Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Step By Step

Cara Menanam Anggrek – Bunga anggrek merupakan salah satu bunga indah yang banyak digemari. Hal ini dikarenakan warna bunganya yang indah dan menciptakan rumah atau pekarangan menjadi lebih indah.

Tanaman bunga hias ini semakin hari semakin banyak peminatnya. Sehingga tidak sedikit juga yang membudidayakan bunga ini sebagai salah satu bunga yang bernilai hemat tinggi.

Dalam proses tumbuhnya, bunga anggrek ini tidak membutuhkan media tumbuh yang besar sehingga tidak merepotkan kita. Selain media tumbuhnya yang relatif lebih kecil, bunga anggrek biasanya juga hidup dengan melekat pada tumbuhan lain.

Meskipun melekat pada tumbuhan lain, bunga anggrek tidak bersifat sebagai benalu. Bunga anggrek ini akan tumbuh dan berkembang tanpa merugikan tumbuhan yang ditempelinya.

 Bunga anggrek merupakan salah satu bunga indah yang banyak digemari Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Step by Step
Jenis Bunga Anggrek – Cara menanam anggrek

Sebelum kita kupas lebih jauh seputar cara menanam anggrek, ada baiknya jikalau kita mengetahui jenis bunga anggrek itu sendiri.

Jenis Bunga Anggrek

Berikut ini beberapa jenis bunga anggrek yang sanggup kita budidayakan:

1. Bunga anggrek hitam (Coelogyne pandurata)

Jenis anggrek yang pertama yaitu anggrek hitam yang ditemukan di Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Filipina sebagai tumbuhan berukuran besar, banyak ditemukan di pohon-pohon besar di dekat sungai. Bunga-bunga yang secara bersamaan membuka sangat harum madu tetapi masa hidupnya singkat.

2. Anggrek selop perempuan tropis (Paphiopedilum glaucophyllum)

Jenis anggrek yang kedua yaitu anggrek selop yang mempunyai ciri-ciri berupa daun hijau bersinar Paphiopedilum atau sandal perempuan tropis. Jenis ini merupakan spesies tumbuhan berbunga dalam marga tumbuhan Paphiopedilum. Anggrek selop yaitu anggrek tanah yang tumbuh dengan tinggi sekitar 30-45 cm. Daun dilapisi lilin, warna biru-hijau terang, lonjong-bulat panjang dan sempit, dengan panjang sekitar 30 cm.

Bunganya sekitar 8-11 cm (3,1-4,3 in) lebar. Bentuknya ibarat tas atau sepatu perempuan (maka bunga ini biasa disebut sebagai selop/sandal perempuan tropis). Spesies ini mekar berulang kali dengan dua bunga, memproduksi yang gres sesudah usang yang jatuh. Periode berbunga sangat panjang, membentang dari Spring hingga ekspresi dominan dingin. Spesies ini sangat mirip dengan Paphiopedilum liemianum, tetapi yang terakhir mempunyai daun hijau yang kuat, sementara di yang pertama mereka lebih jelas.

Anggrek selop mempunyai habitat alaminya di lereng gunung berapi yang sering hujan dan tebing kapur lembab. Ia lebih suka matahari untuk naungan parsial dan tanah berkapur dengan lumut, pada ketinggian 200-700 meter (660-2,300 kaki) di atas permukaan laut.

Spesies ini banyak terdapat di Asia Tenggara (Indonesia, Timur dan Barat Daya Jawa (Gunung Semeru, Lumajang) dan Sumatera Tengah).

3. Bromheadia finlaysoniana

Jenis anggrek yang ketiga tersebar luas di daerah Burma; Thailand; Kamboja; Laos; Vietnam; Semenanjung Melayu; Singapura; Sumatra; Borneo; Brunei; Maluku; New Guinea, termasuk Papua Nugini; Semenanjung Cape York di Queensland, Australia; dan Kepulauan Anambas.

Bromheadia finlaysoniana tumbuh di daerah basah, biasanya dekat sungai, pada ketinggian 0-200 meter. Jenis ini tumbuh hinggamencapai tinggi 1 hingga 1,5 meter, dengan daun kaku berukuran 100-150 mm x 20-30 mm. Bunga-bunganya biasa muncul antara Juni hingga Maret. Biasanya orang melihat hanya kuncup sebab bunga hanya mekar sebentar pada siang hari.

