Panduan Cara Menanam Bawang Putih Yang Benar!

Cara Menanam Bawang Putih –  Kembali lagi bersama Sentrabudidaya, sebelumnya kami sudah menyajikan wacana Panduan Budidaya Semangka Step by Step Hingga Sukses kali ini kami akan membahas cara menanam bawang putih sebelum itu ada baiknya anda ketahui dulu apa itu bawang putih serta manfaat yang diperoleh sehabis mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih ialah tumbuhan yang masuk dalam jenis Genus Allium ( buah umbinya yang dikonsumsi), selain itu bawang putih juga sudah usang dikenal serta dipakai didaerah bahari tengah dan menjadi bumbu masak di Asia Afrika serta Eropa semenjak 7.000 tahun yang lalu.

Setelah anda mengetahui apa itu bawang putih, selanjutnya kami akan membahas manfaat yang diperoleh sehabis mengkonsumsi bawang putih dibawah ini.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang menarik untuk kita ketahui:

1. Bawang putih sanggup mencegah kanker

Dari beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti khasiat yang sangat besar terlihat pada pencegahan kanker, lantaran kita ketahui bahwa penyakit kanker sangat berbahaya bagi badan serta jikalau tidak diobati akan menyebabkan simpulan hidup bagi penderita. Oleh lantaran itu sangat kami anjurkan bagi anda penderita atau belum penderita ada baiknya untuk mengkonsumsi bawang putih lantaran mencegah lebih baik dari pada mengobati.

2. Bawang putih sanggup menurunkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya dar bawang putih ialah menurunkan tekanan darah, dari beberapa sumber yang kami ambil bawang putih sanggup menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8%.  Anda sanggup mengolah banyak putih menjadi bubuk semoga lebih gampang dikonsumsi, selain itu anda juga sanggup mengkonsumsi bawang putih dengan cara dimasak.

3. Bawang sanggup menjadi antivirus/ antioksidan

Manfaat yang sangat populer lainnya ialah mencegah antivirus atau sebagai antioksidan bagi tubuh, lantaran didalam badan kita banyak yang namanya bakteri, jamur, ragi, virus serta cacing dengan mengkonsumsi bawang putih anda sanggup mencegah perkembangan semua hama jelek didalam tumbuh.

Panduan Cara Menanam Bawang Putih 

Setelah kami membahas manfaat bawang putih, Sentrabudidaya akan membawa topik utama yaitu cara menanam bawang putih dibawah ini.

1. Waktu tanam

Kenapa kami menentukan waktu tanam sebagai hal terpenting dari cara menanam bawang putih? Karena bawang putih hanya sanggup tumbuh dengan baik pada ekspresi dominan kemarau meskipun tumbuhan ini sangat memerlukan air yang banyak, tapi jikalau kondisi tanah pada tempat penanaman bawang putih becek akan menurunkan kualitas dari umbi bawang putih yang dihasilkan.

Oleh lantaran itu kami sangat menyarankan untuk menanam bawang putih pada ekspresi dominan kemarau di bulan April hingga juni, semoga hasil umbi bawang putih terjaga kualitasnya.

2. Pemilihan bibit/benih bawang putih berkualitas

Cara menanam bawang putih berikutnya ialah pemilihan bibit/benih yang berkualitas, lantaran jikalau bibit yang berkualitas serta cara menanam bawang putih dilakukan dengan benar hasil yang diperoleh tidak akan mengecewakan.

 sebelumnya kami sudah menyajikan wacana  Panduan Cara Menanam Bawang Putih yang Benar!
Pemilihan bibit bawang putih berkualitas

Kali ini kami akan menyajikan bagaimana cara menentukan bibit/benih bawang putih berkualitas, bibit/ benih yang berkualitas mempunyai proses pertumbuhan yang cepat.

Ciri-ciri bawang putih berkualitas 

Terdapat beberapa ciri-ciri tumbuhan bawang putih berkualitas dibawah ini.

