Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap Untuk Pemula

Cara Menanam Terong – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, kali ini kami akan membahas wacana step by step menanam terong. Namun sebelum itu kami akan menjelaskan mengenai apa itu terong? Terong yakni tumbuhan yang masuk dalam keluarga kentang, kemudian bab yang dipakai sebagai materi konsumsi  yaitu buahnya dan terong berasal dari india serta Srilanka.

Sebenarnya acara budidaya terong tidaklah susah, hanya saja anda memang benar benar harus paham cara menanam terong. Tanaman ini merupakan salah satu sayuran favorit di indonesia, oleh lantaran itu jikalau budidaya terong sanggup benar-benar menjadi perjuangan bertani yang menjanjikan. Oleh lantaran itu kami disini akan menjelaskan cara menanam terong dibawah ini.

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Sebelum kami masuk lebih dalam mengenai proses penanaman, ada baiknya anda ketahui manfaat dari terong dibawah ini:

  • Dapat menyehatkan jantung
  • Menurunkan berat badan
  • Menbantu proses pencernaan
  • Mengontrol kadar gula
  • Menyehatkan kulit

Syarat syarat tumbuh tumbuhan terong 

Berikut ini beberapa persyaratan semoga tumbuhan terong yang kita tanam sanggup tumbuh optimal:

1. Lokasi penanaman

Terong sanggup tumbuh dengan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi asal ketinggian lokasi mencapai 1.000 diatas permukaan laut.

2. Iklim

Hal penting lainnya yang peru anda perhatikan yakni iklim, kami menyarankan pada anda untuk melaksanakan budidaya terong pada awal isu terkini kemarau (bulan maret/april).

3. Tanah

Terong sanggup tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang subur dan tidak tergenang oleh air, ph tanah 5-6 jikalau ph tanah kurang atau lebih anda sanggup melaksanakan proses pengapuran terlebih dahulu.

 kali ini kami akan membahas wacana step by step menanam terong Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap untuk Pemula
Cara Menanam Terong

Cara Menanam Terong Step by Step

Sebelumnya kami sudah membahas syarat-syarat tumbuh tumbuhan terong diatas, berikutnya kami akan membahas tahap-tahap cara menanam terong dibawah ini:

1. Pemilihan bibit berkualitas

Tahap pertama dalam proses cara menanam terong yang pertama yakni pemilihan bibit, dalam proses pemilihan bibit ada dua cara yaitu dengan membeli bibit terong yang sudah jadi atau mebeli bibit terong bungkusan itu semua kembali lagi pada anda. Dari 2 cara menentukan bibit diatas kami akan membahasnya dibawah ini.

Cara menentukan bibit terong belum jadi 

  • Pilih bibit terong yang mempunyai pertumbuhan seragam
  • Bibit tahan pada berubahan iklim
  • Selanjutnya bibit berpengaruh mendapatkan serangan dari hama dan penyakit
  • Bibit mempunyai produktivitas kecambah yang cepat sekitar 90%
  • Bibit tahan dipindahkan kelokasi lain

Selanjutnya kami akan membahas cara menentukan bibit dengan cara kedua yaitu membeli bibit terong yang sudah jadi akan dijelaskan dibawah ini.

Cara menentukan bibit terong yang sudah jadi 

  • Pertama pilihlah bibit yang kondisi fisiknya segar
  • Selanjutnya pilihlah bibit yang mempunyai daun lebar
  • Terakhir pilihlah bibit terong yang unggulan

2. Proses penyemaian

Tahap berikunya adala penyemaian, dalam proses sebelumnya kami sudah membahas cara menentukan bibit terong jikalau anda lebih menentukan bibit terong yang sudah jadi maka tidak perlu melalui proses penyemaian namun yang menentukan bibit terong belum jadi maka harus melewati proses penyemain. Tujuan dari penyemaian yakni semoga tumbuhan terong sanggup tumbuh secara optimal, dalam proses pengontrolan lebih gampang serta calon tanam terong akan lebih gampang beradaptasi. Dibawah ini kami akan menjelaskan tahap-tahap penyemaian.

Cara penyemaian bibit 

  1. Pilihlah tempat penyemaian sanggup memakai pot atau lahan terbuka
  2. Jika anda menentukan memakai lahan terbuka maka buatlah bedengan yang sesuai dengan jumlah bibit yang akan ditanam
  3. Namun jikalau anda menentukan memakai pot, yang perlu anda siapkan yakni tanah gembur dan pupuk sangkar yang sudah kering
  4. Selanjutnya taburkan bibit secara rata di lokasi penyemaian yang anda pilih
  5. Lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari tunggu hingga bibit tumbuh menjadi calon tanam terong

Pengaruh penting cepat atau lambatnya tumbuhan terong tumbuh yakni jenis terong yang anda pilih.

