Panduan Cara Menanam Cabai Merah Lengkap Step By Step

Cara Menanam Cabe Merah – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, dalam kesempatan kali ini kami akan mengenai proses penanam cabai merah hingga panen. Cabe merah yakni tumbuhan yang masuk dalam keluarga Genus Capsicum, kepingan dari tumbuhan cabai yang dipakai yakni buahnya untuk bumbu masak.

Jumlah penduduk indonesia yang selalu meningkat menciptakan kebutuhan akan cabai merah ikut meningkat, hal itu yang menciptakan hari-hari tertentu harga cabai merah sangat mahal. Jika pikir-pikir lagi budidaya cabai merah bersama-sama menguntungkan tapi perlu diingat sebelum melaksanakan budidaya ada baiknya anda ketahui dulu cara menanam cabai merah dengan benar lantaran begitu banyak petani pemula yang mengalami kerugian dikala bertani cabai merah disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai tahap tahap penanaman cabai merah yang benar.

 dalam kesempatan kali ini kami akan mengenai proses penanam cabai merah hingga panen Panduan Cara Menanam Cabe Merah Lengkap Step by Step
Cara Menanam Cabe Merah

Syarat-syarat Tumbuh Cabe Merah

Nah oleh lantaran itu kami akan menjelaskan secara detail mengenai cara menanam cabai merah, sebelumnya kami akan sedikit membahas syarat-syarat tumbuh tumbuhan cabai merah dibawah ini.

1. Jenis tanah

Hal pertama yang perlu anda perhatikan yakni jenis tanah, tumbuhan cabai merah cocok ditanam pada jenis tanah yang bertekstur remah, gembur tapi tidak terlalu liat serta kaya akan unsur hara. Jika anda menentukan tanah yang terlalu liat akan mensugesti proses pengaliran udara disekitar akar dan sanggup mengganggu akar dalam proses absorpsi unsur hara.

2. pH tanah

Hal penting berikutnya yakni pH tanah, tumbuhan cabai merah cocok ditanam pada tanah yang mempunyai pH berkisar antara 5,5-6,8.

3. Ketersediaan air

Faktor penting lainnya yakni air, lantaran air mempunyai fungsi penting bagi flora baik sebagai pelarut serta pengangkut zat hara ke organ tumbuh ternyata air juga menjadi faktor penting dari proses fotosintesis atau biasa kita kenal sebagai proses memasak masakan tumbuhan.

4. Iklim

Faktor penting yang terakhir yakni iklim, kepingan iklim mencakup curah hujan, sinar matahari, suhu dan kelembaban udara. Curah hujan yang diharapkan tumbuhan cabai yakni 1500-2500 mm/tahun, selain itu tumbuhan cabai sangat cocok ditanam pada iklim Schmd dan Ferguson.

Selanjutnya kelembaban udara yang diharapkan sekitar 80% serta sirkuls udara lancar, kemudian suhu udara yang dibutuhkan 25-30 derajat celcius.

Cara Menanam Cabe Merah 

Baiklah diatas tadi yakni syarat-syarat atau faktor penting yang mensugesti tumbuh tumbuhan cabai merah, selanjutnya kami akan menjelaskan topik utama yaitu cara menanam cabai merah step by step dibawah ini.

1. Pemilihan Bibit Cabe Merah Berkualitas

Cara menanam cabai merah yang pertama yakni pemilihan bibit yang berkualitas, lantaran dengan menanam bibit berkualitas maka hasil yang diperoleh akan berkualitas juga. Namun kalau anda galau menentukan cabai merah berkualitas, kami akan menawarkan cara menentukan bibit cabai merah berkualitas dibawah ini.

 Cara menentukan bibit cabai merah berkualitas :

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan yakni menentukan bibit indukan yang mempunyai kondisi fisik sehat dan tidak terjangkit hama
  • Setelah sanggup indukan bibit cabe, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mengambil keluar biji dari indukan
  • Pastikan biji atau bibit benar-benar diambil dari indukan yang anda pilih tadi (jika beli dengan orang )
  • Cara lain untuk mengeluarkan biji dari buahnya yakni proses pengeringan, anda sanggup memakai nampan atau daerah lainnya
  • Selanjutnya pilih biji mana yang benar-benar cocok untuk ditanam.

