cara Mencegah Kambuhnya Asam Urat

1. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Purin Tinggi
Makanan yang di dalamnya terkandung zat purin yang tinggi, sanggup mengakibatkan terjadinya peningkatan asam urat secara signifikan di dalam tubuh. Oleh sebab itu hindari atau batasi konsumsi masakan yang di dalamnya terkandung banyak zat purin.

Makanan-makanan yang di dalamnya terkandung zat purin tidak mengecewakan banyak menyerupai jeroan, kerang-kerangan, udang, kepiting, daging merah, ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, dan masakan yang mengandung ragi.

2. Hindari Minuman Beralkohol
Mengonsmusi minuman beralkohol sanggup meningkatkan asam urat. Terlalu sering mengonsumsi minuman dan masakan ringan elok juga sanggup meningkatkan asam urat.

3. Jaga Berat Badan
Untuk mencegah kambuhnya asam urat, maka perlu juga untuk menjaga keidealan berat badan, jaga berat tubuh semoga tidak obesitas (kegemukan). Kondisi obesitas mengakibatkan resiko tinggi timbulnya penyakit asam urat kembali yang menimbulkan rasa nyeri.

4. Lakukan Aktivitas Fisik
Melakukan olahraga secara rutin semoga sanggup mengurangi berat badan. Olahraga secara rutin juga menjadikan tubuh selalu sehat dan bugar. Namun, hindari jenis olah raga yang terlalu sering menunjukkan tekanan pada sendi yang mengalami peradangan dan nyeri.

Disarankan untuk melaksanakan olahraga renang sebab airnya akan sanggup menopang berat badan, sehingga olahraga berenang tidak menciptakan sendi mengalami tekanan.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Hal lainnya yang penting dilakukan ialah minum air putih yang cukup. Hindari tubuh dari terkena problem dehidrasi. Hal itu sebab cairan di dalam tubuh (terutama air putih) memilki tugas penting dalam kelancaran pembuangan zat asam urat melalui proses urine, sehingga mencegah terbentuknya kristal.

6. Suplemen Vitamin C
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan vitamin C mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit asam urat. Dimana asupan vitamin C bekerja untuk mengoptimalkan kinerja ginjal dalam proses pembuangan asam urat yang ada di dalam tubuh.

Banyaknya takaran vitamin C yang dianjurkan dikonsumsi dalam sehari yaitu 500 miligram. Akan tetapi, sebelum dalam mengonsumsi pemanis vitamin C maka perlu melaksanakan konsultasi pada dokter perihal hal ini.

Karena dikhawatirkan bahwa pada obat yang dikonsumsi, ternyata dilarang dikonsumsi bersamaan dengan pemanis vitamin C.

Manfaat pemanis Vitamin C untuk mencegah asam urat ini menurut isu dari laman Alodokter.com (linknya ada di potongan bawah artikel ini), hanya saja pada laman Livestrong.com justru menyebutkan sebaliknya bahwa konsumsi pemanis yang mengandung vitamin C atau D sanggup meningkatkan risiko pembentukan watu ginjal dan meningkatkan kadar asam urat manurut National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse.

7. Obat Resep Dokter
Dalam suatu kondisi, dokter menunjukkan rekomendasi resep obat untuk mencegah kambuhnya asam urat. Biasanya dokter menunjukkan resep obat pencegah asam urat bagi orang yang sering mengalami asam urat yang kambuh, atau juga bagi orang yang mengalami komplikasi dari asam urat.

Probenecid. Jenis obat ini bekerja untuk meningkatkan fungsi ginjal dalam membuangnya asam urat. Efek samping dari penggunaan obat Probenecid yaitu sakit perut, ruam kulit, dan meningkatnya risiko penyakit watu ginjal.

Allopurinol. Jenis obat ini bekerja untuk menurunkan jumlah asam urat dengan cara menghambat enzim yang berfungsi untuk mengubah purin menjadi asam urat. Kristal-kristal asam urat biasanya sanggup hilang di dalam tubuh sepenuhnya dalam jangka waktu 1-2 tahun masa pengobatan. Terkadang pengaruh peradangan sanggup terjadi ketika penderita gres pertama kali menggunakan obat allopurinol.

Penyebabnya sebab menyusutnya kristal-kristal yang berada di tulang rawan sendi sebab kadar asam urat yang menurun. Kristal menyusut sehingga sanggup masuk dari tulang rawan ke dalam rongga sendi, yang kemudian mengakibatkan lapisan sendi tubuh mengalami problem peradangan.

Kondisi ini sanggup hilang sehabis tubuh benar-benar telah higienis dari kristal jawaban pembentukan asam urat.

