Panduan Cara Budidaya Bunga Mawar Step By Step

Cara Menanam Bunga Mawar  – Bertemu lagi dengan Sentrabudidaya, kesempatan kali ini kami akan menyajikan sedikit info wacana cara menanam bunga mawar. Melihat halaman yang indah dan sejuk tentu menjadi idaman semua orang, ditambah lagi anda merupakan orang yang sibuk bekerja.

Oleh alasannya itu banyak manfaat yang sanggup kita ambil dengan menanam bunga mawar di halaman rumah, udara akan semakin sejuk dan indah dipandang mata. Kami sangat menyarankan bagi anda yang sibuk bekerja untuk mempunyai halaman rumah yang indah, tujuan semoga ketika pulang kerja atau pun libur kerja sanggup bersantai sambil menikmati indah dan sejuknya halaman rumah anda.

Banyak orang diluar sana yang galau bagaimana sih cara menanam bunga mawar, anggrek, matahari dan lain-lainnya. Kali ini Sentrabudidaya akan membagikan tips sebelum menanam bunga mawar dan cara menanam bunga mawar dengan benar, tidak ada sesuatu yang sulit bila dikerjakan secara lapang dada dan senang manfaat tentu bukan untuk orang lain tetapi untuk diri anda sendiri.

 kesempatan kali ini kami akan menyajikan sedikit info wacana cara menanam bunga maw Panduan Cara Budidaya Bunga Mawar Step by Step
Cara menanam bunga mawar

Sebelum itu pastikan tujuan anda melaksanakan penanaman bunga mawar untuk apa, lantaran bila penanaman bunga hanya untuk mempercantik halaman rumah ada baiknya menanam memakai media pot saja keunggulan lebih gampang dan mudah dibandingkan menanam memakai lahan tanam yang luas. Tetapi lain bila tujuan anda membudidayakan bunga mawar untuk bisnis lebih baik memakai media lahan lantaran sanggup ditanam dalam jumlah banyak.

Nah, sudah anda tentukan ingin menanam bunga mawar untuk dijual atau hanya mempercantik halaman rumah. Tapi damai saja Sentrabudidaya akan menyajikan semuanya cara menanam bunga mawar dalam pot atau pun di lahan luas, sebelum itu ada baiknya anda mengetahui tips sebelum menanam bunga mawar dibawah ini.

Tips Sebelum Menanam Bunga Mawar

Berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan sebelum menanam bunga mawar:

  • Beli bibit atau benih bunga mawar yang sanggup di iklim daerahmu

Sebab tidak semua jenis bunga mawar sanggup tumbuh di tempat yang beriklim berbeda, lantaran terdapat jenis bunga mawar yang tidak sanggup tumbuh maksimal didaerah yang terlalu cuek dan tempat yang terlalu panas. Ada baiknya anda bertanya dulu kepada penjual jenis bibit mana yang cocok ditanam pada tempat sini atau sanggup bertanya pada petani yang sudah professional semoga terhindar dari gagal panen.

  • Mempersiapkan media tanam yang cocok untuk bunga mawar

Maksud dari pernyataan diatas, anda harus menyiapkan media tanam berupa tanah liat berpasir (kandungan liatnya sebesar 20-30 %), subur, gembur, banyak materi organik, aerasi dan mempunyai drainase yang baik.

  • Menentukan tempat penanaman bunga mawar

Maksudnya anda ingin menanam bunga mawar didalam pot atau pribadi di lahan luas, kalau anda melaksanakan budidaya bunga mawar hanya sebagai hiasan rumah ada baiknya menanam memakai pot lantaran lebih gampang dipindah-pindahkan. Namun bila budidaya bunga mawar sebagai bisnis lebih memakai lahan tanah yang luas saja, tapi hal yang perlu anda ingin pilih lokasi yang jarang terkena sinar matahari.

 kesempatan kali ini kami akan menyajikan sedikit info wacana cara menanam bunga maw Panduan Cara Budidaya Bunga Mawar Step by Step
Cara menanam bunga mawar di polybag

Panduan Cara Menanam Bunga Mawar

Setelah mengetahui beberapa tips sebelum menanam bunga mawar, kami akan kembali pada topik utama kita yaitu cara menanam bunga mawar di lahan tanah luas maupun didalam pot/polybag dibawah ini:

1. Menyiapkan media tanam

Untuk media tanam anda sanggup menanam bunga mawar di lahan yang luas atau dengan memakai pot/polybag:

  • Lahan luas

Tahap pertama pilih lokasi tanam yang tidak terkena sinar matahari terus menerus, jenis tanah gembur serta subur.  Tahap berikutnya yaitu pengolahan lahan anda sanggup membersihkan lahan dari rumput atau hama pengganggu kemudian bajak tanah memakai cangkul atau alat bajak sehabis itu diamkan selama 10-15 hari.

Tahap pengolahan lahan berikutnya yaitu pembuatan bedengan dengan lebar 100-110 cm kemudian tinggi mencapai 30 cm serta jarak antara bedengan satu dengan yang lain sekitar sekitar 40 cm yang selanjutnya mengenai panjang sanggup anda sesuaikan dengan keadaan lokasi atau jumlah bibit/benih bunga mawar yang akan ditanam.

Tahap terakhir yaitu proses pembuatan lubang yang akan dipakai untuk benih atau bibit bunga mawar ditanam, kami menyarankan untuk menciptakan lubang memakai scop lantaran lebih kemudian ukuran yang lubang yang baik yaitu 45x45x45cm.

