|Pasar Persaingan Monopolistik| Sesuai dengan namanya, pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar antara pasar persaingan tepat dengan pasar monopoli. Dikatakan ibarat pasar persaingan tepat alasannya yakni jumlah penjual hampir sebanyak pasar persaingan sempurna. Dikatakan ibarat pasar monopoli alasannya yakni pada pasar ini setiap perusahaan punya kekuasaan monopoli walau kecil, yakni sebatas pada barang yang diproduksinya sendiri. Contoh pasar persaingan monopolistik yakni pasar pakaian, pasar sepatu, pasar majalah, pasar boneka, pasar tas, dan lain-lain.
|Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri, sebagai berikut|
Kebaikan pasar monopolistik adalah:
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopolistik
Raharja,Pratama dan Manurung Mandala. “Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar”. Edisi keempat. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia : 2010
- Jumlah penjual/produsen banyak : Pada pasar ini jumlah penjual/produsen banyak, walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Dengan demikian, perusahaan secara perseorangan masih bisa memengaruhi harga walau hanya sedikit.
- Barang yang diperjualbelikan berbeda corak (differentiated product) : Perbedaan corak mencakup merek, mutu, warna, ukuran, bentuk, dan lain-lain. Perbedaan ini sangat memudahkan pembeli untuk menentukan barang sesuai selera dan tingkat pendapatan.
- Penjual/produsen harus aktif mempromosikan (mengiklankan) barangnya biar sanggup memenangkan persaingan.
- Penjual/produsen secara perseorangan bisa memengaruhi harga walau sedikit.
- Perusahaan yang gres akan lebih gampang masuk ke pasar persaingan monopolistik dibandingkan masuk ke pasar monopoli dan oligopoli. Karena, untuk masuk ke dalam pasar ini umumnya tidak dibutuhkan modal yang sangat besar.
Kebaikan pasar monopolistik adalah:
- Memberi kebebasan kepada pembeli untuk menentukan barang, alasannya yakni pasar menyediakan barang yang berbeda corak;
- Memberi kepuasan lebih kepada pembeli alasannya yakni adanya persaingan dalam hal mutu, warna, ukuran, bentuk, dan lain-lain;
- Penjual/produsen yang gres sanggup lebih gampang masuk ke pasar ini dibanding masuk ke pasar monopoli dan oligopoli.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopolistik
Raharja,Pratama dan Manurung Mandala. “Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar”. Edisi keempat. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia : 2010

Gambar
Pengertian Pasar Monopolistik
Sekian uraian perihal Pengertian dan Ciri-ciri Pasar Monopolistik, Semoga bermanfaat...!
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Pengertian Ekonometrika Berdasarkan Para Ahli Pengertian Ekonometrika Menurut J Scumpeter adalah aplikasi dari metode spesifik dalam ilmu ekonomi (di segala bidang) yang berusaha untuk … Read More...
Strategi Aktif Dan Pasif Dalam Investasi Saham Untuk Menerima Keuntungan/Gains Maksimal |Pembahasan Mengenai Strategi Aktif Dan Pasif Dalam Investasi Saham Untuk Mendapat Keuntungan/Gains Maksimal| Berikut ini ialah merupaka… Read More...
Pengertian Pengangguran Dan Jenis/Macam Pengangguran |Pembahasan Mengenai Pengertian Pengangguran Dan Jenis/Macam Pengangguran| A. Arti Definisi Dan Pengertian Pengangguran Pengangguran ya… Read More...
Pengertian Dan Definisi Ilmu Ekonomi Berdasarkan Para Ahli |Pembahasan Mengenai Pengertian Dan Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli| Hal pertama yang harus kita sadari jika kita berbicara waca… Read More...
Pengertian Devisa Negara, Fungsi, Guna, Sumber & Jenis/Macam Devisa |Pembahasan Mengenai Pengertian Devisa Negara, Fungsi, Guna, Sumber & Jenis/Macam Devisa| Arti definisi / pengertian devisa ialah se… Read More...
0 Response to "Pengertian Dan Ciri-Ciri Pasar Monopolistik"
Posting Komentar