Namun kalau anda malas memakai cara diatas, anda sanggup membeli bibit atau benih cabai merah di toko dengan rumah. Namun hal perlu anda ingat yakni mencari isu kepada para petani yang sudah profesional mengenai brand bibit apa yang berkualitas dan sudah terjamin. Dibawah ini yakni ciri-ciri bibit cabai merah yang berkualitas.

Ciri-ciri bibit cabai merah berkualitas :

  • Dapat tumbuh lebih cepat dan pertumbuhannya seragam
  • Lebih tahan dikala mengalami perpindahan tempat
  • Produktivitasnya tinggi
  • Masa pembuahannya lebih cepat
  • Memiliki akar yang kokoh serta daun lebat berwarna hijau

2. Proses Penyemaian Cabe Merah

Tahap selanjutnya yakni penyemaian bibit atau benih cabai merah, tujuan dilakukan penyemaian yakni sanggup menawarkan pertumbuhan secara maksimal, anda sanggup memelihara bibit secara maksimal, calon tumbuhan cabai merah akan lebih gampang beradaptasi, dan persemaian dilakukan untuk mengganti tumbuhan yang mati. Selanjutnya kami akan membahas cara penyemaian bibit atau benih cabai merah dibawah ini.

Cara penyemaian bibit cabai merah :

  • Siapkan media semai berupa adonan tanah dan pupuk
  • Selanjutnya siapkan daerah penyemaian berupa polybag dan lubangi kepingan bawah polybag bertujuan untuk drainase
  • Lalu isi polybag dengan media semai yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Setelah itu susun polybag dengan rapi, kemudian siram dengan air secukupnya
  • Tahap berikutnya rendam bibit atau cabai merah dengan air hangat 2-4 jam
  • Setelah itu tiriskan dan masukan bibit atau benih cabai merah satu persatu kedalam polybag
  • Lalu tunggu hingga benih tumbuh sekitar 7-8 hari

3. Pengolahan lahan tanam

Tahap selanjutnya yakni pengolahan lahan tanam, dalam tahap ketiga dari cara menanam cabai merah ini kami akan menjelaskan langkah-langkah pengolahan lahan tanam cabai merah yang benar dibawah ini.

Langkah – langkah pengolahan lahan tanam :

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan yakni persiapan tempat/lokasi, alat –alat berupa (cangkul, sabit dll) serta siapkan pupuk kandang.
  • Setelah semua syarat diatas sudah anda penuhi, langkah berikutnya yakni pencucian lokasi tanam yang dipilih dari rumput atau hama pengganggu lainnya
  • Lalu kalau lokasi sudah bersih, langkah selanjutnya yakni proses pembajakan atau dicangkul dengan kedalam 40 cm serta dalam proses ini sisa-sisa rumput yang masih ada sanggup ikut dicangkul dan tertimbun dalam tanah sehingga sanggup menjadi pupuk. Tujuan dari pembajakan semoga tekstur tanah menjadi gembur sehingga akar-akar dari tumbuhan cabai merah gres sanggup berkembang dengan mudah.
  • Jika proses pembajakan selesai ada baiknya membiarkan tanah selama kurang lebih 2 ahad semoga proses pertukaran udara lancar serta sanggup terjadi pembunuhan patogen atau hama yang merugikan
  • Setelah kurang lebih 2 ahad anda membiarkan tanah yang sudah dibajak, langkah berikutnya yakni pembuatan bedengan. Anda sanggup menciptakan bedengan dengan lebar 120 cm, tinggi bedengan 40 cm serta panjang bedengan sesuaikan dengan lokasi.
  • Langkah terakhir yakni pemupukan, anda sanggup memakai pupuk adonan berupa NPK dan pupuk kandang. Selain itu ada hal yang perlu anda perhatikan yakni PH tanah kalau PH tanah kurang dari ideal lokasi ada baiknya melaksanakan proses pengapuran
  • Buat lubang dengan jarak 50X50X50 cm anatara lubang satu dengan lainnya, kemudian biarkan beberapa minggu.