Berikutnya dari segi kedalaman, kita ketahui bunga mawar mempunyai akar yang tidak besar lengan berkuasa serta kecil oleh alasannya itu buat kedalam lubang kira-kira 50 cm yang penting calon tanaman bunga mawar tidak terlalu dalam saja anda sanggup memberi sedikit pupuk pada cuilan lubang tersebut.

  • Pot atau polybag

Diatas yaitu tahap menyiapkan media tanah dengan lahan kosong, selanjutnya bagi anda yang ingin menanam memakai media pot atau polybag sanggup menentukan pot yang terbuat dari tembikar, tanah liat dan semen cor.

Namun anda juga memakai polybag tapi harus terdapat lubang-lubang di bawahnya sebagai sirkulasi udara. Setelah selesai dengan pemilihan pot, tahap selanjutnya yaitu penyiapan media tanam dengan adonan beberapa materi berupa tanah, pasir, serta pupuk kandang

2. Pemupukan

Antara lahan luas dan memakai pot/polybag, berbeda cara pemupukannya:

  • Lahan luas

Tahap yang kedua yaitu pemupukan, dalam tahap ini hanya media tanam yang memakai lahan kosong saja yang mengalami proses pemupukan lantaran pada media tanam pot atau polybag sudah mengalami pemupukan sebelumnya. Baiklah sudah terang bukan? mari pribadi kita masuk cara pemupukan di lahan kosong, anda sanggup memakai pupuk sangkar serta pupuk TW plus.

Perbedaan dari kedua jenis pupuk ini yaitu jumlah pupuk yang digunakan, kalau pupuk sangkar memakai 30 ton per hektar sedangkan pupuk TW plus hanya memakai 5 ton per hektar sehabis selesai menentukan jenis pupuk yang dipakai maka taburkan pupuk dengan rata didaerah bedengan yang sudah anda siapkan kemudian tunggu beberapa hari sampai pupuk terserap oleh tanah.

  • Pot atau polybag

Pada cuilan penanaman bunga mawar memakai pot, anda sanggup menambahkan beberapa pecah kaca, keramik pada cuilan dasar pot atau polybag tujuannya semoga ketika proses penyiraman tanah tidak ikut keluar dari lubang bawah pot atau polybag.

3. Proses Menanam bunga mawar

Cara menanam bunga mawar selanjutnya yaitu proses penanam bunga mawar, dalam proses ini kami akan memakai bibit bunga mawar cabutan.

  • Lahan luas

Sebelum masuk ketahap penanaman bunga mawar, ada baiknya pilih dulu bibit atau benih yang cocok ditanam pada lahan kosong tersebut kemudian saran dari kami untuk melaksanakan penanam pada trend penghujan namun bila jumlah air dirasa Cuma penanaman bunga sanggup dilakukan terus menerus. Baiklah begini cara menanam bunga mawar dibawah ini :

  1. Bongkar pembibitan bunga mawar dari kebun pembibitan bersama akar-akarnya
  2. Setelah itu potong cabang-cabang bibit atau benih bunga mawar, kemudian sisakan 25 cm
  3. Berikutnya potong sedikit akar bunga mawar memakai gunting yang steril
  4. Lalu rendam bibit atau benih bunga mawar memakai dekamon 1-2 cc selama 20 menit
  5. Tanamlah bibit atau benih bunga mawar didalam lubang tersebut, buat akar menyebar ke seluruh arah lubang
  6. Tutup lubang dan padatkan, kemudian siram memakai air secukupnya
  7. Buatlah naungan dari materi anyaman bambu kemudian pasang didaerah sekitar tanaman bunga mawar semoga tidak terlalu sering terkena sinar matahari yang panas
  • Pot atau polybag

Pada media pot atau polybag sebaiknya memakai bibit atau benih bunga mawar yang sudah siap tanam atau bibit hasil steak sendiri. Setelah bibit siap buatlah lubang dibagian tengah media tanam yang sudah anda campur tadi berupa tanah, pupuk serta pasir sehabis itu tutup lagi memakai tanah disekitar dalam pot itu dan siram memakai air secukupnya.

 kesempatan kali ini kami akan menyajikan sedikit info wacana cara menanam bunga maw Panduan Cara Budidaya Bunga Mawar Step by Step
Cara menanam bunga mawar – steak

Dalam penanaman memakai pot juga memerlukan perawatan semoga tanaman bunga mawar selalu berbunga dan terjaga setiap tahun dengan melaksanakan pemotongan akar 1-2 tahun sekali hal itu dilakukan semoga tanaman akar yang wangi dikarenakan serangan basil sanggup hilang.

4. Pengairan dan Penyiraman Bunga Mawar

Cara menanam bunga berikutnya yaitu proses penyiraman lantaran Pada awal penanaman acara penyiraman harus sering-sering dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari. Namun sehabis beberapa bulan proses penyiraman selalu dikurangi tetapi itu semua tergantung kondisi dan perubahan cuaca didaerah penanaman bunga mawar.

5. Fase Bunga Mawar Berbunga

Dalam proses ini bunga mawar akan berbunga tergantung jenis mawar yang ditanam, biasanya ada bunga mawar yang sudah berbunga pada usia 45 hari saja. Selain itu bila cabang bunga dipotong akan tumbuh lagi selama 15 hari.

Nah bagaimana klarifikasi Sentrabudidaya mengenai cara menanam bunga mawar, sudah terang bukan. Yukklah bagi anda yang ingin melaksanakan budidaya bunga mawar baik untuk bisnis maupun hanya sebagai hiasan rumah saja sanggup mengikuti tahap-tahap dari kami, semoga artikel kali ini sanggup membantu anda semua terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Step by Step


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Bunga Mawar Step By Step"

Posting Komentar