3. Pengolahan lahan tanam

Cara menanam terong berikutnya yakni pengolahan lahan, dalam proses ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan yakni jenis tanah, lokasi penanaman serta iklim dan cuaca didaerah yang anda pilih. Setelah beberapa hal atau syarat tumbuh tumbuhan terong terpenuhi anda sanggup masuk ketahap pengolahan yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara pengolahan lahan 

  • Siapkan alat-alat dan materi bertani menyerupai cangkul, sabit dan pupuk sangkar kering
  • Begitu semua alat dan materi siap, anda sanggup memulai dengan membersihkan lahan dari rumput, dan hama pengganggu
  • Setelah lahan bersih, anda sanggup melaksanakan pengecekan pH tanah jikalau pH tanah dibawah 5 ada baik melaksanakan proses pengapuran terlebih dulu dan biarkan 2-3 minggu
  • Jika proses pengapuran selesai anda sanggup melaksanakan tahap pembajakan sanggup memakai cangkul, pastikan kedalaman pencangkulan mencapai 50 cm dan pada proses pembajakan anda sanggup menambahkan pupuk sangkar yang sudah kering kemudian tunggu lagi hingga 1 minggu.
  • Begitu selesai, langkah berikutnya yakni pembuatan bedengan dengan lebar 140 cm dengan tinggi bedengan 50 cm serta panjang sesuai dengan kondisi lahan tanam
  • Buat drainase antar bedengan dengan jarak 40 cm kemudian anda sanggup menciptakan lubang di bedengan dengan jarak 50 cm per lubang.
  • Biarkan lahan hingga bibit yang ditanami pada tempat semai tumbuh.
 kali ini kami akan membahas wacana step by step menanam terong Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap untuk Pemula
Lahan Budidaya Terong

4. Proses penanaman

Tahap berikutnya mengenai cara menanam terong yakni proses penanaman atau pemindahan calon tanam terong dari tempat semai ke lahan tanam yang sudah diolah sebelumnya.

Sebelum melaksanakan penanaman, siram dulu bedengan memakai air secukupnya kemudian ambil calon tumbuhan ditempat semai atau bibit terong jadi yang anda beli tadi. Setelah itu masukan calon tumbuhan kedalam lubang di bedengan dan tutup memakai tanah serta pupuk sangkar kering.

5. Proses perawatan terong

Sudah jelaskan tumbuhan terong memerlukan perawatan semoga sanggup tumbuh dan berbuah secara maksimal, beberapa cara perawatan terong yakni penyulaman, penyiangan, penyiraman dan pemupukan yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara merawat terong 

  • Penyulaman

Proses ini bertujuan untuk mengganti tumbuhan terong yang mati dengan tumbuhan bayam yang gres diambil dari tempat semai, namun penyulaman hanya sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berumur dibawah 1 ahad lantaran jikalau lebih maka proses pertumbuhannya tidak akan sama.

  • Penyiangan

Sedangkan maksud dari proses penyiangan yakni pencucian lahan dari rumput atau hama pengganggu lain dengan memakai tangan ataupun pertolongan alat menyerupai sabit dan cangkul

  • Penyiraman

Bayam memerlukan air yang banyak ketika fase awal pertumbuhan ditambahan lagi pada proses penanaman masuk isu terkini kemarau, anda harus menyiram setiap hari dipagi dan sore hari.

  • Pemupukan

Hal lain yang tidak kalah penting dari beberapa perawatan diatas yakni pemberian pupuk susul, alasannya yakni kita tidak tahu apakah unsur hara pada tanah cukup sebagai materi makan tumbuh oleh lantaran itu proses pemupukan sangat penting untuk masa pertumbuhan terong.

6. Proses panen

Cara menanam terong terakhir yakni proses panen, tahap yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua petani alasannya yakni pada tahap ini sanggup melaksanakan pemetikan buah atau sayuran terong kemudian dijual atau dikonsumsi pribadi.

Terong yang siap panen berumur 70 hari, dalam melaksanakan panen pilihlah sayuran atau buah terong yang tidak terlalu renta dan mudah, kemudian anda sanggup memetik terong beserta tangkainya, sehabis proses pemetikan terong selesai lakukan penyortiran dulu.

 kali ini kami akan membahas wacana step by step menanam terong Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap untuk Pemula
Hasil Panen Terong

Baiklah itu yakni artikel dari kami mengenai Cara menanam terong, bagi anda yang berminat budidaya terong sanggup mengikut tahap-tahap diatas dan semoga berhasil. Sekian hari kami terimakasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tanaman Anggur Step by Step!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Terong Lengkap Untuk Pemula"

Posting Komentar