4. Proses penanaman cabai merah

Cara menanam cabai merah selanjutnya yakni pemindahan atau penanaman cabai merah dari daerah semai bibit ke bedengan yang sudah disiapkan sebelumnya. Tahap-tahap penaman cabai merah akan dijelaskan dibawah ini.

proses penanaman cabai merah :

  • Pilih tumbuhan cabai merah dari daerah semai yang sudah memenuhi kriteria tumbuhan yang siap ditanam
  • Lalu anda sanggup memasukkan tumbuhan cabai merah kedalam lubang yang sudah disiapkan di proses pengolahan lahan tanam diatas, anda juga sanggup menambahkan pupuk kalau ingin hasil lebih maksimal
  • Setelah itu tutup memakai tanah yang ada disekitar area bedengan
  • Anda sanggup melaksanakan penyiraman setiap hari kalau proses penanaman cabai merah dilakukan pada demam isu kemarau, namun kalau penanaman dilakukan pada demam isu hujan sanggup melaksanakan penyiraman menurut intensitas hujan.
  • Anda sanggup memakai tutup tumbuhan semoga sanggup mengurangi terjadi proses penguapan.

5. Proses perawatan tumbuhan cabai merah

Tahap kali ini yakni proses perawatan, sudah terperinci tumbuhan cabai merah tidak akan tumbuh dan berbuah secara maksimal kalau dibiarkan saja takutnya ada tumbuhan yang gres ditanam mati seharusnya sanggup diganti dengan yang gres kemudian misalkan tumbuhan cabai merah memerlukan air yang banyak oleh lantaran itu proses penyiraman dilakukan setiap hari. Dalam tahap ini kami akan menjelaskan cara perawatan tumbuhan cabai merah dengan maksimal dibawah ini.

Langkah – langkah perawatan cabai merah :

  • Penyiraman

Fungsi dilakukan penyiraman untuk proses pelarutan senyawa organik maupun anorganik yang akan didalam tanah. Anda sanggup melaksanakan penyiraman setiap hari kalau dalam kondisi cuaca kemarau sedangkan dikala cuaca penghujan penyiraman dikurang menurut intensitas hujan.

  • Penyiangan dan pendaringan

Dua perawatan tumbuhan cabai diatas tidak sanggup dipisahkan, alasannya yakni keduanya mempunyai keterkaitan yang kuat. Penyiangan yakni proses perawatan tumbuhan cabai dengan membersihkan atau mencabut rumput dibedengan daerah cabai ditanam, sedang pendaringan yakni proses penggemburan tanah disekitar daerah cabai ditanam, sanggup memakai sekop namun perlu diingat harus dilakukan secara hati-hati dan tidak merusak tumbuhan cabe.

  • Pemupukan

Perawatan tumbuhan cabai yang penting berikutnya yakni pemupukan, dalam proses kali ini anda sanggup memakai pupuk kimia atau pupuk kandang. Namun kalau anda ingin tumbuhan tumbuh lebih cepat saran kami gunakan pupuk sangkar cair.

  • Proses panen

Cara menanam cabai merah yang terakhir yakni proses panen, ada hal yang perlu anda ketahui dikala panen cabai merah. Buah cabai akan terus melaksanakan pemasakan meski sudah mengalami pemetik oleh lantaran itu anda harus melaksanakan panen yang sempurna sehingga dikala cabai hingga di pasar masak dengan optimal.

Panen lebih baik dilakukan pada pagi hari tujuan semoga cabai tidak mengalami pembusukan, panen cabai merah sanggup dilakukan dengan tahap-tahap dibawah ini.

Cara panen cabai merah :

  • Pilih buah yang benar benar sudah masuk dalam kriteria panen
  • Anda sanggup melaksanakan panen cabai dengan memetik eksklusif beserta tangkainya
  • Seanjutnya lakukan panen hingga cabai habis, lakukan dengan hati-hati semoga tidak merusak cabang tumbuhan cabe
  • Hal yang perlu anda tahu bahwa Cabe merah yang dipetik dengan tangkainya akan lebih tahan lama.

Nah itu yakni klarifikasi singkat kami mengenai Cara Menanam Cabe Merah, tunggu apa lagi? Langsung praktekin Step by Step budidaya cabai diatas itung-itung sebagai pembelajaran buat jadi petani cabai merah yang sukses. Baiklah itu saja dari kami semoga sanggup membatu anda semua, terima kasih. Simak juga: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menanam Cabai Merah Lengkap Step By Step"

Posting Komentar