Dari laman Indiatimes.com menyebutkan perihal saran kesehatan bagi penderita asam urat, yaitu:
  1. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol
  2. Hindari konsumsi kerang, ikan sarden, ikan makeral, daging merah, daging cincang dan ekstrak daging.
  3. Batasi konsumsi sayuran bayam, kacang polong hijau, kacang prancis, kembang kol, jamur.
  4. Dalam memasak gunakan lebih sedikit garam. Ushakan untuk membatasi asupan garam.
  5. Hindari kacang asin / biskuit, papad, acar.
  6. Batasi konsumsi masakan olahan dan masakan yang diawetkan, menyerupai salah satunya produk roti.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat, yaitu:
  1. Buah pisang.
  2. Stroberi, blueberry dan buah beri merah-biru lainnya.
  3. Sayuran segar secara umum (seperti kubis dan peterseli)
  4. Makanan tinggi bromelain (seperti nanas)
  5. Makanan tinggi vitamin C (seperti paprika merah, jeruk, jeruk keprok, kentang)
  6. Produk susu rendah lemak
  7. Makanan mengadung karbohidrat kompleks (seperti sereal)
  8. Kopi, teh.
  9. Tomat.
  10. Seledri.
  11. Cokelat.

Pergi Ke Dokter
Ketika pergi ke dokter, maka biasanya pertama-tama dokter akan bertanya perihal beberapa hal, yaitu:
  • Bagian sendi tubuh yang terasa sakit.
  • Gejala-gejala yang dialami.
  • Seberapa sering tanda-tanda yang dialami muncul.
  • Riwayat kesehatan keluarga Anda.
  • Makanan dengan kadar purin tinggi yang mungkin sering Anda konsumsi.
  • Apakah Anda mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Apakah Anda mengonsumsi minuman yang mempunyai kadar gula fruktosa yang tinggi.
  • Obat apa saja yang ketika ini sedang Anda kosusmsi.
  • Apakah ada komplikasi dari penyakit asam urat yang diderita.

Berbagai pertanyaan menyerupai itu akan diajukan dokter, yang dibutuhkan untuk mendukung hasil tes yang dilakukan. Salah satu bentuk tes yang dilakukan dokter yaitu tes cairan sendi, yang tujuannya untuk mendeteksi keberadaan kristal. Pada tes ini dilakukan dokter dengan mengambil sampel cairan sinovial yang ada di potongan sendi tubuh terkena asam urat dan peradangan, dengan menggunakan jarum khusus kedokteran.

Apabila pada sampel cairan tersebut, kristal-kristal natrium urat sering terlihat maka pasien memang sedang menderita asam urat. Jenis tes yang berkemungkinan dilakukan ialah pemindaian ultrasound (USG) utuk mendeteksi keberadaan kristal natrium di dalam sendi tubuh.

Tes-tes lainnya yang kemungkinan juga dilakukan ialah tes darah, dan investigasi X-ray. Tentunya tes-tes ini dilakukan menurut kondisi pasien.

Komplikasi Penyakit Asam Urat

Kerusakan Pada Sendi
Kristal-kristal natrium urat yang menumpuk sanggup menjadikan terjadinya kerusakan pada sendi tubuh. Apabila keadaan ini dibiarkan berlangsung lama, maka kerusakan sendi secara permanen sanggup terjadi, yang balasannya mengakibatkan harus dilakukan mekanisme operasi untuk mengatasinya.

Gangguan Psikologis
Kondisi stres dan mood yang jelek sanggup terjadi jawaban asam urat. Selain sebab rasa sangat nyeri yang sanggup menganggu psikologis, penyakit asam urat yang dialami sanggup mengakibatkan aktivitas sehari-hari menjadi sangat terganggu. Kondisi ini sanggup memicu resiko stres dan depresi.

Penyakit Batu Ginjal
Asam urat yang ada di dalam tubuh sanggup dibuang bersamaan dengan air seni melalui ginjal. Akan tetapi, terkadang kadar asam urat yang banyak sanggup membentuk endapan-endapan di dalam ginjal.

Apabila ukuran endapannya masih kecil maka tubuh masih sanggup mengelaurkannya dengan lancar, akan tetapi apabila ukuran endapan ternyata sangat besar maka sangat beresiko sanggup terbentuk watu ginjal.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih semoga membantu mengeluarkan endapan-endapan asam urat dari dalam tubuh dengan lancar, sehingga sanggup terhindar dari penyakit watu ginjal.

Munculnya Benjolan-Benjolan Tofi
Jika kondisi penyakit asam urat sudah parah atau tidak ditangani dalam waktu lama, maka sanggup mengakibatkan benjolan tofi. Tofi ialah gumpalan-gumpalan kecil yang ada di balik kulit yang terbentuk dari penumpukan kristal-kristal asam urat.

Munculnya benjolan tofi umumnya terjadi pada potongan jari kaki, jari tangan, siku, lengan, lutut, tumit, dan bahkan telinga

Munculnya tofi merupakan tanda bahwa pengobatan penyakit asam urat harus segera dilakukan, dilarang lagi ditunda-tunda. Apabila penderita berhasil menurunkan kadar asam urat maka benjolan tofi akan mengecil.

Adapun kalau benjolan tofi terus dibiarkan maka sanggup menimbulkan peradangan, yang bahkan sanggup pecah kemudian mengeluarkan cairan yang terdiri dari adonan kristal-kristal asam urat dan nanah.

Referensi lainnya:

Sumber http://tips47.blogspot.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengobatan Asam Urat (Penyebab, Tanda-Tanda & Pantangan Asam Urat)"

Posting Komentar