Panduan Cara Menanam Bayam Step By Step

Cara Menanam Bayam – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, kali ini kami akan membahas mengenai proses penanaman bayam. Namun sebelum itu kami akan menjelaskan apa itu bayam? Bayam ialah tumbuhan yang banyak mengandung zat besi, pecahan dari bayam yang dipakai ialah daunnya serta tumbuhan ini berasal dari Amerika.

Jumlah penduduk di indonesia yang banyak mengakibatkan kebutuhan akan bayam semakin bertambah, oleh lantaran itu dengan melaksanakan budidaya bayam sanggup menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Oleh lantaran itu kami disini akan menjelaskan ihwal cara menanam bayam dibawah ini.

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Namun sebelum kami menjelaskan cara menanam, lebih baik anda ketahui dulu apa saja manfaat yang diperoleh badan sehabis mengkonsumsi bayam dibawah ini.

  • Dapat menjaga kesehatan mata
  • Dapat menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah penuan dini
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan efesien otot
 kali ini kami akan membahas mengenai proses penanaman bayam Panduan Cara Menanam Bayam Step by Step
Cara Menanam Bayam

Syarat-Syarat Tumbuh Tanaman Bayam 

Tentu saja bayam mempunyai beberapa faktor yang harus dipenuhi biar sanggup tumbuh dengan optimal, oleh lantaran itu kami disini akan menjelaskan syarat-syarat dibawah ini.

  1. Lokasi penanaman

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ialah lokasi penanaman, lantaran bayam hanya sanggup tumbuh pada dataran rendah hingga menengah saja dengan ketinggian 5-2.000 diatas permukaan laut.

  1. Iklim

Tanaman bayam memerlukan sinar matahari yang tinggi, kemudian suhu tempat yang cocok untuk menanam bayam ialah 20-30 CC. Curah hujan mencapai 1.000-2000 mm serta kelembaban tempat mencapai 60 %.

  1. Tanah

Tanaman bayam memerlukan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara, pH yang cocok untuk bayam ialah 6,7 sedang tanah yang kurang dari 5 pH-nya lebih baik melaksanakan proses pengapuran terlebih dulu.

Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Merah Lengkap Step by Step

Panduan Cara Menanam Bayam Step by Step

Baiklah diatas tadi merupakan syarat-syarat tumbuh tumbuhan bayam maksimal, selanjutnya kami akan membahas tahap-tahap cara menanam bayam dibawah ini.

1. Pemilihan bibit berkualitas

Tahap pertama sebelum melaksanakan budidaya bayam ialah pemilihan bibit yang berkualitas, lantaran tidak semua bibit yang dijual di toko pertanian mempunyai kualitas yang baik. Oleh lantaran itu kami disini akan memperlihatkan cara menentukan bibit bayam berkualitas dibawah ini.

Cara menentukan bibit bayam berkualitas 

  • Pertama pilihlah indukan bayam yang dalam kondisi sehat
  • Selanjutnya indukan bebas dari hama dan tahan dari serang penyakit
  • Produktivitas kecambahnya tinggi mencapai 90%

Selain dengan cara diatas kami juga akan mengajukan cara lain dengan membeli bibit di toko pertanian erat rumah masing-masing, disini kami akan memperlihatkan 3 jenis bibit bayam berkualitas 1. Bayam raja, 2. Bayam cabut dan 3. Bayam merah.

2. Proses penyemaian

Tahap berikutnya ialah penyemaian bibit bayam, proses ini dilakukan biar calon tanam bayam sanggup tumbuh secara maksimal, mendapatkan pemeliharaan secara optimal, selanjutnya biar calon tumbuhan bayam sanggup lebih gampang beradaptasi. Nah disini kami akan menjelaskan cara melaksanakan penyemaian bibit bayam dibawah ini.

  • langkah pertama siapkan cangkul, sabit dan plastik atau jerami
  • setelah semua alat disiapkan, tentu lahan yang akan dipakai sebagai tempat penyemaian bibit bayam
  • lalu bersihkan lahan denga cangkul ataupun sabit, sehabis itu anda sanggup memakai plastik atau jerami sebagai epilog permukaan lahan semai
  • begitu selesai menciptakan atap lahan, langkah berikutnya ialah menaburkan bibit atau benih bayam kemudian tutup dengan tipis memakai tanah.
  • Lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari
  • Setelah bibit berusia 1-2 minggu, pindahkan tumbuhan bayam kedalam pot yang sebelum sudah diisi dengan tanah dan pupuk
  • Langkah terakhir ialah proses perawatan bayam, anda sanggup melaksanakan penyiraman bayam selama 7 hari dari awal dipindahkan kedalam pot.

