|Pasar Persaingan Monopolistik| Sesuai dengan namanya, pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar antara pasar persaingan tepat dengan pasar monopoli. Dikatakan ibarat pasar persaingan tepat alasannya yakni jumlah penjual hampir sebanyak pasar persaingan sempurna. Dikatakan ibarat pasar monopoli alasannya yakni pada pasar ini setiap perusahaan punya kekuasaan monopoli walau kecil, yakni sebatas pada barang yang diproduksinya sendiri. Contoh pasar persaingan monopolistik yakni pasar pakaian, pasar sepatu, pasar majalah, pasar boneka, pasar tas, dan lain-lain.
|Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri, sebagai berikut|
Kebaikan pasar monopolistik adalah:
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopolistik
Raharja,Pratama dan Manurung Mandala. “Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar”. Edisi keempat. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia : 2010
- Jumlah penjual/produsen banyak : Pada pasar ini jumlah penjual/produsen banyak, walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Dengan demikian, perusahaan secara perseorangan masih bisa memengaruhi harga walau hanya sedikit.
- Barang yang diperjualbelikan berbeda corak (differentiated product) : Perbedaan corak mencakup merek, mutu, warna, ukuran, bentuk, dan lain-lain. Perbedaan ini sangat memudahkan pembeli untuk menentukan barang sesuai selera dan tingkat pendapatan.
- Penjual/produsen harus aktif mempromosikan (mengiklankan) barangnya biar sanggup memenangkan persaingan.
- Penjual/produsen secara perseorangan bisa memengaruhi harga walau sedikit.
- Perusahaan yang gres akan lebih gampang masuk ke pasar persaingan monopolistik dibandingkan masuk ke pasar monopoli dan oligopoli. Karena, untuk masuk ke dalam pasar ini umumnya tidak dibutuhkan modal yang sangat besar.
Kebaikan pasar monopolistik adalah:
- Memberi kebebasan kepada pembeli untuk menentukan barang, alasannya yakni pasar menyediakan barang yang berbeda corak;
- Memberi kepuasan lebih kepada pembeli alasannya yakni adanya persaingan dalam hal mutu, warna, ukuran, bentuk, dan lain-lain;
- Penjual/produsen yang gres sanggup lebih gampang masuk ke pasar ini dibanding masuk ke pasar monopoli dan oligopoli.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopolistik
Raharja,Pratama dan Manurung Mandala. “Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar”. Edisi keempat. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia : 2010

Gambar
Pengertian Pasar Monopolistik
Sekian uraian perihal Pengertian dan Ciri-ciri Pasar Monopolistik, Semoga bermanfaat...!
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Pengertian Acara Produksi Berdasarkan Para Ahli Menurut Sadono Sukirno, Pengertian Kegiatan Produksi adalah kegiatan yang dilakukan insan dalam menghasilkan suatu produk, b… Read More...
Ciri-Ciri Negara Berkembang Di Dunia-Ilmu Ekonomi Pembangunan Negara yang sedang berkembang menyerupai Indonesia mempunyai aksara atau ciri sebagai berikut : Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi: … Read More...
Pengertian Stagnasi & Stagflasi Serta Imbas Sosial Inflasi |Pembahasan Mengenai Pengertian Stagnasi & Stagflasi Serta Dampak Sosial Inflasi| A. Arti Stagnasi Stagnasi ialah suatu keadaan di … Read More...
Pengertian Kebijakan Moneter (Monetary Policy) |Pembahasan Mengenai Pengertian Kebijakan Moneter (Monetary Policy)| Kebijakan Moneter ialah suatu perjuangan dalam mengendalikan keadaa… Read More...
Pengertian Kebijakan Fiskal (Fiscal Policy) |Pembahasan Mengenai Pengertian Kebijakan Fiskal (Fiscal Policy)| Kebijakan Fiskal ialah suatu kebijakan ekonomi dalam rangka mengarahka… Read More...
0 Response to "Pengertian Dan Ciri-Ciri Pasar Monopolistik"
Posting Komentar