Pengertian Resiko Sistemik Berdasarkan Para Ahli

|Pengertian Resiko Sistemik|
Definisi risiko sistemik sangat beragam, tidak ada janji antara peneliti satu dengan yang lainnya. De Bant et al. (2010) menjelaskan risiko sistemik ibarat konsep dalam bidang kesehatan dan penyakit menular luas (epidemis), dimana kontaminasi penyebaran penyakit tersebut akan melenyapkan sebagian populasi masyarakat.

Mereka juga berargumentasi bahwa risiko sistemik ini yaitu sesuatu yang Istimewa pada bidang industri jasa keuangan khususnya industri perbankan. Risiko ini juga dapat terjadi pada sektor ekonomi lainnya akan tetapi dampaknya secara makro akan jauh lebih besar jikalau ditimbulkan oleh permasalahan pada industri jasa keuangan. 

Pada literatur sebelumnya De Bandt dan Hartmann (2000), membagi risiko sistemik menjadi dua berdasarkan sifat dari shock-nya, yaitu dalam pengertian luas dan sempit. Risiko sistemik dalam arti luas didefinisikan sebagai kegagalan simultan dari sejumlah institusi atau perusahaan yang diakibatkan adanya shock pada ekonomi makro, sedangkan risiko sistemik dalam arti sempit yaitu risiko yang berasal dari shock pada ekonomi mikro yang terjadi pada sebuah perusahaan dan lalu membuatkan ke perusahaan lain, proses ini sering disebut dalam literatur sebagai dampak contagion.

Beberapa peneliti lalu memberikan definsi dari risiko sistemik; berdasarkan Lehar (2005) risiko sistemik yaitu suatu kondisi dimana sebagian besar forum keuangan dalam sistem keuangan suatu negara mengalami kegagalan pada ketika yang bersamaan.

Sementara itu Billio, Getmanzki, Lo dan Pelizzon (2010) menyatakan risko sistemik tidak hanya permasalahan bank run dan krisis mata uang ibarat yang terjadi di Asia dan Meksiko. Akan tetapi lebih jauh merupakan kegagalan yang berkorelasi diantara forum keuangan, terjadi dalam waktu singkat alasannya adanya penarikan likuiditas dan meluasnya ketidak percayaan masyarakat terhadap forum keuangan. 
Sementara itu, Furfine (2003) membagi risiko sistemik menjadi dua tipe yaitu; 
  1. Risiko dari shock keuangan yang menjadikan seperangkat pasar atau institusi secara simultan gagal dalam menjalankan fungsinya secara efisien; 
  2. Risiko dimana kegagalan dari satu atau sebagian kecil forum keuangan akan menjalar ke yang lainnya, alasannya adanya hubugan keuangan antara forum keuangan tersebut. Selanjutnya akan dibahas faktor faktor kerentanan dari industri perbankan yang menjadikan terjadinya risiko sistemik dan dampak penularannya (contagion).
 
Gambar
Pengertian Resiko Sistemik

Sumber:
Acharya, V.V. 2009. A Theory of Systemic Risk and Design of Prudential Bank Regulation. Journal of Financial Stability, Vol. 5(3), p. 224-255.

Sekian uraian wacana Pengertian Resiko Sistemik Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat..! 

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Resiko Sistemik Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar