Pengertian Dan Mancam-Macam Kebutuhan

|Pengertian Kebutuhan| Kita sanggup mengartikan kebutuhan sebagai segala sesuatu yang dibutuhkan insan untuk mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan serta kenyamanan.

|Macam Kebutuhan|
Kebutuhan insan sangat bermacam-macam. Kebutuhan tersebut sanggup digolongkan, sebagai berikut.

a. Kebutuhan Menurut Intensitas
Kebutuhan berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingan terdiri atas kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
  1. Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer ialah kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer sendiri berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Secara umum kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan; atau makanan, pakaian, dan rumah. Tanpa makanan, pakaian, dan rumah insan sanggup mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.
  2. Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan kedua yang dipenuhi, sesudah kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Contoh kebutuhan sekunder, yaitu meja, kursi, lemari, sepatu, tas, sisir, kaos kaki, buku, pensil, televisi, radio, daerah tidur, dan kendaraan. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.
  3. Kebutuhan Tersier : Kebutuhan tersier ialah kebutuhan ketiga yang dipenuhi, sesudah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata tertius, yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan glamor atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau pujian di mata masyarakat. Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, kendaraan beroda empat mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah.
Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. Bagi masyarakat kota, radio, televisi, kulkas, dan komputer merupakan kebutuhan sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedalaman terpencil, benda-benda tersebut merupakan kebutuhan tersier. Selain itu, untuk orang-orang dengan pekerjaan tertentu, komputer bukan merupakan kebutuhan sekunder, melainkan merupakan kebutuhan primer.

b. Kebutuhan Menurut Sifat
Kebutuhan berdasarkan sifat terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  1. Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang diharapkan oleh jasmani atau badan. Contoh: untuk menjaga kesehatan badan, insan memerlukan makanan, minuman, pakaian, dan olahraga yang teratur.
  2. Kebutuhan Rohani : Kebutuhan Rohani ialah kebutuhan yang diharapkan oleh rohani atau jiwa. Contoh: untuk menyegarkan pikiran, insan memerlukan hiburan; untuk menguatkan iman, insan memerlukan siraman rohani berupa petunjuk dan pesan yang tersirat keagamaan; untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, insan memerlukan pendidikan.
c. Kebutuhan Menurut Bentuk
Kebutuhan berdasarkan bentuk terdiri atas kebutuhan material dan kebutuhan immaterial.
  1. Kebutuhan Material : Kebutuhan material ialah kebutuhan yang berbentuk benda materialatau benda berwujud, ibarat tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain-lain.
  2. Kebutuhan Immaterial : Kebutuhan immaterial ialah kebutuhan yang berbentuk benda immaterial atau benda yang tak berwujud, ibarat pesan yang tersirat ulama, klarifikasi guru, hiburan, petunjuk dokter, dan lain-lain.
d. Kebutuhan Menurut Waktu 
 Kebutuhan berdasarkan waktu terdiri atas kebutuhan kini dan kebutuhan masa depan.
  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan kini ialah kebutuhan yang pemenuhannya tidak sanggup ditunda dan harus dipenuhi ketika kebutuhan tersebut dirasakan. Contoh: kebutuhan akan makan bagi orang yang lapar dan kebutuhan akan obat bagi orang yang sakit.
  • Kebutuhan Masa Depan : Kebutuhan masa depan ialah kebutuhan yang pemenuhannya sanggup ditunda, sebab dibutuhkan pada ketika yang akan datang. Contoh: kebutuhan akan daerah tidur bayi bagi ibu yang sedang hamil muda dan kebutuhan akan biaya kuliah bagi anak yang masih SMP. Pada umumnya orang mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masa depan, di antaranya dengan menabung.
e. Kebutuhan Menurut Subjek
Kebutuhan berdasarkan subjek terdiri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.
  1. Kebutuhan Individu : Kebutuhan individu ialah kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. Contoh: kebutuhan makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi. Kebutuhan individu setiap orang berbeda. Kebutuhan individu seorang petani berbeda dengan kebutuhan individu seorang dokter.
  2. Kebutuhan Kualitatif/Bersama : Kebutuhan kolektif ialah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. Contoh: kebutuhan akan jalan raya, listrik, pasar, sistem pengairan, daerah pembuangan sampah, dan lain-lain. 

Sumber:
Alimul Hidayat, A.Aziz. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konse dan Proses Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta

 
Gambar
Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan

Sekian uraian perihal Pengertian dan Mancam-macam Kebutuhan, Semoga bermanfaat..! 
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Mancam-Macam Kebutuhan"

Posting Komentar