4. Paphiopedilum robinsonianum

Paphiopedilum robinsonianum adalah spesies anggrek sandal yang banyak terdapat di Sulawesi, Indonesia, di mana hal ini diketahui dari dua gunung di Kabupaten Sulawesi Tengah. Gunung ini dibatasi untuk habitat hutan pegunungan tropis pada ketinggian sekitar 1400 meter.

5. Aerides odorata

Aerides odorata adalah jenis tumbuhan yang tersebar luas di sebagian besar Asia Tenggara, ditemukan di hutan dataran rendah China (Yunnan, Guangdong), Himalaya, Bhutan, Assam, Bangladesh, India, Nepal, Kepulauan Andaman dan Nicobar, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kepulauan Sunda, dan Filipina. Habitat alaminya yaitu hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis. Anggrek jenis ini terancam oleh hilangnya habitat.

6. Calanthe pulchra

Anggrek ini ditemukan di Laos, Thailand, Kalimantan, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatera di hutan lembab pada ketinggian 130-1.700 meter. Jenis ini merupakan anggrek dengan ukuran sedang hingga besar.

7. Dendrobium amboinense (the Amboin Island dendrobium)

Dendrobium Amboinense atau dendrobium Amboin Island, yaitu anggrek berbunga di dataran rendah dari subtribe Dendrobiinae. Spesies ini banyak ditemukan di pulau Ambon dan pulau-pulau terdekat di Laut Banda, Indonesia.

Anggrek ini memiliki pseudobulbs yang mencapai sekitar 50 cm (20 inci) tingginya. Mereka menghasilkan dua atau tiga daun dengan panjang sekitar 6 cm dan lebar sekitar 2,5 cm. Bunga-bunga diproduksi pada tandan yang sangat pendek. Bunga-bunga berbunga hingga 20 sentimeter. Bunga mekar di malam hari. Bunga yang gres mekar berwarna putih tulang, dan ketika sore berjalan menjelang malam, warna perlahan berubah ke warna pucat oranye mengkilap

8. Abdominea minimiflora

Abdominea minimiflora atau Abdominea berbunga kecil, yaitu spesies epifit anggrek monopodial sangat langka dan satu-satunya spesies dari marga Abdominea monospecific. Bunga ini disebarkan dari Thailand ke Semenanjung Melayu, Jawa, dan Filipina.

Nama bunga ini berasal dari bahasa Latin abdomen, yang berarti perut. Hal ini mengacu pada kesamaan antara bentuk labellum (bibir) dan bentuk perut serangga. Bunga anggrek ini menghasilkan bunga sangat kecil, lebar sekitar 0,45 cm.

9. Selop atau kasut kumis (Paphiopedilum chamberlainianum)

10. Anggrek bulan Kalimantan barat (Paraphalaenopsis serpentilingua)

11. Anggrek stuberi (Dendrobium lasianthera)

12. Anggrek larat (Dendrobium phalaenopsis)

Dan masih banyak lagi jenis anggrek lainnya. Nah, jikalau anda sendiri kira-kira ingin membudidayakan jenis anggrek yang mana? Tergantung selera anda.

Nah, kini mari kita kembali ke topik utama kita yaitu cara menanam anggrek. Untuk menanam anggrek sendiri sanggup dilakukan dengan memakai pot. Kenapa dengan memakai pot? Karena akan lebih gampang kita pinda-pindahkan sesuai dengan harapan kita.

Biasanya, bunga anggrek ini di tempatkan di depan rumah, halaman belakang, bahkan untuk mempercantik ruang tamu Anda. Makanya kita gunakan pot sebagai media untuk budidaya.

Cara Menanam Anggrek Step by Step

Agar bunga anggrek yang akan anda budidayakan sanggup hidup dan tumbuh dengan optimal ada beberapa perlakuan yang harus anda lakukan. Berikut ini Sentrabudidaya akan coba menjabarkan secara lengkap cara menanam anggrek untuk anda:

1. Tahap Menentukan Bibit

Tahap awal yang perlu mendapat perhatian yaitu penentuan jenis anggrek yang akan kita budidayakan. Sebagaimana yang sudah dijabarkan di atas, ada banyak sekali jenis tumbuhan anggrek yang sanggup kita budidayakan.