  • Bibit atau benih higienis dari kotoran

Bibit atau benih yang berkualitas mempunyai kondisi fisik yang higienis apalgai jikalau bibit atau benih itu termaksud dalam kategori unggulan, selain higienis dari kotoran bibit atau benih bawang putih juga higienis dari hama, gulma.

  • Bibit atau benih bawang putih berisi/bernas

Maksud dari ciri yang kedua ini sangatlah simple, pada dasarnya bibit atau benih tidak terjangkit hama yang menyebabkan kompong. Dalam duduk perkara ini anda sanggup melaksanakan metode yang gampang menyerupai menenkan bibit atau benih bawang putih yang tidak terbungkus oleh plastik atau anda juga sanggup melaksanakan metode penimbangaan.

Selain itu anda juga sanggup melaksanakan metode perendaman, lantaran jikalau bibit atau benih bawang putih yang berisi/bernas akan karam jikalau direndam dalam air. Anda harus memperhatikan hal ini lantaran jikalau anda menentukan bibit atau benih yang kompong, maka anda sanggup mengalami gagal panen.

  • Bibit atau benih bawang putih berwarna cerah

Ciri selanjutnya ialah warna dari bibit atau benih bawang merah tersebut, lantaran bibit atau benih yang berkualitas mempunyai warna yang cerah meskipun sudah disimpan dalam waktu yang lama.

Saran dari kami sehabis membeli bibit atau benih yang berwarna cerah, hindari penyimpanan dalam lingkungan yang mengandund patogen lantaran sanggup merusak kualitas dari benih bawang putih serta menciptakan warna menjadi kusam.

  • Bibit atau benih bawang merah mempunyai ukuran yang sama/seragam

Ciri yang terakhir ini sangat gampang anda perhatikan, lantaran anda hanya perlu memperhatikan ukuran setiap benih bawang putih yang akan dibeli. Biasanya benih bawang putih berkualitas mempunyai ukuran yang sama/seragam dengan bibit yang lain.

Selain itu jikalau bibit atau benih terlalu besar bukan berarti itu termaksud tanda bahwa benih tersebut bagu atau berkualitas, lantaran bibit yang berkualitas mempunyai volume umbi yang sama dengan umbi lainnya.

Setelah kami menyajikan cara menentukan bibit atau benih yang berkualitas, semoga anda tidak keliru lagi dalam menentukan bibit mana yang berkualitas dan bibit mana yang buruk.

3. Pengolahan lahan tanam bawang putih

Tahap berikutnya pengolahan lahan tanam bawang putih, terperinci tumbuhan bawang putih mempunyai kriteria tempat tanam menyerupai jenis tanah, kadar PH tanah. Kali ini kami akan menyajikan lahan tanam yang cocok untuk tumbuhan bawang putih, tananaman bawang putih sangat suka jenis tanah lempung berpasir serta struktur tanah yang gembur selain itu tumbuhan ini juga suka pada tanah yang mempunyai kadar PH 5,5-7.

Selanjutnya kami akan menyajikan cara mengolah lahan tanam bawang putih yang benar dibawah ini.

Cara pengolahan lahan tanam

Pertama yang perlu anda lakukan ialah menyiapkan peralatan berupa cangkul, lantaran anda akan melaksanakan penggemburan tanah yang akan dipakai sebagai media tanam, sehabis penggemburan tanah selesai tahap selanjutnya melaksanakan pemupukan sanggup memakai pupuk sangkar diawal penanaman.

Tahap berikutnya melaksanakan pengecekan pH tanah, jikalau pH tanah dibawa 5 ada baiknya melaksanakan pengapuran terlebih dulu. Berikutnya proses pembuatan bedengan, buatlah bedeng panjang sesuai jumlah tumbuhan bawang yang akan ditanam dan luas bedengan 125 cm. Tahap terakhir ialah pembuatan lubang yang akan diisi calon bibit atau benih bawang putih.