3. Pengolahan lahan tanam

Cara menanam bayam berikutnya ialah pengolahan lahan tanam, sebelum kami sudah menjelaskan cara penyemaian bibit bayam selanjutnya kami akan menjelaskan tahap tahap pengolahan lahan dibawah ini.

 kali ini kami akan membahas mengenai proses penanaman bayam Panduan Cara Menanam Bayam Step by Step
Lahan untuk Menanam Bayam

Cara pengolaan lahan 

  • Siapkan beberapa alat dan materi yang akan dipakai untuk pengolahan lahan berupa cangkul, sabit dan pupuk sangkar yang sudah kering
  • Langkah berikutnya tentukan lokasi yang akan dipakai untuk budidaya bayam. Lakasi harus sudah memenuhi syarat-syarat tumbuh tumbuhan bayam diatas
  • Setelah anda menentukan lokasi tersebut sudah pas, langkah selanjutnya yang sanggup dilakukan ialah pencucian lokasi/area lahan dari rumput maupun hama pengganggu lainnya sanggup memakai sabit ataupun cangkul.
  • Jika lokasi sudah dipastikan higienis dari hama dan rumput, anda sanggup melaksanakan pemabajak tanah memakai cangkul dengan kedalam 50 cm dalam langkah ini anda sanggup menambahkan pupuk sangkar dan diamkan selama 2 minggu
  • Langkah selanjutnya anda sanggup menciptakan bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi 50 cm dan panjang yang diadaptasi dengan kondisi lahan
  • Lalu buat jarak drainase antara bedengan dengan jarak 40 cm
  • Langkah terakhir ialah menciptakan lubang untuk penanaman bayam dengan jarak antar lubang 50 cm

4. Proses penanaman

Cara menanam bayam selanjtnya ialah proses pemindahan bayam dari tempat semai kelahan tanam yang sudah diolah sebelumnya.

Proses penanaman bayam sangatlah mudah, lantaran anda hanya harus mengambil bibit dari tempat semai berupa pot ataupun lahan terbuka sehabis itu masukan setiap lubang di bedengan dengan calon tumbuhan bayam kemudian tutup memakai tanah serta pupuk sangkar kering dan siram dengan air secukupnya.

5. Proses perawatan bayam

Cara menanam bayam selanjutnya ialah proses perawatan, lantaran terperinci tumbuhan juga butuh perawatan dan pemeliharaan biar sanggup tumbuh secara maksimal. Walaupun bergotong-royong bayam tetap sanggup tumbuh meski tidak dilakukan perawat tapi tetap saja kesudahannya akan lebih rendah dengan bayam yang mendapatkan perawatan baik dari segi penyiangan, penyulaman, penyiraman serta pemupukan susulan.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa perawatan bayam dibawah ini.

Cara perawatan bayam 

  • Penyulaman

Proses ini bertujuan untuk mengganti tumbuhan bayam yang mati dengan tumbuhan bayam yang gres diambil dari tempat semai, namun penyulaman hanya sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berumur dibawah 1 ahad lantaran kalau lebih maka proses pertumbuhannya tidak akan sama.

  • Penyiangan

Sedangkan maksud dari proses penyiangan ialah pencucian lahan dari rumput atau hama pengganggu lain dengan memakai tangan ataupun pinjaman alat menyerupai sabit dan cangkul

  • Penyiraman

Bayam memerlukan air yang banyak ketika fase awal pertumbuhan ditambahan lagi pada proses penanaman masuk animo kemarau, anda harus menyiram setiap hari dipagi dan sore hari.

  • Pemupukan

Hal lain yang tidak kalah penting dari beberapa perawatan diatas ialah pemberian pupuk susul, alasannya ialah kita tidak tahu apakah unsur hara pada tanah cukup sebagai materi makan tumbuh oleh lantaran itu proses pemupukan sangat penting untuk masa pertumbuhan bayam. Anda sanggup melaksanakan pemupukan dengan pupuk organik sebanyak 0,5 gram per lubang.

6. Proses panen

Tahp panen ialah tahap yang nanti-nati oleh petani alasannya ialah dengan panen mereka biasa mencicipi jerih payah merawat dan menanam bayam dari awal hingga sekarang. Beberapa hal penting yang harus anda tahu sebelum panen, biasanya bayam yang siap panen berusia 30 hari serta mempunyai ketinggia 20 cm.

Proses panen sangat baik dilakukan pada pagi dan sore hari tujuannya biar bayam tidak cepat layu. Selain itu kalau sudah masuk masa panen lakukan panen selama 4 hari secara berangsur-angsur untuk menunggu tumbuhan yang belum siap panen.

Baiklah itu sedikit info dari kami ihwal cara menanam bayam, semoga sanggup menjadi tutorial bagi anda yang ingin memulai berbudidaya bayam sendiri baik untuk keperluan eksklusif atau sebagai bisnis terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap untuk Pemula


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menanam Bayam Step By Step"

Posting Komentar