Berikut ini kami uraikan jenis tumbuhan anggrek semoga sanggup anda pilih:

  • Anggrek Catteleya yang terkenal eksotis dan cantik
  • Anggrek Dendrodium, nah untuk anggrek jenis ini termasuk jenis yang paling popuper di kalangan pecinta anggrek
  • Anggrek Grammathopilum, yaitu anggrek raksasa dari Papua
  • Anggrek Oncidium, dari varietas ini yang terkenal yaitu anggrek jenis Golden Shower
  • Anggrek Phalaenopsis, jenis anggrek bulan yang sangat dekat di kalangan para pecinta anggrek yaitu dari varietas ini
  • Anggrek Vanda atau anggrek potong
  • Anggrek Spathiphyllum

Nah, kira-kira jenis mana yang ingin anda budidayakan?

Jika anda sudah memilih jenis apa yang akan anda budidayakan, selanjutnya silahkan anda dapatkan bibit yang berkualitas dari para pengrajin atau penjual tumbuhan hias terutama pecinta anggrek semoga bibit yang diperoleh benar – benar berkualitas.

2. Tahap Persiapan Media Tanam

Langkah berikutnya yaitu mempersiapkan media tumbuh tumbuhan anggrek. Kita akan bahas khusus untuk media berupa pot dengan ukuran sedang.

Silahkan siapkan pot dengan ukuran sedang kemudian siapkan media tanam yang terdiri dari beberapa adonan materi baku diantaranya tanah, pupuk sangkar yang sudah difermentasikan, arang, kulit kelapa atau batok, sabut kelapa, serta pecahan genting atau sanggup dengan pecahan batubata.

Nah, untuk susunan media tumbuh tersebut, mulai dari pecahan kerikil bata di kepingan terbawah dari pot, kemudian batok dan sabut kelapa diatasnya, kemudian gres masukkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar dibagian paling atas dari pot. Tujuan dari batubata tersebut yaitu semoga pada ketika penyiraman dilakukan, air tidak tergenang di dasar pot dan sanggup merusak akar tumbuhan anggrek Anda.

3. Tahap Penanaman Bunga Anggrek

Setelah media tumbuh selesai, maka tahapan selanjutnya yaitu menanam bunga anggrek ke dalam media yang sudah kita siapkan tadi. Pindahkan bibit bunga anggrek tersebut kedalam pot yang sudah terisi oleh adonan materi – materi tersebut diatas, kemudian tutup dengan bubuk hingga batas pangkal batang bibit anggrek.

Perlu juga untuk diperhatikan, sebaiknya kita memindahkan atau menanam bunga anggrek tersebut pagi hari sebelum jam 8 semoga matahari belum terlalu terik sehingga tumbuhan anggrek yang gres tersebut tidak gampang layu. Setelah ditanam kemudian eksklusif disirami dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tumbuhan anggrek.

4. Pemeliharaan Intens

Tahapan yang tidak kalah krusial yaitu proses pemeliharan tumbuhan semoga sanggup tumbuh dengan baik. Hal terpenting dari pemelihaan bunga anggrek yaitu problem penyiraman.

Sebenarnya bunga angrek lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab namun tidak menghendaki penyiraman atau penyemprotan eksklusif kepada bunga anggrek itu sendiri. Penyemprotan eksklusif justru terkadang sanggup merusak kuncup bunga anggrek yang belum mekar.

Cara menjaga kelembaban lingkungan tumbuhan anggrek Anda sanggup dilakukan dengan menyirami sekeliling tanah di dalam pot secukupnya, namun tidak mengenai tumbuhan anggrek itu sendiri. Penyiraman dilakukan setiap pagi hari semoga tumbuhan anggrek tidak lekas layu dan tercukupi kebutuhan akan air bagi tumbuhan anggrek.

Itulah step by step cara menanam anggrek yang harus kita lakukan.