4. Penanaman bibit atau benih bawang putih

tahap berikutnya ialah proses penanaman benih bawang putih, anda sanggup mengisi lubang yang sudah disiapkan pada proses pengolahan lahan tadi dengan memasukan satu benih disetiap lubang. Setelah itu tutup memakai tanah dengan tipis kemudian siram dengan air secukupnya.

 sebelumnya kami sudah menyajikan wacana  Panduan Cara Menanam Bawang Putih yang Benar!
Cara Menanam Bawang Putih

setelah proses penanaman selesai, anda harus melaksanakan proses perawatan atau pemeliharaan tumbuhan bawang putih semoga tumbuh secara maksimal.

Cara Memelihara Tanaman Bawang Putih 

Berikut ini beberapa cara memelihara bibit atau benih bawang putih semoga tumbuh secara maksimal:

1. Pemupukan

Dalam proses pemeliharaan bawang putih, cara pemeliharaan yang pertama ialah proses pemupukan dalam proses ini anda sanggup memakai 2 jenis pupuk yaitu pupuk organik dan non-organik.

2. Pemulasan

Kegiatan ini dilakukan pada ekspresi dominan kemarau lantaran jikalau dilakukan pada ekspresi dominan penghujan sanggup menyebabkan tanah terlalu lembab serta sanggup merusak kualitas bawang putih. Bahan pemulasan berupa jerami atau sisa-sisa tumbuhan yang sudah mati lantaran sanggup meningkatkan suhu disekitar area tanam.

3. Pengairan

Cara berikutnya dengan melaksanakan pengairan/membuat parit disekitar area bedengan tumbuhan bawang putih, pada tahap awal sebaiknya pengairan dilakukan 2-3 sehari, namun sehabis masuk proses pertumbuhan tunas proses pengairan dilakukan 7-15 hari sekali. Selain itu jikalau tumbuhan bawang putih sudah mendekati panen hentikan proses pengairan.

4. Panen

Tahap selanjutnya ialah panen, proses ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani dari menentukan waktu tanam, pemilihan bibit berkualitas, pengolahan lahan serta proses penanaman dan pemeliharaan tumbuhan bawang putih. Waktu panen biasanya tergantung pada jenis bawang putih yang dipilih, namun biasanya bawang putih panen sekitar 90-120 hari.

Sebelum kami membahas proses panen ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri tumbuhan bawang putih yang sudah siap panen, warna daun berubah dari hijau menjadi kecoklatan. Dalam proses panen anda harus menghentikan semua acara pemupukan, pengairan serta pemulasan.

Setelah klarifikasi diatas kami akan menyajikan cara panen bawang putih dengan benar semoga kualitas yang dihasilkan tidak berubah.

 sebelumnya kami sudah menyajikan wacana  Panduan Cara Menanam Bawang Putih yang Benar!
Panen Bawang Putih

Cara Panen Bawang Putih dengan Benar

  • Anda sanggup memakai tangan langsung, tapi yang perlu anda ingat ketika proses panen harus dilakukan pada cuaca cerah
  • Setalah itu kumpulan umbi bawah putih menjadi satu, kemudian ikat sebanyak 20-30 rumpun per ikatan serta dijemur hingga batang benar-benar kering.
  • Proses penjemuran dilakukan dibawah sinar matahari langsung, tapi umbi bawang putih ditutup memakai kain semoga tidak terkena sinar matahari
  • Setelah batang bawang putih benar-benar kering simpan pada tempat yang mempunyai kadar kelembaban rendah, semoga umbi bawang putih tidak busuk.

Baiklah itu sedikit gosip dari kami mengenai Cara Menanam Bawang Putih dengan benar, bagaimana berdasarkan anda? Sudah cukup terperinci bukan? Langsung saja lakukan budidaya bawang putih sendiri dengan mengikut cara-cara diatas, sekian dari kami terimakasih.

Simak juga: Panduan Cara Menanam Bawang Merah Step by Step


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menanam Bawang Putih Yang Benar!"

Posting Komentar