Tips Perawatan Bunga Anggrek

Meskipun cara menanam anggrek yang kita lakukan sudah benar, kita tetap butuh perawatan khusus. Hal ini bertujuan semoga proses budidaya bunga anggrek kita sanggup berjalan baik, maka berikut ini beberapa tips perawatan bunga anggrek yang mesti anda lakukan:

  • Agar sanggup tumbuh maksimal letakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara alami, tetapi jangan terlalu panas. Idealnya jangan meletakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Memberikan cahaya lampu. Hal ini dilakukan bila kau menaruh bunga anggrek di dalam ruangan, dengan adanya lampu tersebut akan menjaga bunga anggrek tidak kekurangan cahaya.
  • Menjaga kelembaban bunga anggrek. Sebagai salah satu tumbuhan tropis tentu menjaga kelembaban tumbuhan sangat penting untuk dilakukan.
  • Memberikan pupuk. Sebagai tumbuhan budidaya tentu anggrek juga memerlukan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh sebab itu berikan pupuk untuk tumbuhan ini dengan jenis pupuk untuk tumbuhan tropis.
  • Itulah cara yang paling sederhana untuk merawat bunga anggrek semoga tetap sanggup tumbuh subur dan berkembang dengan baik.

Manfaat Bunga Anggrek

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menanam bunga anggrek, mari kita simak apa saja manfaat bunga anggrek itu. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Anggrek Sebagai Tanaman Hias

Manfaat anggrek yang pertama yaitu bunga anggrek sebagai tumbuhan hias. Sebagaimana yang sudah dijabarkan sebelumnya, bahwa tumbuhan hias yang satu ini mempunyai bermacam-macam variasi warna dan jenis yang sangat banyak. Tingginya minat pada tumbuhan ini menciptakan sebagian orang memanfaatkannya dengan mengakibatkan anggrek sebagai tumbuhan hias di dalam pot.

2. Anggrek Sebagai Simbol dan Aroma Pengharuman

Manfaat bunga anggrek yang kedua yaitu sebagai simbol dan aroma pengharum. Bunga anggrek ini sanggup dijadikan sebagai simbol rasa cinta, keindahan dan kemewahan selama berabad-abad lamanya. Pada zaman dahulu di bunga di jadikan sebagai simbol kejantanan bagi bangsa Yunani. Sedangkan di Tiongkok anggrek dipercaya sebagai tumbuhan yang mengeluarkan aroma harum dari badan raja mereka.

3. Anggrek Sebagai Tanaman Herbal

Yang tidak kalah penting dari manfaat bunga anggrek yaitu sebagai herbal untuk mengatasi aneka macam jenis penyakit. Tahukah anda? Tanaman ini telah dipakai sebagai salah satu sumber obat-obatan herbal di Cina semenjak 2800 SM. Gastrodia elata merupakan salah satu jenis anggrek dari genus Gastrodia adalah salah satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang pertama dikenal di Cina sebagai jenis anggrek yang dipakai untuk pengobatan(Shennon bencaojing).

4. Anggrek Sebagai Bahan Makanan

Ternyata bunga anggrek sanggup dipakai sebagai materi pangan khususnya sebagai materi penyedap makanan. Untuk anggrek yang sanggup dijadikan sebagai pengharum masakan yaitu anggrek jenis Vanili atau nama latinya Vanilla planifolia merupakan salah satu keluarga suku anggrek. Ada juga anggrek Orchis mascula yang telah dijadikan bubuk untuk dijadikan bumbu memasak.

Selain kedua jenis anggrek di atas masih banyak lagi jenis anggrek yang biasa dijadikan materi baku masakan mirip anggrek Saprophytic dari kelompok Gastrodia menghasilkan umbi-umbian. Tanaman ini dikonsumsi sebagai masakan oleh orang pribumi di Australia dan sanggup berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.

Bagaimana? Anda sudah tahu cara menanam anggrek dari awal hingga tamat bukan? Sekarang anda niscaya sudah tidak sabar lagi ingin segera mempercantik rumah anda dengan tumbuhan anggrek?

Demikianlah panduan cara menanam anggrek dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan juga Cara Budidaya Seledri untuk Pemula Step by Step


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Step By Step"

Posting Komentar